Bugar

Jangan Anggap Remeh, Begini Gejala dari Anemia Aplastik yang Kerap Diremehkan

Jangan Anggap Remeh, Begini Gejala dari Anemia Aplastik yang Kerap Diremehkan

MOMSMONEY.ID - Dianggap penyakit misterius, gejala anemia aplastik kerap dianggap remeh. Alhasil, orang tidak mengetahui apa perbedaannya. 

Beberapa waktu lalu komika Babe Cabita tutup usia karena penyakit anemia aplastik. Kerap kali disebutkan bahwa penyakit ini merupakan penyakit langka. 

Michael Yang, dokter spesialis penyakit dalam di RS Mentari, mengatakan, gejala penyakit ini kerap disalahartikan sebagai penyakit lainnya. 

Bayangkan, sebuah pabrik di dalam tubuh kita yang bertugas memproduksi sel darah. Sekarang, bayangkan jika pabrik tersebut gagal memproduksi sel darah merah, putih, dan trombosit. Inilah yang terjadi pada penderita anemia aplastik.

Baca Juga: Tanpa Efek Samping, yuk Coba Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi Berikut

Sumsum tulang, pabrik sel darah, gagal memproduksi sel darah baru yang cukup dimana disebabkan kerusakan pada sum sum tulang.

Akibatnya, tubuh kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen, sel darah putih yang melawan infeksi, dan trombosit yang membantu pembekuan darah.

Gejala anemia aplastik di antaranya kelelahan, lemas, kulit pucat, sesak napas jika beraktivitas, lebam-lebam dan pusing adalah beberapa tanda yang sering diabaikan.

"Gejala-gejala ini seharusnya tidak dianggap remeh karena bisa jadi pertanda sumsum tulang Anda sedang dalam masalah," katanya kepada Momsmoney.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News