Keluarga

Ini lo Tanda-Tanda AC Anda Sudah Berjamur

Ini lo Tanda-Tanda AC Anda Sudah Berjamur

MOMSMONEY.ID - Yuk, kenali tanda-tanda AC Anda sudah berjamur. Dan, berikut ini cara menghilangkan jamur pada AC.

Jamur adalah masalah yang paling sering ditemui di area yang hangat, lembap, dan jarang terkena cahaya. Sayangnya, AC Anda bisa menjadi target utama untuk jamur tumbuh jika tak Anda rawat dengan benar. 

Bahan organik dan debu dari udara yang menumpuk di filter memberikan bahan bagi jamur untuk berkembang biak. Lalu, apa tandanya AC Anda sudah berjamur? 

Mengutip Better Homes and Gardens, jika AC Anda sudah tidak digunakan dalam beberapa bulan atau mencium bau apek saat AC menyala, sebaiknya memeriksanya. Ini bisa menjadi tanda bahwa AC Anda sudah berjamur. 

Baca Juga: Hadapi Cuaca Panas Ekstrem, Begini Cara Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC

Yuk, intip tanda lain AC Anda sudah berjamur, cara memeriksanya, dan bagaimana cara mengatasinya.

Tanda umum bahwa AC Anda sudah berjamur

Ada beberapa tanda yang bisa memberitahu Anda bahwa AC Anda sudah berjamur. Tanda paling mudah diketahui adalah bau apek yang muncul di ruangan saat Anda menyalakan AC. Bau ini berasal dari jamur. 

Jika Anda hanya menggunakan AC standar, baunya mungkin hanya akan memenuhi satu ruangan saja. Namun, jika Anda menggunakan AC sentral, maka baunya akan menyebar ke seluruh rumah. 

Anda juga bisa melihat bercak jamur yang besar. Jadi jika Anda melihat bercak kabur, hitam, atau hijau kehitaman Anda akan mengetahui bahwa AC Anda berjamur. Tapi, jamur bisa berwarna coklat, hijau, putih, pink, kuning atau jingga. 

Baca Juga: AC Bikin Boros Listrik? Ikuti Cara Ini Untuk Menurunkan Tagihan Listrik

Bagaimana cara memeriksa jamur di AC?

Jika Anda menemui tanda-tanda adanya jamur di AC, langkah selanjutnya Moms harus memeriksa apakah AC benar-benar berjamur. Coba periksa unit AC dengan cara mencabut aliran listrik terlebih dahulu.

Kemudian, lepas bagian depan atau belakang untuk mengakses bagian filternya. Tarik filter AC keluar dan perhatikan apakah ada noda coklat, hitam atau kehijauan yang mungkin terlihat kabur.

Jika filter tidak menunjukan tanda-tanda jamur, ambil senter dan periksa bagian dalam unit. Jamur juga bisa menghasilkan noda abu-abu atau putih seperti tepung. 

Jika Anda menggunakan AC sentral, cara memeriksa jamur akan lebih sulit. Anda dapat menggunakan senter untuk memeriksa ventilasi suplai, saluran udara, kipas dan unit AC eksterior.

Tapi sebaiknya, Anda bisa memanggil ahli AC di daerah tempat tinggal Anda.

Baca Juga: 5 Tips Sehat Hadapi Suhu Panas di Musim Kemarau

Bagaimana cara menghilangkan jamur pada AC?

Jika Anda menemukan jamur di AC Anda, sebaiknya segera bersihkan. Jika Anda menemukan banyak sekali jamur di AC sebaikny aganti unit dengan yang baru. Sebab, meski sudah dibersihkan, jamur bisa tumbuh kembali. 

Tetapi, jika jamur di AC Anda sedikit, Anda bisa membersihkannya sendiri. Pertama, gunakan kaca mata keamanan, masker dan sarung tangan. Kemudian, pindahkan unit ke tempat yang lebih muah diakses. 

Lalu, buka AC dan ambil filternya. Buat cairan pembersih dengan mencamprkan satu cangkir pemutih dengan 10 cangkir air. Rendam filter AC minimal 10 menit untuk membunuh jamur. Kemudian, bilas dan diamkan hingga mengering. 

Jika filter AC sudah mengering, berihkan semua permukaan AC yang terkena dengan larutan air dan pemutih. Bilas unit AC dan jangan rendam atau basahi komponen listriknya. Biarkan mengering sebelum memasang filternya.

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem, Simak Cara Membangun Rumah yang Sejuk

Bagaimana cara mencegah AC supaya tak berjamur?

Selain perawatan profesional, cara mencegah AC supaya tak berjamur adalah mengurangi penumpukan kelembapan pada AC dengan rutin mengosongkan tank air. 

Anda juga bisa mencegah tumbuhnya jamur pada AC dengan membersihkan unit dan memeriksa filter minimal satu minggu sekali.

Jika Anda menggunakan filter disposable, ganti minimal satu bulan sekali. Kalau Anda menggunakan filter yang bisa digunakan berulangkali, bersihkan minimal satu bulan sekali. 

Demikian informasi tanda bahwa AC Anda telah berjamur, cara memeriksa, cara membersihkannya, dan cara mencegah jamur tumbuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News