Keluarga

Ini Lo Kebiasaan yang Bikin AC di Rumah Cepat Rusak!

Ini Lo Kebiasaan yang Bikin AC di Rumah Cepat Rusak!

MOMSMONEY.ID -  Jika tak hati-hati dalam menggunakan AC, maka alat pendingin ini bisa mudah rusak. Yuk simak kebiasaan apa yang bikin AC di rumah cepat rusak!

AC atau air conditioning adalah alat yang menyerap udara panas kemudian mendinginkannya dengan bantuan freon. Setelah udara dingin, maka udara ini akan dihembuskan ke ruangan tertentu. 

Jika Anda tak mau AC rusak apalagi saat udara panas, maka Anda perlu melakukan perawatan dan menggunakan AC dengan hati-hati. Jika Anda masih sering melakukan kebiasaan buruk yang bikin AC di rumah cepat rusak maka Anda akan kehilangan banyak uang untuk melakukan perbaikan atau membeli unit baru. 

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Ini 5 Manfaat Buah Zuriat untuk Promil dan Kesehatan

Melansir George’s Heat and Air & All American HC, berikut 4 kebiasaan yang mungkin sering Anda lakukan dan membuat AC di rumah cepat rusak

1. Lupa mengganti atau membersihkan filter AC

Kebiasaan buruk yang bikin AC Anda cepat rusak salah satunya adalah lupa mengganti atau membersihkan filter AC secara rutin. Filter AC memiliki fungsi yang sangat penting untuk membersihkan udara yang masuk ke rumah Anda. 

Jika filter AC di rumah kotor maka akan menghambat aliran udara dan membuat AC bekerja lebih keras menjaga suhu ruangan tetap dingin. Selain meningkatkan tagihan listrik di rumah, filter AC yang jarang dibersihkan juga rentan terkena masalah mekanik dan mengurangi umur pakainya. 

Sebaiknya Anda mengganti filter AC minimal sebulan sekali saat udara sangat panas. Namun di musim dingin atau hujan Anda bisa mengganti filter AC minimal tiga bulan sekali. Namun jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah Anda perlu mengganti filter sesering mungkin.

2. Meletakan furnitur besar sangat dekat dengan AC

Kesalahan yang paling umum yang bikin AC di rumah cepat rusak adalah Anda tidak membiarkan ventilasi AC bekerja dengan leluasa. Hal ini terjadi karena Anda meletakkan furnitur terlalu dekat dengan bagian bawah AC. Peletakan AC ini dapat membebani kerja AC karena aliran udara tidak bekerja dengan baik. 


3. Tidak melakukan penjadwalan rutin pemeriksaan AC

Kesalahan umum selanjutnya yang bikin AC cepat rusak adalah Anda hanya memanggil jasa service AC saat alat pendingin ini rusak. Padahal AC membutuhkan perawatan rutin untuk bisa bekerja dengan efisien. 

Memanggil jasa service AC secara rutin akan membuat Anda bisa mengetahui potensi kerusakan dan memperbaikinya sebelum parah. Cara ini juga membuat Anda jadi lebih teratur membersihkan dan mengganti filter AC. 

Baca Juga: Shopee Hadirkan Shopee Affiliate Untuk Tambah Pemasukan

4. Menutup ventilasi di beberapa bagian rumah

Pemilik rumah biasanya menutup ventilasi rumah mereka dengan tujuan menghemat penggunaan energi saat menyalakan AC. Namun itu tidak benar. 

AC dibuat untuk mendinginkan ruangan tertentu saja dengan ukuran tertentu. Maka Anda kerap mendengar istilah AC 1/2 PK, 1PK atau 2PK. Setiap AC didesain berbeda untuk ruang yang kecil hingga ruang besar. 

Maka dari itu, menutup ventilasi di beberapa bagian rumah akan mengurangi jumlah ruang yang dibutuhkan AC yang perlu didinginkan. Sehingga AC akan bekerja tidak sesuai dengan kapasitasnya. Hal ini akan membuat AC bekerja lebih lama untuk mendinginkan ruangan, koil evaporasi membeku, tagihan listrik meningkat dan umur AC yang lebih pendek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News