Keluarga

Begini Cara Menjaga Cat Dinding Rumah Tetap Cerah & Tidak Mudah Pudar

Begini Cara Menjaga Cat Dinding Rumah Tetap Cerah & Tidak Mudah Pudar

MOMSMONEY.ID - Anda tentunya berinvestasi pada waktu, uang, dan usaha untuk mengecat dinding di rumah Anda. Maka penting untuk tahu cara menjaga cat dinding di rumah tetap cerah.

Meski cat dinding bisa pudar seiring waktu, tetap ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga cat dinding cerah, bersih, dan tidak mudah pudar. 

Melansir House Digest, kuncinya adalah melakukan perawatan dengan tepat. Jika Anda membiarkan debu dan kotoran menempel di dinding selama berbulan-bulan tanpa membersihkannya, tentu kotoran tersebut secara permanen akan membuat dinding jadi kusam. 

Baca Juga: Yuk Intip 5 Tren Warna Cat Rumah yang Cocok Untuk Dekorasi Ulang Hunian

Sehingga, perlu perawatan rutin untuk menjaga cat dinding tetap cerah dan tidak mudah pudar. Yuk, simak caranya.

Bersihkan debu pada dinding secara teratur

Anda tentu terbiasa mengelap furnitur yang berdebu. Tapi, apakah Moms tahu bahwa dinding Anda juga butuh dilap secara rutin?

Sama seperti furnitur dan lantai, debu bisa menumpuk di dinding yang dicat dan pada akhirnya menyembunyikan kilau cat. 

Semakin lama Anda meninggalkan kotoran dan sarang laba-laba di dinding, semakin permanen mereka akan menempel pada cat. Agar warnanya tetap segar, bersihkan dinding Anda dan singkirkan sarang laba-laba sebulan sekali. 

Cara yang efisien untuk membersihkan dinding yang dicat adalah menggunakan sikat di vacuum cleaner Anda. Jika Anda kesulitan mencapai bagian tertinggi dinding, gunakan kain microfiber dan bentangkan diujung sapu.

Baca Juga: Inspirasi Warna Cat Dinding Rumah Netral, Pakai 3 Warna dari Merek Ini

Gunakan produk pembersih yang tepat

Walaupun Anda sudah membersihkan dinding setiap bulan, penting untuk mencuci dinding setahun sekali. Gunakan produk yang tepat untuk menjaga warna cat dinding Anda. 

Jika di rumah menggunakan cat dengan hasil satin maka perlu perawatan yang ekstra karena produk dan metode pembersihan yang keras bisa menghilangkan warna cat dan meninggalkan goresan yang tidak sedap dipandang mata. 

Anda bisa menggunakan air angat dan beberapa tetes sabun cuci piring. Mulai dengan menghilangkan debu.

Setelah itu, jangan gosok terlalu keras. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan kain mikrofiber untuk mengelap dinding. Terakhir, keringkan dengan handuk lama Anda. 

Untuk semi-gloss dan high-gloss dinding, jenis ini lebih tahan terhadap gosokan yang kuat dan produk yang diformulasikan untuk pembersihan ekstra. Jenis pelapisan cat ini sering ditemui untuk dapur dan kamar mandi. 

Sedangkan cat berbahan dasar minyak lebih tahan goresan dari pada cat lateks. Namun, beberapa cat lateks sudah diformulasikan mudah dicuci. Jadi, sebaiknya baca terlebih dahulu instruksi pada jenis cat yang Anda gunakan. 

Baca Juga: Stop! Ini 5 Benda di Rumah yang Sebaiknya Tidak Anda Cat

Segera bersihkan jika ada noda

Cat dinding akan mudah terlihat kusam jika ada noda yang telah lama menempel. Sehingga, menjaga cat dinding tetap bersinar dan tidak kusam adalah membersihkan dinding sesegera mungkin. 

Dalam kasus umum, Anda bisa menghilangkan noda dengan mengelap dinding menggunakan kain lembut yang sudah sedikit dibasahi dengan air hangat dan sabun cuci piring.

Gunakan untuk membersihkana area yang bernoda. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan segera lap area sekitar dengan kain bersih yang kering. 

Beri jeda antara furnitur dan perlengkapan rumah lainnya dengan dinding

Semua benda yang menyentuh dinding akan meninggalkan bekas gelap di dinding. Termasuk, bingkai foto dan cermin yang ditempelkan ke dinding. 

Untuk menjaga cat dinding tidak mudah kusam dan memiliki bekas gelap, pastikan sedikit memberi jeda antara benda di rumah dengan dinding.

Hindari menggunakan benda-benda yang disandarkan ke dinding, lebih baik gunakan cermin dana bingkai foto yang digantung. 

Baca Juga: Ini lo 4 Tanda Saatnya Anda Mengecat Ulang Dinding Rumah

Segera hilangkan noda bekas asap pada dinding

Anda mungkin sering menemukan dinding dengan tanda gelap seperti bekas asap. Ini bisa terjadi pada cat dinding karena adanya asap rokok, asap lilin, dan minyak untuk memasak. Nah jika menemukan tanda ini, segera bersihkan. 

Gunakan campuran pemutih dan air. Kemudian celupkan kain lembut ke campuran tersebut, setelah itu gunakan untuk membersihkan bekas noda tadi.

Cara lain untuk mengurangi dinding menghitam adalah mengatasi kelembapan  berlebih dan sering membersihkan pembuangan udara serta ventilasi. 

Demikian 5 cara  menjaga cat dinding tetap  cerah dan mencegah dinding cepat kusam. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News