Keluarga

Ini Kandungan Skincare Terbaik untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit di Area Mata

Ini Kandungan Skincare Terbaik untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit di Area Mata

MOMSMONEY.ID - Inilah kandungan skincare terbaik untuk mengatasi berbagai masalah kulit di area mata.

Mata merupakan bagian wajah yang sering luput untuk dirawat. Berbeda dengan wajah, kulit mata cenderung tipis sehingga memerlukan perawatan khusus.

Tidak boleh asal, Anda perlu merawat kulit di area mata secara lembut, baik dalam hal teknik maupun kandungan skincare yang digunakan.

Ada berbagai permasalahan yang sering menyerang kulit di area mata mulai dari mata bengkak, dark circles, kekeringan, hingga garis-garis halus.

Sebagai solusi, berikut MomsMoney bagikan kandungan skincare terbaik untuk mengatasi berbagai masalah kulit di area mata sebagaimana dilansir dari Vogue India.

Baca Juga: Turunkan Risiko Diabetes, 4 Manfaat Minum Susu Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh

1. Kandungan skincare terbaik untuk mengatasi mata bengkak

Apakah Anda sering mendapati bengkak di bagian bawah mata? Jika bengkak di bawah mata lebih buruk di pagi hari dan berkurang pada malam hari, kemungkinan besar disebabkan oleh retensi cairan.

Adapun faktor gaya hidup seperti terlalu banyak makan makanan asin, kurang tidur, alergi, dan masalah sinus dapat memperburuk kondisi ini.

Skincare dengan kandungan kafein merupakan pilihan yang baik untuk mengatasi mata bengkak. Pasalnya, kafein mampu menyempitkan pembuluh darah sekaligus mengurangi jumlah cairan yang terkumpul, kata Dr. Niketa Sonavane selaku dokter kulit dan pendiri Ambrosia Aesthetics di Mumbai.

Bengkak di bawah mata juga dapat terjadi karena hilangnya tonus otot dan kulit kendur. Untuk mengatasi mata bengkak akibat hilangnya tonus otot dan kulit kendur, retinol dan berbagai jenis peptida bisa membantu. Kedua kandungan ini dapat meningkatkan produksi kolagen di bagian bawah mata agar tampak lebih kencang.

2. Kandungan skincare terbaik untuk mengatasi dark circles

Dark circles atau lingkaran hitam di bawah mata dapat disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar, faktor keturunan, stres, serta kekurangan vitamin B atau D.

Anda bisa menggunakan eye cream yang mengandung emblica, licorice, atau kojic acid untuk mencerahkan dark circles.

Atau, pilihlah eye cream yang mengandung vitamin C untuk membantu mencerahkan kelopak mata sekaligus meningkatkan perbaikan kolagen guna mencegah penipisan kulit dan menunda munculnya garis-garis halus.

Anda juga dapat memilih eye cream yang mengandung vitamin K. Vitamin K sendiri adalah vitamin larut lemak yang mampu mengatur pembekuan darah. Vitamin K dapat mendorong regenerasi jaringan dan membantu mencerahkan dark circles di area orbital mata, terutama jika Anda memiliki lingkaran hitam kebiruan.

Baca Juga: 5 Manfaat Clay Mask untuk Wajah, Bisa Bersihkan Pori-Pori Tersumbat

3. Kandungan skincare terbaik untuk mengatasi kekeringan di bawah mata

Kulit di bawah mata memerlukan nutrisi ekstra agar lapisan pelindungnya tetap utuh dan terhindar dari kekeringan.

Produk yang mengandung ceramide, squalene, hyaluronic acid, dan vitamin E dapat membantu memulihkan kadar air di bagian bawah mata.

Jangan lupa lakukan eksfoliasi secara lembut dengan lactic acid untuk menghilangkan kekeringan di bawah mata dan membantu eye cream meresap lebih dalam.

Jika Anda menderita alergi dan mata gatal, cobalah cica atau centella asiatica yang merupakan antioksidan alami untuk meredakan iritasi. Produk yang mengandung centella asiatica dapat membantu menjaga lapisan pelindung kulit sekaligus mencegah munculnya kerutan dini.

4. Kandungan skincare terbaik untuk mengatasi garis-garis halus di sekitar mata

Garis-garis halus di sekitar mata merupakan tanda keterlambatan produksi kolagen, jadi perlu ceramide untuk memulihkan skin barrier dan peptida untuk meningkatkan kolagen.

Jangan lupa juga untuk mengoleskan hyaluronic acid secara topikal, karena produksi hyaluronic acid dalam tubuh cenderung berkurang seiring bertambahnya usia. Apabila dibiarkan begitu saja, kekurangan hyaluronic acid bisa mengakibatkan munculnya garis-garis halus di area mata.

Jika Anda belum siap untuk botox, cobalah produk yang mengandung argireline. Argireline dapat bekerja seperti botox untuk mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan.

Atau, gunakan produk yang mengandung matrixyl 3000. Ini merupakan peptida yang sangat efektif untuk mengembalikan kelembaban pada sel-sel kulit yang rusak, sehingga mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Itulah kandungan skincare terbaik untuk mengatasi berbagai masalah kulit di area mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News