Keluarga

Begini Cara Menjalani Frugal Living, Tetap Bisa Jajan Hemat

Begini Cara Menjalani Frugal Living, Tetap Bisa Jajan Hemat

MOMSMONEY.ID - Frugal living adalah salah satu gaya hidup yang cukup viral banyak dilakukan oleh pasangan muda. Lalu bagaimana cara memulai menjalani gaya hidup frugal living? 

Melansir Clever Girl Finance, frugal living adalah aksi menjadi sangat penuh pertimbangan dengan pengeluaran Anda. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan bisa memprioritaskan hal-hal yang paling penting.

Dengan menjalani gaya hidup Frugal Living, Anda akan bisa memprioritaskan pengeluaran hanya untuk hal-hal penting dan mengurangi pengeluaran untuk hal lain. Namun ini bukan berarti harus mengorbankan apa yang Anda sukai. 

Anda hanya akan bertindak pelit untuk beberapa hal dan cukup murah hati untuk beberapa bagian dalam hidup Anda. Menjalani gaya hidup frugal living juga bukan berarti harus hidup dengan segala hal yang murah. 

Lalu bagaimana cara menjalani frugal living?

1. Mulai dengan perencanaan keuangan

Membuat perencanaan dan disiplin dengan perencanaan tersebut adalah hal yang paling penting dalam menjalani frugal living demi kesuksesan finansial. Dengan melakukan perencanaan keuangan, Anda bisa memprioritaskan hal penting dan menghapus hal-hal yang tidak diperlukan. 

Jangan lupa, bahwa dalam membuat perencanaan Anda tidak perlu membuang hal-hal yang Anda sukai. Hanya pastikan bahwa Anda sudah menabung untuk membeli hal yang Anda sukai. 

Baca Juga: Apakah Kucing Boleh Makan Daging Sapi? Wajib Simak Penjelasan Ini

2. Buat perencanaan makan

Cara menjalani gaya hidup frugal living selanjutnya adalah membuat perencanaan makan. Dengan cara ini Anda bisa tahu apa saja yang harus Anda belanjakan di pasar untuk kebutuhan selama satu minggu. Cara ini juga akan membuat Anda mengurangi kebiasaan jajan dan lebih baik memasak di rumah.

3. Memasak dalam jumlah banyak

Memasak dalam jumlah banyak ini berarti, Anda menyiapkan beberapa menu masakan di akhir pekan untuk satu minggu kemudian. Anda bisa memilih bahan-bahan masakan yang sedang diskon dan bisa diawetkan di dalam freezer selama satu minggu. 

Setelah Anda menyiapkan seluruh makanan, Anda tinggal memasukan makanan berdasarkan jenis dan hari apa Anda akan memasak di dalam kotak makanan. Keluarkan dari freezer saat Anda akan memasaknya. 

4. Periksa kembali pantry Anda

Periksa kembali bahan makanan yang ada di dapur Anda. Dalam gaya hidup frugal living, Anda bisa berhemat dengan memanfaatkan bahan makanan yang sudah ada di dalam rumah dan menumpuk. 

5. Jual benda yang tidak Anda butuhkan

Banyak dari kita yang sering belanja, kemudian hanya menggunakan barang belanjaan satu hingga dua kali. Lalu Anda akan melupakan benda tersebut dan akhirnya menumpuk di rumah. 

Coba periksa lagi koleksi Anda di rumah. Pilih benda mana saja yang sudah tidak Anda butuhkan lagi dan masih layak untuk dijual. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan tambahan uang. 

Baca Juga: Stretchmark Menggangu? Ini 5 Cara Ampuh untuk Menghilangkannya Moms

6. Beli yang dibutuhkan

Gaya hidup frugal living juga berarti hanya beli yang Anda butuhkan. Jangan beli sesuatu berdasarkan merek dan harganya. Jika Anda bisa menemukan benda yang Anda butuhkan dengan kualitas bagus di toko barang bekas, kenapa tidak? 

7. Jalan atau pakai sepeda dan kendaraan umum jika bisa

Salah satu cara hemat adalah berjalan kaki atau menggunakan sepeda kemanapun Anda pergi jika memungkinkan. Dengan cara ini Anda akan berhemat uang untuk membeli bensin bulanan. Keuntungan lainnya, Anda bisa mendapatkan badan yang lebih sehat. 

Demikian. cara menjalani gaya hidup frugal living. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News