M O M S M O N E Y I D
AturUang

Inilah Pola dan Tren Konsumen saat Belanja Online Menurut Sirclo

Inilah Pola dan Tren Konsumen saat Belanja Online Menurut Sirclo
Reporter: Jane Aprilyani  |  Editor: Jane Aprilyani


MOMSMONEY.ID - Sirclo merilis pola dan tren konsumen saat belanja online yang bisa Anda simak berikut ini.

Seiring berkembangnya tahun, perilaku masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup pun berubah. Dari yang sebelumnya berbelanja di toko konvensional, kini tren berbelanja online pun digemari semua lapisan masyarakat.

Menurut data internal Sirclo, berikut pola dan tren belanja online yang perlu diketahui oleh pelaku usaha:

1. Kategori kecantikan dan perawatan diri menjadi primadona 

Sirclo mencatatkan, terdapat tiga kategori produk yang memiliki jumlah order tertinggi dari tahun-ke-tahun (year-on-year), yaitu Kecantikan dan Perawatan Diri, Traveling & Hobi, dan Fesyen.

Ketertarikan konsumen terhadap produk kecantikan dan perawatan diri disinyalir dengan mudahnya akses terhadap produk-produk tersebut serta maraknya beauty influencer yang terus mengedukasi sektor ini di berbagai platform media sosial.

Bahkan, Sirclo juga mencatatkan kategori produk Kecantikan dan Perawatan Diri secara konsisten menempati posisi tiga teratas di pertumbuhan jumlah order pada platform live commerce sejak awal 2023 dan festival Harbolnas 12.12 berdasarkan data dari tahun-ke-tahun.

Baca Juga: Jelang Ramadhan Tingkat Belanja Masyarakat Naik, Benarkah?

2. Antusiasme konsumen berbelanja pada kampanye double day festival

Sirclo membagikan momentum belanja online yang paling digemari para konsumen, yaitu double day festival atau festival tanggal kembar yang dimulai dari 9.9 dan puncaknya pada 12.12 dengan catatan pertumbuhan pesanan rata-rata sebesar 21% dari tahun-ke-tahun.

Selain double day festival, konsumen juga gemar berbelanja saat ulang tahun berbagai marketplace, pay day, dan end of season sale (EOSS).

Peningkatan penjualan ini didorong oleh beberapa insentif, di antaranya diskon dan harga spesial, produk yang dijual secara terbatas (limited edition), loyalty program eksklusif, hingga ketakutan dari para konsumen untuk ketinggalan tren.

3. Konsumen berbelanja di e-commerce selepas pulang bekerja

Pola waktu belanja online juga menjadi referensi penting bagi para brands untuk memaksimalkan strategi berjualannya.

Menurut data internal Sirclo, waktu puncak berbelanja terjadi pada pukul 20.00 WIB saat konsumen melepas penatnya sepulang bekerja atau menyelesaikan aktivitas harian.

Namun, pola belanja konsumen berdasarkan gender dan kategori produk pilihan patut diperhatikan, dimulai dari pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB yang menandai puncak transaksi untuk kategori yang lebih diminati pria. 

Seperti F&B, Home Living, Elektronik, Perawatan Rumah, dan Travelling & Hobi.

Di sisi lain, pukul 20.00 hingga 00.00 mendominasi transaksi untuk produk yang cenderung dibeli oleh perempuan, para termasuk ibu, seperti kategori Mom & Baby, Kecantikan dan Perawatan Diri, Kesehatan, dan Fesyen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Inspirasi Ruang Gaya Mode: Cara Kim Lewis Menyatukan Warna, Pola, dan Kenyamanan

Yuk, simak cara desainer Kim Lewis memadukan warna dan pola ala runway ke dalam ruang tamu dan ruang makan rumah modern!  

Tren Belanja Akhir Tahun Buka Peluang Cuan untuk Saham ERAA dan ERAL

​Analis memproyeksikan bahwa momentum akhir tahun bisa jadi katalis positif bagi saham ERAA dan ERAL.  

Prediksi PSG vs Bayern Munich (5/11), Duel Sengit Raksasa Eropa di Parc des Princes

Simak pertandingan seru PSG vs Bayern Munich di Liga Champions, Rabu 5 November 2025, jam 03.00 WIB. Yuk, cek ulasan lengkapnya di sini.&l

7 Cara Simpel Bikin Kamar Mandi Jadi Lebih Segar dengan Tirai Shower

Cek yuk, cara mudah menyegarkan tampilan kamar mandi tanpa renovasi besar! Catat agar tampilah makin segar dan nyaman, ini tipsnya.  

5 Kesalahan Fatal Menghitung Keuntungan Jualan yang Bikin Bisnis Sulit Untung

Yuk, cek lima kesalahan menghitung keuntungan jualan yang sering bikin usaha rugi diam-diam, berikut panduannya untuk Anda.

10 Peluang Bisnis AI Paling Menjanjikan yang Belum Banyak Pesaing di 2025

Yuk, simak peluang bisnis AI yang belum banyak pesaing tapi punya potensi besar di 2025. Berikut ulasannya yang bisa Anda catat.

Rahasia Bangun Kekayaan yang Terlupakan: Perencanaan Adalah Kunci Finansial

Cek yuk, bagaimana sisi kewajiban finansial yang sering diabaikan justru bisa jadi kunci utama membangun kekayaan jangka panjang.  

10 Cara Menjaga Pengeluaran Liburan Tetap Hemat Tanpa Kehilangan Momen Bahagia

Yuk, simak cara menjaga keuangan tetap aman selama liburan agar dompet nggak jebol tapi momen bahagia tetap berjalan lancar.  

5 Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah yang Mudah dan Efektif

Wajah kemerahan? Bisa dicoba, inilah 5 cara menghilangkan kemerahan di wajah yang mudah dan efektif.

Hujan Lebat dan Angin Kencang, Cek Peringatan Dini Cuaca Besok (5/11) di Jabodetabek

Peringatan dini BMKG cuaca besok Rabu (5/11) di Jabodetabek dengan status Waspada hujan lebat dan angin kencang di wilayah berikut ini.