Keluarga

Jadi Buah Viral, Ketahui 8 Manfaat Buah Black Sapote untuk Kesehatan

Jadi Buah Viral, Ketahui 8 Manfaat Buah Black Sapote untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 8 manfaat buah black sapote untuk kesehatan di sini.

Black sapote merupakan salah satu jenis kesemek dengan tekstur dan rasa yang unik. Karena warnanya yang hitam pekat, black sapote pun mendapat julukan buah puding cokelat.

Selain karakteristiknya yang menarik, ternyata buah yang sempat viral ini juga menyimpan banyak manfaat kesehatan, lho.

Selengkapnya, berikut 8 manfaat buah black sapote untuk kesehatan sebagaimana MomsMoney lansir dari Facty Health. Simak sampai akhir ya, Moms.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Acne Spot Gel Terbaik untuk Mengatasi Jerawat, Jerawat Auto Kabur!

1. Sebagai sumber vitamin C

Manfaat buah black sapote untuk kesehatan yang pertama yaitu sebagai sumber vitamin C.

Buah black sapote sangat kaya akan vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti black sapote, itu dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar, paru-paru, dan payudara.

Makanan tinggi vitamin C seperti black sapote juga penting untuk proses penyembuhan dan pembentukan tulang rawan, otot, pembuluh darah, dan bahkan kolagen.

2. Melawan radikal bebas

Manfaat buah black sapote untuk kesehatan yang kedua yaitu melawan radikal bebas.

Radikal bebas terbentuk ketika tubuh memecah makanan atau terkena bahaya seperti asap tembakau dan radiasi. Molekul-molekul ini berperan dalam perkembangan penyakit termasuk Alzheimer, Parkinson, maag, dan kondisi peradangan.

Untungnya, buah black sapote mengandung berbagai antioksidan (selain vitamin C) yang membantu melindungi sel dari molekul berbahaya.

3. Mencegah kanker

Manfaat buah black sapote untuk kesehatan yang ketiga yaitu mencegah kanker.

Selain tinggi vitamin C, buah black sapote juga mengandung banyak nutrisi lain yang mampu melindungi tubuh dari kanker. Salah satunya yang paling umum adalah beta-karoten. Beta-karoten sendiri merupakan jenis karotenoid yang dapat menurunkan angka kanker paru-paru.

Tak sampai di situ, studi menunjukkan bahwa kalsium yang terkandung dalam buah black sapote memiliki jumlah yang baik untuk membantu mencegah kanker tertentu.

4. Menurunkan berat badan

Manfaat buah black sapote untuk kesehatan yang keempat yaitu menurunkan berat badan.

Beberapa ahli gizi percaya bahwa buah black sapote dapat membantu penurunan dan pengelolaan berat badan. Dalam menurunkan berat badan, buah black sapote bekerja dengan mendorong oksidasi lemak atau pembakaran lemak untuk energi. Ini berkat kandungan katekin yang ada di dalamnya.

Black sapote juga mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga memberikan rasa kenyang jangka panjang. Saat perut terasa kenyang lebih lama, itu dapat membantu Anda makan lebih sedikit.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Sensitif agar Terhindar dari Iritasi

5. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah black sapote untuk kesehatan yang kelima yaitu menjaga kesehatan mata.

Banyak nutrisi dalam buah black sapote yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Orang yang mengonsumsi makanan tinggi vitamin C seperti black sapote memiliki risiko lebih rendah terkena katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Sementara itu, beta-karoten yang juga dikenal sebagai provitamin A dalam black sapote sangat penting untuk penglihatan serta dapat memperlambat perkembangan berbagai kondisi mata.

6. Meningkatkan kesehatan usus

Manfaat buah black sapote untuk kesehatan yang keenam yaitu meningkatkan kesehatan usus.

Berbagai nutrisi dalam black sapote dapat meningkatkan kesehatan usus melalui berbagai metode.

Black sapote mengandung serat yang menormalkan pergerakan usus serta membantu mencegah wasir dan banyak penyakit usus besar. Adapun kandungan katekin dalam buah ini mampu menghambat aktivasi bakteri berbahaya di usus sekaligus memungkinkan bakteri sehat berkembang biak.

7. Menyeimbangkan hormon

Manfaat buah black sapote untuk kesehatan yang ketujuh yaitu menyeimbangkan hormon.

Buah black sapote mengandung fosfor yang membantu memastikan hormon (terutama yang diperlukan untuk kesehatan reproduksi) tetap seimbang. Mineral penting ini melakukannya dengan berinteraksi dengan kelenjar endokrin untuk mengatur penciptaan dan sekresi hormon.

Saat seseorang merasa stres, tubuh akan melepaskan molekul berbahaya yang dapat mengganggu keseimbangan hormonal. Nah, beta-karoten dan vitamin C dalam black sapote dapat menetralkan molekul-molekul tersebut, sehingga membantu menurunkan tingkat stres dan mengembalikan tingkat hormon yang tepat.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat buah black sapote untuk kesehatan yang terakhir yaitu meningkatkan kesehatan jantung.

Apabila Anda ingin meningkatkan kesehatan jantung, pertimbangkanlah untuk mengonsumsi buah black sapote. Pasalnya, buah ini mengandung zat besi yang dapat mencegah dan mengatasi anemia dengan meningkatkan produksi hemoglobin.

Studi menunjukkan bahwa katekin dalam black sapote memiliki efek menguntungkan pada sistem kardiovaskular, termasuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan perluasan pembuluh darah. Yang tak kalah penting, black sapote tinggi serat, yang mana serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang berbahaya bagi jantung.

Demikian 8 manfaat buah black sapote untuk kesehatan. Terlepas dari banyaknya manfaat yang tersimpan dalam black sapote, ada sedikit risiko jika Anda mengonsumsinya dalam kondisi mentah.

Buah black sapote yang masih mentah cenderung beracun dan rasanya pahit. Jadi, pastikan Anda menunggu buah ini benar-benar matang sebelum mengonsumsinya ya, Moms.

Selanjutnya: Kinerja Reksadana Saham Tertekan, Intip Prospeknya ke Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News