Keluarga

Viral di TikTok, Yuk Kenali Arti Frugal Living

Viral di TikTok, Yuk Kenali Arti Frugal Living

MOMSMONEY.ID - Ada cara lain selain bekerja keras dan disiplin serta memiliki bisnis sendiri, Anda bisa jadi kaya dengan mengubah gaya hidup. Salah satunya dengan melakukan frugal living. 

Frugal living dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai gaya hidup hemat. Frugal living cukup berbeda dengan gaya hidup minimalis. 

Baca Juga: Ini Lo Cara Cepat Dapat Pasangan Berdasarkan Feng Shui

Melansir BFI, frugal living adalah sebuah konsep yang memprioritaskan efisiensi biaya. Dalam melakukan frugal living, Anda akan sangat berhati-hati dan penuh pertimbangan dalam memutuskan keuntungan apa yang akan Anda peroleh dari setiap biaya yang dikeluarkan. 

Sedangkan hidup minimalis tidak mementingkan harga suatu barang. Gaya hidup ini mengutamakan kualitas dari pada harga barang. Orang dengan gaya hidup minimalis lebih mementingkan kualitas meski harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal karena dianggap lebih awet dan memiliki masa pakai yang lebih lama. 

Melansir Wealth Simple, menjalani hidup frugal living adalah salah satu cara menggunakan uang dengan bijak. Bagi sebagian orang frugal living seperti memilih berbelanja di toko barang bekas dan makan di rumah ketimbang jajan di luar. Namun ternyata frugal living lebih dari itu. 

Frugal living berarti Anda menyadari pengeluaran Anda dan fokus pada beberapa prioritas keuangan. Jika Anda ingin menjalani gaya hidup frugal living, Anda harus memikirkan tujuan utama dari pada mengubah pengaturan keuangan. 

Misalnya Anda seorang karyawan yang ingin pensiun di usia dini. Maka Anda harus menjalani kehidupan yang lebih sederhana dari pada membeli rumah baru dengan harga yang fantastis. 

Sebenarnya tidak ada aturan jelas untuk menjalani frugal living. Intinya, gaya hidup ini mengajak Anda untuk melupakan apa yang sebenarnya tidak Anda pedulikan. Namun berusaha mendapatkan lebih banyak untuk apa yang benar-benar Anda inginkan. 

Nah, melansir Kementerian Keuangan frugal living adalah konsep pengalokasian dana dengan kesadaran penuh, pertimbangan dan analisa disertai strategi pencapaian tujuan keuangan masa depan yang jelas. 

Baca Juga: Mungkin Ini Penyebab Listrik Di Rumah Anda Cukup Boros!

Artinya gaya hidup frugal living bisa diimplementasikan secara sederhana dengan memasak ketimbang membeli makanan di luar, membeli barang sesuai kebutuhan bukan merek dan tidak membeli barang-barang elektronik yang terus menerus ada pembaharuan demi tujuan jangka panjang. 

Tujuan ini bisa bermacam-macam namun harus jelas. Misalkan tujuan menikah dalam 3-5 tahun lagi, memiliki dana darurat yang cukup, membeli rumah atau menyiapkan tabungan pendidikan anak. 

Demikian penjelasan singkat mengenai gaya hidup frugal living. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News