Keluarga

Jalani Hidup Frugal Living, Ini Tips Hemat Belanja ala Merry Riana

Jalani Hidup Frugal Living, Ini Tips Hemat Belanja ala Merry Riana

MOMSMONEY.ID - Salah satu cara memulai frugal living adalah tahu alokasi apa saja yang perlu dibelanjakan dengan hemat. Yuk intip caranya!

Semua orang pernah belanja, namun tidak semua orang bisa berstrategi untuk belanja hemat. Dalam artikel ini, kita akan belajar tentang strategi belanja hemat menurut salah satu enterpreneur terkemuka di Indonesia, Merry Riana.

Baca Juga: Cari Tahu yuk, Inilah Sederet Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Tubuh

Melansir Titipku, Merry Riana sendiri merupakan seorang Enterpreneur, Content Creator, dan Investor yang bisa mencapai pendapatan satu juta dolar pertamanya di usia 26 tahun. Kisah suksesnya ini ia tuliskan dalam sebuah buku berjudul “Mimpi Sejuta Dolar” yang menjadi National Bestseller hanya dalam waktu sebulan sejak peluncuran buku.

Saat ini, selain mengurus keluarga, Merry Riana masih aktif sebagai pembicara di berbagai seminar, perusahaan, dan media baik di Indonesia maupun di beberapa negara di Asia Tenggara.

Meski sudah memiliki stabilitas finansial, Merry Riana tetap beranggapan bahwa belanja hemat itu penting, agar pengeluaran bulanan rumah tangga tetap terkontrol.

“Kesegaran tentu adalah hal penting yang utama,” kata Merry Riana. Kesegaran produk bisa diolah menjadi makanan lezat dan bergizi untuk keluarga. Sementara, jika belanja produk tidak segar, produk itu hanya akan dibuang sia-sia dan kita perlu membelinya lagi.

Berikut tiga tips belanja hemat ala Merry Riana

Plan Before you Spend

Jujur saja, banyak di antara kita yang langsung tergoda dengan banyaknya barang-barang yang ada di supermarket maupun pasar sesaat setelah kita masuk ke area perbelanjaan itu. Tak jarang juga kita akhirnya membeli beberapa produk itu meski sebenarnya produk-produk itu tidaklah kita perlukan. Itulah salah satu kesalahan umum ketika berbelanja grocery menurut Merry Riana.

Ketika Merry Riana belanja tiap minggunya, ia akan selalu memastikan untuk merencanakan belanjaannya terlebih dahulu sebelum membelinya.

“Pertama-tama, know your needs and wants,”. Artinya, kita perlu memisahkan apa yang kita butuhkan dengan apa yang kita inginkan. Merry Riana mengatakan bahwa inilah salah satu kunci dalam merencanakan daftar belanja dengan baik.

Ambillah selembar kertas, tulis semua yang ingin dibeli, lalu baca sambil pikirkan apakah semua produk ini benar-benar diperlukan? Atau, ada beberapa produk yang sebenarnya bisa dieliminasi agar lebih hemat.

Setelah merencanakan daftar belanja, ingatlah untuk selalu membawanya saat belanja. Kuatkan diri untuk hanya membeli barang yang tertulis. Hindari pembelian dadakan yang tidak ada di daftar belanja. Dengan melakukan ini, Anda sudah satu langkah lebih dekat dalam berbelanja dengan hemat.

Jadilah Teman Dekat Bahan-bahan Grocery

Maksud dari tips kedua adalah pelanggan perlu mengenal bahan-bahan yang ingin dibeli agar saat belanja, pelanggan tahu cara belanja paling hemat.

Merry Riana mengakui sering sekali menggunakan strategi kedua ini. “Pertama-tama, kita perlu membagi jenis produk yang awet dan produk yang masa konsumsinya pendek,” ungkapnya.

Setelah dibagi, Merry Riana akan menentukan berapa banyak produk itu akan dibeli. Untuk bahan baku yang tahan lama seperti beras, kecap, dan minyak, Merry Riana menyarankan untuk dibeli dalam jumlah besar di awal. 

Ketika kita membelinya secara bundle, harga biasanya akan lebih hemat dibanding jika kita mengecer sedikit-demi sedikit. Karena semua bahan baku ini awet, kita tidak perlu khawatir untuk menyimpannya dalam waktu lama.

Sedangkan, untuk bahan baku yang mudah rusak seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, sebaiknya dibeli secukupnya saja. Jangan beli berlebihan untuk produk-produk ini karena akan berisiko busuk sebelum dikonsumsi. Kalau sudah busuk, artinya ada uang yang terbuang sia-sia untuk hal yang tidak bisa kita konsumsi. Dengan kata lain, proses belanja dianggap boros.

Baca Juga: Ini lo Cara Membersihkan Kompor Gas biar Api Jadi Biru

Selalu Cek Promo

Beli dari berbagai tempat yang berbeda-beda akan menghasilkan barang yang kualitasnya berbeda-beda juga. Jadi, lebih baik untuk membeli semua belanjaan dari tempat yang sama dan menjadi loyal customer.

“Apa hal yang dapat membuat belanja lebih hemat selain promo itu sendiri?” ungkap Merry Riana. Menurutnya, ada berbagai tempat belanja yang menyediakan promo, baik promo belanja musiman maupun promo yang diberikan khusus untuk pelanggan loyal.

Promo belanja grocery bisa disediakan oleh pedagang sendiri, atau dari aplikasi belanja online, seperti Titipku. di Titipku sendiri selalu menyediakan banyak promo bervariasi yang bisa buat belanjaan lebih hemat.

Di Bulan Juli 2023 ini, Titipku menghadirkan empat kode promo yang bisa digunakan untuk para pelanggan Titipku. Anda langsung bisa cek di aplikasi Titipku.
 
Itulah tiga strategi yang biasa Merry Riana terapkan untuk belanja hemat. Moms bisa menerapkan ketiga strategi ini baik saat belanja langsung di pasar atau supermarket, atau saat belanja secara daring lewat aplikasi belanja online seperti Titipku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News