Keluarga

Ini Tips Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih, Libatkan Anggota Rumah

Ini Tips Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih, Libatkan Anggota Rumah

MOMSMONEY.ID - Rumah yang bersih membuat semua anggota rumah jadi lebih merasa nyaman. Selain itu, rumah yang bersih juga membuat tamu yang datang jadi nyaman berkunjung. Yuk, simak cara menjaga rumah tetap bersih di bawah ini.

Meski rasanya sulit menjaga rumah tetap bersih di tengah kesibukan, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan hal-hal mudah dan sederhana. Ada beberapa cara membersihkan rumah dengan sederhana, lo.

Melansir Woman and Home, berikut tips cara menjaga rumah tetap bersih:

Baca Juga: Ini 7 Barang yang Harus Lebih Sering Dicuci, Mungkin Moms Sering Lupa!

Bersihkan hal-hal kecil dan lakukan sesering mungkin

Membiarkan kekacauan terakumulasi malah membuat tugas membersihkan rumah semakin sulit dan melelahkan. Maka dari itu, mulai dengan meluangkan 10 menit setiap hari untuk membersihkan rumah.

Anda bisa melakukan hal-hal kecil setiap harinya seperti mengelap permukaan meja dan membuang sampah secara rutin.

Bersihkan dari atas ke bawah, kiri ke kanan

Jangan membersihkan benda-benda yang berada di area yang lebih rendah terlebih dahulu. Ini akan membuat pekerjaan Anda sia-sia. Sebab, jika Anda sudah membersihkan meja makan, misalnya, baru membersihkan jendela maka debu akan kembali mengotori meja makan Anda. 

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Noda Pensil pada Dinding

Pisahkan produk untuk membersihkan sesuai dengan ruangan

Ini adalah tips yang memudahkan Anda membersihkan ruangan. Jadi Anda tidak perlu mencarinya di ujung rumah dan kembali lagi ke area yang perlu Anda bersihkan. 

Pastikan Anda tidak lelah saat membersihkan rumah

Tidak ada yang lebih buruk ketika Anda tidak memiliki tenaga untuk membersihkan rumah. Ini akan membuat kita tidak fokus dan meninggalkan sisa kotoran dan membuat Anda jadi bekerja dua kali.

Tetapkan satu tugas setiap waktunya

Apabila Anda melihat banyak kekacauan di rumah, jangan panik. Cobalah fokus dan pilih area mana yang perlu Anda bersihkan dengan baik.

Jangan melakukan banyak hal dalam satu kali bekerja. Ini akan membuang-buang waktu dan malah membuat Anda melihat banyak pekerjaan belum selesai. 

Baca Juga: Ini Cara Mencuci Bantal Memory Foam, Jangan Gunakan Mesin Cuci

Declutter secara rutin

Aturan ini cukup sederhana, semakin sedikit barang yang Anda miliki, semakin sedikit hal-hal yang perlu Anda bersihkan. Declutter benda-benda yang sudah tidak Anda gunakan lagi atau yang bersifat musiman. 

Libatkan anggota rumah

Apabila Anda tinggal bersama keluarga atau teman, ajak mereka ikut membersihkan rumah. Dengan cara ini Anda bisa berbagi tugas dan pekerjaan Anda jadi terasa lebih mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News