Bugar

Jangan Malas Bangun Pagi! Ini 5 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

Jangan Malas Bangun Pagi! Ini 5 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh baik fisik maupun mental yang bisa Anda rasakan.

Bangun pagi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga mental. Meski tidak mudah dilakukan, bukan berarti Anda tak bisa mencobanya.  

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencoba bangun pagi, misalnya dengan memasang alarm di ponsel dengan suara kencang. Namun, cara tersebut sering kali tidak berhasil. 

Setelah alarm berbunyi, banyak yang kembali untuk menarik selimut dan tidur dan banyak sekali yang melakukannya, Anda tidak sendirian. 

Namun, sebaiknya Anda mengetahui dulu beberapa manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh dan mental ini, melansir dari Medical News Today, antara lain:  

Baca Juga: Telapak Kaki Sering Panas di Malam Hari? Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

1. Orang yang bangun pagi lebih bahagia

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh dan mental yang pertama bisa Anda rasakan adalah lebih bahagia.  

Bahagia di sini bukan berarti merasa senang dalam waktu 15 menit setelah bangun pagi, melainkan membuat suasana hati seseorang lebih bahagia secara umum setiap hari. 

Penelitian menunjukkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka lebih sering bangun pagi. 

2. Lebih produktif

Manfaat bangun pagi yang kedua bisa lebih produktif. Orang yang bangun lebih pagi memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan, sementara orang lain masih tertidur. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di Heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak. 

Baca Juga: Waspadai Moms! Ini Gejala Penyakit Hepatitis yang Harus Segera Disadari

3. Memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh dan mental yang selanjutnya adalah memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar.  

Bangun pagi membuat orang lebih bersemangat untuk olahraga dan menghirup udara segar. Tentu saja, ini membuat tubuh mereka lebih bugar dan sehat. 

Olahraga dan menghirup udara segar di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan energi untuk beraktivitas. 

4. Bisa olahraga pagi

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh dan mental yang selanjutnya memiliki kelebihan bisa berolahraga pagi.  

Udara di pagi hari cenderung masih sangat segar dan baik untuk kesehatan sebab belum terkontaminasi dengan banyak asap dan polusi. 

Dengan bangun pagi, Anda bisa menghirup udara ini sebanyak-banyaknya. Bangun lebih pagi juga membuat Anda bisa berolahraga sebelum memulai hari. 

Itulah beberapa manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh dan mental yang bisa Anda rasakan jika rutin melakukan bangun pagi tidak akan mendapat rugi sama sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News