Santai

Ada 6, Ini Manfaat Mewarnai bagi Kesehatan Mental Orang Dewasa

Ada 6, Ini Manfaat Mewarnai bagi Kesehatan Mental Orang Dewasa

MOMSMONEY.ID - Ada kegunaan bagi orang dewasa, ini dia beragam manfaat dari kegiatan mewarnai.

Kegiatan mewarnai kini tak hanya disukai oleh anak-anak saja. Banyak orang dewasa yang juga mulai menggandrungi kegiatan ini.

Hal tersebut disebabkan karena mewarnai punya kaitan dengan membantu meredakan stres dan gangguan mental pada orang dewasa.

Lebih lanjut, kenali beberapa manfaat mewarnai untuk kesehatan mental orang dewasa berikut ini.

Baca Juga: Ini Loh 5 Manfaat Tidur Telanjang, Bisa Redakan Stres

Meredakan stres dan kecemasan

Mewarnai dijadikan cara alternatif yang bisa ampuh mengatasi stres dan kecemasan, terutama bagi orang dewasa yang rentan mengalami hal tersebut.

Menurut Michele Goldman, psikolog dan penasihat media Hope for Depression Research Foundation, tindakan mewarnai dan memadukan warna dapat membantu menghasilkan efek menenangkan ini.

Gerakan mewarnai yang berulang-ulang dapat memberi efek menyejukkan dan menenangkan bagi sebagian orang yang memiliki tingkat stres dan kecemasan yang tinggi.

Pengalih perhatian

Saat Anda merasa otak perlu istirahat dari semua aktivitas yang dilakukan, mewarnai dapat menjadi pengalih perhatian yang sangat dibutuhkan.

Laman Health Line menyebutkan, banyak penelitian yang meneliti banyak manfaat aktivitas mewarnai untuk orang dewasa walau hanya terlibat 10 atau 20 menit setiap harinya.

Baca Juga: Bukan Cuma Piknik, Ini 6 Ide Kegiatan Seru Saat Berlibur ke Pantai

Membantu memproses emosi

Ada orang yang bisa menuangkan emosinya dengan menulis dan ada juga yang menuangkan emosinya dengan mewarnai. Menciptakan karya seni selalu menjadi cara yang sehat untuk mengatasi perasaan emosional.

Mewarnai dapat memfasilitasi pemrosesan dan penyembuhan emosional. Karena mewarnai memfasilitasi cara untuk mengeluarkan emosi negatif yang tidak diinginkan di dalam hati.

Meningkatkan perhatian

Mewarnai dapat membantu meningkatkan tingkat perhatian pada orang dewasa. Bukan cuma perhatian, laman Mayo Clinic juga menjelaskan bahwa mewarnai bisa mempromosikan mindfulness pada orang dewasa.

Yaitu adalah kemampuan untuk fokus memberi perhatian penuh pada saat ini. Aktivitas mewarnai menggunakan bagian otak yang meningkatkan fokus dan konsentrasi. Ini memberi kesempatan untuk melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang membuat stres juga.

Baca Juga: 5 Tips Pernikahan Langgeng dan Harmonis Sampai Kakek Nenek

Meningkatkan keterampilan motorik

Bukan cuma pada anak-anak, kegiatan mewarnai dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan ketangkasan juga pada orang dewasa.

Mewarnai untuk orang dewasa dapat menjadi terapi yang efektif dan bagi mereka yang bergulat dengan proses penuaan alami.

Mewarnai melatih keterampilan motorik yang berfokus untuk menjaga kestabilan tangan dapat membantu jika orang dengan gangguan gemetar atau tremor.

Menerima ketidaksempurnaan

Dalam teorinya, tidak ada cara yang benar atau salah dalam mewarnai. Mewarnai adalah aktivitas nonkompetitif, jadi tidak ada tekanan kecuali jika itu adalah lomba.

Cobalah untuk melepaskan penilaian saat sedang mewarnai. Satu-satunya hal yang penting adalah menemukan kesenangan dan relaksasi saat mewarnai. Maka, rasa stres dan kecemasan pun juga bisa ikut dilepaskan.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat kegiatan mewarnai untuk kesehatan mental orang dewasa. Mulai lakukan rutin, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News