Keluarga

Jangan Diabaikan! Ini Tanda-tanda Rumah Dalam Bahaya

Jangan Diabaikan! Ini Tanda-tanda Rumah Dalam Bahaya

MOMSMONEY.ID - Jangan diabaikan, yuk simak tanda-tanda rumah dalam bahaya dan membutuhkan renovasi. 

Jika Anda lebih memperhatikan kondisi rumah Anda saat ini, rumah kesayangan Moms akan memberitahu tanda-tanda mereka membutuhkan renovasi. Melansir House Beautiful, beberapa ahli mengatakan ada 6 tanda rumah dalam bahaya dan membutuhkan renovasi. 

Baca Juga: Bisa Menurunkan Gula Darah, Ini Sederet Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Ini lo tanda rumah dalam bahaya dan membutuhkan renovasi

Dinding dan lantai retak
Keretakan pada dinding rumah adalah respon terhadap suhu tanah yang mengalami perubahan, kadar air pada bahan bangunan dan berat rumah. Namun ada beberapa jenis keretakan dinding yang perlu Anda waspadai. 

Pertama, retakan pada dinding atau lantai yang lebih besar dari 0,63 cm. Kedua, retakan yang menjalar secara diagonal dan vertikal. Ketiga,  retakan yang muncul kembali setelah diperbaiki. 

Ketiga tanda retakan tersebut tidak boleh disepelekan karena artinya rumah dalam bahaya. Ini bisa menjadi tanda bahwa pondasi Anda bermasalah termasuk terpisahnya tulangan rumah dengan lantai, tulang atap yang rapuh atau kendur serta tidak rata, adanya genangan air di ruang bawah tanah hingga beton yang tidak rata di bawah tanah. 

Adanya serbuk kayu seperti bekas gergaji atau amplas
Jika Anda tidak sedang menggergaji atau mengamplas, tetapi melihat gundukan serbuk kayu menumpuk ini tanda bahaya menyerang rumah Anda. Sebab ini artinya rayap telah mengunyah kayu bahkan dinding Anda. 

Jika tak segera diatasi, rayap bisa menggerogoti balok lantai dan kasau atap rumah hingga melemahkan struktur dalam rumah. Nah Anda harus mulai memperhatikan area tempat masukanya rayap di bawah tanah atau loteng. Selain itu, perhatikan juga area cat yang mengelupas dan kayu yang mulai berlubang. 

Dinding atau langit-langit yang lembap
Dinding atau langit-langit yang lembap atau mengalami perubahan warna bisa menjadi tanda adanya kebocoran. Nah jika tidak segera di atasi, air yang masuk dari kebocoran ini bisa merusak struktur rumah Anda. 

Tanda bekas minyak yang tiba-tiba muncul
Jika Anda banyak menemukan bekas minyak di lantai dapur, waspadalah ini berarti tikus sudah menyerang rumah Anda. Tikus memiliki bulu yang berminyak sehingga mereka akan meninggalkan bekas minyak kemanapun mereka pergi. 

Tikus bisa menjadi masalah penting di rumah karena bisa menggerogoti kabel listrik sehingga bisa menimbulkan bahaya kebakaran. 

Baca Juga: 6 Film Terbaru Netflix Tayang Pekan Ini, Berikut Jadwal Film Heart of Stone

Kayu yang lapuk dan membusuk
Kayu bisa secara alami melapuk dan membusuk. Jika Anda telah menemukan kayu yang seperti ini sebaiknya periksa struktur rumah yang menggunakan kayu, sebab ini berarti bisa ada kerusakan lebih parah di struktur yang tak mudah terlihat. 

Lampu berkedip
Jangan salahkan hantu jika menemukan lampu berkedip. Jika ini lampu kerap berkedip dan meredup, ini bisa menjadi sinyal adanya kabel yang melonggar, sirkuit yang kelebihan beban atau memang lampu yang rusak. Segera perbaiki sebab lampu berkedip bisa menimbulkan bahaya kebakaran. 

Demikian informasi mengenai tanda-tanda rumah Anda dalam bahaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News