Bugar

Jadi Salah Satu Gejala Depresi, Lakukan 5 Hal Ini saat Kehilangan Semangat

Jadi Salah Satu Gejala Depresi, Lakukan 5 Hal Ini saat Kehilangan Semangat

MOMSMONEY.ID - Di saat tertentu mungkin Anda mengalami kehilangan semangat dalam hal apapun. Berikut hal yang dilakukan saat kehilangan semangat yang bisa Anda coba. Apa saja?

Kehilangan semangat dan motivasi bisa menjadi salah satu tanda depresi yang sering diabaikan. Ketika semangat hidup meredup, segala aktivitas terasa berat dan tidak berarti.

Jika Anda merasa demikian, penting untuk mengambil langkah-langkah positif guna mengatasi kondisi ini. Nah, bersumber dari Very Well Mind, berikut adalah lima cara yang bisa Anda lakukan saat kehilangan semangat:

1. Aktif berolahraga

Ketika kehilangan semangat, mungkin sulit untuk mempertahankan rutinitas olahraga, tetapi menjaga kegiatan fisik harian sangat penting.

Berolahraga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental, termasuk peningkatan mood dan pengurangan gejala depresi. Aktivitas seperti berjalan kaki cepat setiap hari juga bisa sangat membantu.

Baca Juga: Mengapa Selalu Merasa Lelah Padahal Tidak Beraktivitas? Ini Penyebabnya

2. Tidur yang berkualitas

Kurangnya tidur bisa sangat mempengaruhi kesehatan mental Anda. Penelitian menunjukkan bahwa insomnia meningkatkan risiko depresi.

Oleh karena itu, jika Anda kehilangan semangat, usahakan untuk memiliki kebiasaan tidur yang baik dan berikan diri Anda cukup waktu untuk tidur nyenyak setiap malam.

3. Mulailah dengan langkah kecil

Walaupun mungkin sulit untuk terjun langsung ke aktivitas yang biasanya Anda lakukan, mencoba untuk melakukan sesuatu yang kecil setiap hari bisa membantu.

Jika Anda kehilangan semangat dalam hobi lama, cobalah untuk mempelajari sesuatu yang baru tentangnya. Atau, bagi proyek besar menjadi tugas-tugas kecil dan dedikasikan sedikit waktu setiap hari untuk mengerjakan satu bagian saja.

Baca Juga: Sakit Kepala Saat Bekerja? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

4. Buat rencana untuk masa depan

Membuat rencana untuk masa depan bisa membantu, meskipun mungkin sulit terinspirasi saat kehilangan semangat. Penelitian menunjukkan bahwa perencanaan proaktif dapat meningkatkan ketahanan.

Menetapkan hal-hal yang ingin Anda capai dan mencari kegiatan yang menarik dapat membantu Anda mengatasi kurangnya semangat saat ini.

5. Cari dukungan

Saat Anda merasa tidak bersemangat, sangat penting untuk mencari dukungan dari teman dan keluarga. Beritahu mereka tentang perjuangan Anda. Kadang-kadang, hanya dengan berada di sekitar orang lain saja sudah bisa meningkatkan suasana hati Anda.

Antusiasme mereka dalam berbagai kegiatan mungkin juga bisa menular dan membantu Anda menemukan kembali semangat Anda.

Baca Juga: Ada 6, Ini Manfaat Mewarnai bagi Kesehatan Mental Orang Dewasa

Itulah beberapa hal dilakukan saat kehilangan semangat. Kehilangan semangat bisa menjadi gejala dari depresi dan tidak boleh dianggap remeh.

Mengambil langkah-langkah kecil untuk merawat diri sendiri baik secara fisik maupun emosional sangat penting. Ingatlah bahwa meminta bantuan bukanlah tanda kelemahan, melainkan keberanian.

Jika kehilangan semangat ini berlanjut atau memburuk, sangat penting untuk mencari bantuan profesional. Dengan upaya yang konsisten, Anda dapat kembali menemukan semangat dan kegembiraan dalam hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News