Keluarga

Ini Teori 5 Warna yang Perlu Anda Tahu Saat Mengecat Dinding Rumah

Ini Teori 5 Warna yang Perlu Anda Tahu Saat Mengecat Dinding Rumah

MOMSMONEY.ID - Saat mengecat rumah dengan warna yang sedang ngetren, sangat mudah ketinggalan zaman di masa mendatang. Supaya tidak cepat ketinggalan zaman, coba gunakan teori 5 warna ini yuk!

Pendiri John McClain Design, John McClain menjelaskan, teori 5 warna adalah mengkombinasikan warna netral dan klasik di dalam sebuah rumah yaitu hitam, putih, abu-abu, hijau dan coklat. Kelima warna ini selalu memberikan kombinasi warna interior yang sempurna. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Fashion dari Jadul hingga Terbaru, Tonton yuk

Melansir House Digest teori 5 warna ini terinspirasi dari warna alam sehingga mudah beresonansi dengan manusia. Kelima warna ini hadir dalam berbagai kedalaman dan intensitas serta berbagai variasi. 

Kelima warna ini bekerja dengan baik di seluruh ruangan mulai dari dapur, ruang tamu dan kamar tidur. Sebelumnya, kenali dulu lima warna yang masuk dalam teori ini. 

Teori 5 warna ini dimulai dengan warna putih yang memberikan kesan terang dan lapang di ruangan mana pun. Dinding putih dan krem berpasangan dengan baik pada furnitur atau dengan setiap warna aksen. Warna putih seolah-olah menjadi kanvas kosong yang serbaguna dan bagus di sebagian besar rumah. 

Jika tidak suka dengan warna putih yang sangat terang, Anda bisa menggunakan warna yang menyerupai putih seperti warna kulit telur dan krem hingga abu-abu lembut. Abu-abu juga jadi warna yang sangat serbaguna seperti putih, hanya saja ada sedikit kesan kemurungan. 

Warna selanjutnya yaitu hitam. Warna hitam populer untuk warna dan memberi aksen. Namun, bisa juga digunakan untuk cat dinding rumah secara keseluruhan untuk menambahkan kesan dramatis di rumah. 

Hijau, merupakan simbol warna tanaman dan hutan yang gelap. Merupakan warna yang cocok untuk menyimbolkan kehijauan tanaman di dalam rumah atau sekadar menjadi aksen. 

Pun dengan coklat yang terinspirasi dari warna alam. Warna coklat memberikan kesan netral dan lebih dramatis dengan memilih warna karamel, taupe atau coklat gelap. 

ruang tamu cokelat dipadukan dengan putih

Baca Juga: Ini Anjuran dan Cara Diet Sehat untuk Ibu Hamil

Saat kelima warna ini memberikan kesan indah pada ruangan juga digunakan sebagai warna tunggal, mereka juga memberikan tampilan selaras dengan alam jika dikombinasikan dalam ruangan. Coba gabungkan tiga atau seluruh warna di ruangan. Ini akan memberikan kesan dekoratif yang indah. 

Untuk meningkatkan pencahayaan dan sensasi luas, pilih cat dinding berwarna putih atau krem. Kemudian gunakan warna coklat lembut atau aksen logam hitam yang halus. 

Untuk kesan dramatis, gunakan cat hitam dan cokelat tua di kamar. Kemudian gunakan furnitur dengan warna terang bernuansa krem, abu-abu dan kelabu tua. 

Sedangkan warna hijau terlihat memukau jika dipadukan dengan dinding abu-abu atau aksen kayu berwarna coklat tua. Nuansa monokromatik dan abu-abu yang bervariasi dan aksen coklat tua bisa menawarkan alternatif warna yang moody untuk kamar netral berwarna krem. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News