Bugar

Inilah Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol

Inilah Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda bahwa ada sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol, lho. Apa saja?

Memilih jenis makanan yang tepat adalah salah satu langkah penting dalam mengelola kolesterol tinggi. Bagi penderita kolesterol, mengonsumsi sayuran umumnya dianggap aman dan bahkan disarankan karena kandungan serat dan nutrisinya yang tinggi.

Kolesterol sejatinya hanya terdapat dalam produk hewani seperti daging dan telur, bukan dalam protein nabati seperti sayuran dan buah-buahan.

Ini berarti bahwa secara umum, sayuran adalah pilihan yang sehat untuk mereka yang mengelola kadar kolesterol. Akan tetapi, cara pengolahan sayuran yang kurang tepat bisa menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah.

Baca Juga: Apakah Jagung Bagus untuk Diet Tubuh? Ketahui Faktanya di Sini

Melansir dari laman Pyfa Health, di bawah ini adalah sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol:

1. Sayuran Goreng

Pengolahan sayuran dengan menggoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol karena penggunaan minyak yang tinggi lemak jenuh. Contoh sayuran yang sering digoreng antara lain kol, buncis, dan kubis, serta keripik sayuran.

Meskipun bahan dasarnya kaya akan nutrisi, proses penggorengan yang melibatkan tambahan tepung dan minyak membuat sayuran ini menjadi sumber kolesterol dan lemak jenuh.

Sebaiknya, pilih metode memasak yang lebih sehat seperti mengukus, merebus, atau memanggang untuk menjaga kadar kolesterol.

2. Sayuran dengan Tambahan Gula Tinggi

Penambahan gula pada sayuran dapat meningkatkan kadar kolesterol. Gula, yang tinggi kalori, tidak hanya berisiko memicu diabetes dan peningkatan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

LDL yang menumpuk dapat menyumbat aliran darah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari sayuran yang ditambah gula berlebih untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkontrol.

Baca Juga: Coba Konsumsi Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Ini yuk

Nah, itulah sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol. Selain menghindari sayuran di atas, bersumber dari Alodokter, untuk mengelola kolesterol, Anda dapat melakukan beberapa hal ini:

  • Mengonsumsi makanan yang kaya omega-3, seperti ikan, minyak ikan, alpukat, dan kacang-kacangan.
  • Menambahkan sayuran dan buah-buahan seperti bayam, brokoli, jeruk, apel, dan berbagai jenis beri dalam diet. Sayuran ini umumnya aman untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol.
  • Membatasi atau menghindari konsumsi daging merah, kuning telur, dan produk susu yang tinggi lemak.
  • Menghindari makanan seperti kue, biskuit, makanan cepat saji, dan makanan yang digoreng.
  • Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit per hari selama lima hari dalam seminggu.

Baca Juga: Cara Mengobati Kolesterol dengan Bahan Alami Ini, Intip Daftarnya

Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: 10 Makanan Terbaik untuk Diet Keto, Yuk Lihat Pilihannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News