Bugar

Inilah Obat Sakit Gigi Alami yang Bisa Anda Temukan di Rumah

Inilah Obat Sakit Gigi Alami yang Bisa Anda Temukan di Rumah

MOMSMONEY.ID - Nyeri akibat sakit gigi memang menyiksa. Obat sakit gigi alami yang ada di rumah adalah solusi alternatifnya. Apa saja rekomendasi obatnya?

Sakit gigi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu dan bisa sangat menyakitkan. Banyak orang langsung beralih ke obat-obatan kimia untuk meredakan rasa sakit.

Namun, ada juga berbagai obat sakit gigi alami yang bisa menjadi alternatif atau pelengkap perawatan. Penggunaan obat alami banyak dipilih karena memiliki efek samping yang lebih sedikit, dan mudah ditemukan.

Berikut adalah beberapa obat sakit gigi herbal yang dapat Anda coba di rumah yang dilansir dari Healthline:

Baca Juga: 7 Bahaya Minum Es Teh Manis Berlebihan, Bisa Karies Gigi sampai Diabetes

1.  Air garam

Sebagai desinfektan alami, air garam bisa membantu mengeluarkan partikel makanan yang terjebak di antara gigi dan mengurangi peradangan.

Air garam juga berpotensi menyembuhkan luka di mulut. Caranya, larutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur.

2.  Cengkeh

Sejak lama, cengkeh telah diakui sebagai salah satu pengobatan tradisional untuk sakit gigi karena kemampuannya menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Kandungan eugenol di dalamnya berfungsi sebagai antiseptik alami.

Cara penggunaannya, encerkan minyak cengkeh dengan minyak pembawa dengan proporsi sekitar 15 tetes minyak cengkeh per satu ons, sesuai anjuran dari National Association of Holistic Aromatherapy.

Aplikasikan campuran ini ke daerah yang terkena menggunakan bola kapas. Sebagai alternatif, tambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas air kecil untuk digunakan sebagai obat kumur.

3. Daun jambu biji

Daun jambu biji dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif dalam menyembuhkan luka dan aktivitas antimikroba yang berguna dalam perawatan oral.

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa mengunyah langsung daun jambu biji segar atau membuat obat kumur dari rebusan daun jambu biji yang dihancurkan.

Penggunaan daun jambu biji ini tidak hanya membantu mengurangi rasa sakit tapi juga membantu menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

Baca Juga: Berhati-hatilah, Ini 6 Pantangan Makanan Setelah Membersihkan Karang Gigi

4. Kompres dingin

Obat sakit gigi selanjutnya adalah kompres dingin. Metode ini bekerja dengan menyebabkan pembuluh darah di area yang sakit menyempit, mengurangi rasa sakit serta pembengkakan dan peradangan.

Gunakan kantong es yang dibungkus handuk dan aplikasikan pada area yang terkena selama 20 menit, ulangi setiap beberapa jam.

5. Kantong teh peppermint

Kantong teh peppermint bekas yang masih hangat atau yang telah didinginkan di freezer bisa menjadi obat sakit gigi alami.

Anda dapat mengaplikasikan langsung ke area yang sakit untuk meredakan rasa nyeri dan menenangkan gusi yang sensitif. Peppermint dikenal memiliki efek analgesik dan menenangkan.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Gigi Tidak Rapi pada Anak atau Maloklusi, Cek Penyebabnya

6. Bawang putih

Dikenal dengan sifat antibakterinya, bawang putih bisa membunuh bakteri penyebab plak dan bertindak sebagai pereda nyeri akibat sakit gigi.

Bawang putih bisa dihancurkan menjadi pasta dan diaplikasikan pada area gigi yang sakit. Cara lainnya, Anda bisa juga mengunyah langsung siung bawang putih segar.

Menggunakan metode alami ini bisa menjadi solusi pertolongan pertama yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi di rumah. Namun, jika sakit gigi berlanjut atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Selanjutnya: Meski Naik, Kunjungan Turis Asing Belum Pulih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News