Keluarga

Awas Jerawat! 5 Kesalahan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

Awas Jerawat! 5 Kesalahan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 kesalahan skincare yang harus dihindari pemilik kulit berminyak.

Jika wajah Anda tampak berkilau sepanjang hari atau bahkan satu jam setelah Anda mencucinya, kemungkinan besar Anda memiliki kulit berminyak.

Kulit berminyak memerlukan perawatan khusus yang tentu tidak bisa disamakan dengan kulit kering. Jadi, pastikan Anda menemukan rutinitas skincare yang tepat dan menghindari kesalahan-kesalahan yang bisa memperburuk kondisi kulit Anda.

Melansir Glowderma, ada 5 kesalahan skincare yang harus dihindari pemilik kulit berminyak. Simak dan catat, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Jangan Dicampur! Ini 6 Kombinasi Skincare yang Bisa Merusak Kulit

1. Mencuci muka lebih dari dua kali sehari

Kesalahan skincare yang harus dihindari pemilik kulit berminyak pertama adalah mencuci muka lebih dari dua kali sehari.

Pembersihan wajah secara berlebihan merupakan kesalahan umum yang cenderung dilakukan oleh orang-orang dengan kulit berminyak. Tentu saja, keinginan untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah mungkin sangat kuat.

Namun, mencuci muka terlalu sering atau menggunakan produk pembersih yang keras justru bisa membahayakan kulit.

Jika Anda melakukan pembersihan wajah secara berlebihan, itu akan menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit agar tetap seimbang. Pada akhirnya, hal ini dapat mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Sebaiknya, cuci muka tidak lebih dari dua kali sehari dengan produk pembersih yang lembut dan diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Carilah produk yang mengandung bahan seperti salicylic acid atau tea tree oil.

Kedua bahan ini dapat membantu mengatur produksi minyak dan menjaga pori-pori tetap bersih.

2. Tidak menggunakan moisturizer

Kesalahan skincare yang harus dihindari pemilik kulit berminyak kedua adalah tidak menggunakan moisturizer.

Ada kesalahpahaman umum bahwa moisturizer membuat kulit berminyak menjadi lebih berminyak, padahal kenyataannya tidak demikian. Justru, melewatkan penggunaan moisturizer hanya akan menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak.

Ini karena ketika kulit mengalami dehidrasi, kulit akan mengirimkan sinyal ke kelenjar sebaceous (kelenjar minyak kecil di dalam kulit) bahwa lapisan kulit bagian atas Anda telah mengering.

Akibatnya, kulit pun akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk menyeimbangkan kelembaban yang kurang. Pada gilirannya, kondisi ini dapat menyumbat pori-pori dan akhirnya menyebabkan jerawat.

Bagi para pemilik kulit berminyak, pilihlah moisturizer dengan formula yang ringan dan bebas minyak. Anda bisa memilih moisturizer yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid atau glycerin untuk memberikan hidrasi tanpa menambahkan minyak ekstra ke kulit.

3. Melakukan eksfoliasi secara berlebihan

Kesalahan skincare yang harus dihindari pemilik kulit berminyak ketiga adalah melakukan eksfoliasi secara berlebihan.

Eksfoliasi merupakan langkah penting dalam rutinitas skincare semua jenis kulit. Ini membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan meningkatkan pergantian sel.

Kendati demikian, eksfoliasi tidak boleh dilakukan secara berlebihan meskipun kulit Anda berminyak. Pasalnya, eksfoliasi yang berlebihan dapat menghilangkan terlalu banyak minyak, sehingga menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi minyak yang hilang.

Untuk menghindari kesalahan ini, batasi eksfoliasi menjadi satu atau dua kali seminggu. Gunakan scrub eksfoliasi yang lembut atau produk eksfoliasi kimia yang mengandung bahan seperti salicylic acid atau glycolic acid.

Bahan-bahan ini dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dengan lembut sekaligus membuka pori-pori yang tersumbat tanpa membuat kulit kering.

Baca Juga: 5 Jenis Laser Wajah Paling Populer di Dunia Kecantikan, Cari Tahu Sebelum Coba

4. Menggunakan moisturizer berbahan dasar minyak

Kesalahan skincare yang harus dihindari pemilik kulit berminyak keempat adalah menggunakan moisturizer berbahan dasar minyak.

Menerapkan moisturizer berbahan dasar minyak pada kulit berminyak dapat berdampak buruk karena beberapa faktor. Moisturizer berbahan dasar minyak cenderung membuat lapisan kulit menjadi lebih tebal, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Hal ini tentu dapat memperburuk sifat berminyak pada kulit berminyak dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Terlebih lagi, kulit berminyak menghasilkan minyak berlebih secara alami. Jadi, menambahkan lebih banyak minyak melalui penggunaan moisturizer berbahan dasar minyak hanya akan mengganggu keseimbangan dan membuat kulit semakin berminyak.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih moisturizer berbahan dasar air atau gel yang dirancang khusus untuk kulit berminyak. Karena, moisturizer jenis ini akan memberikan hidrasi tanpa menyumbat pori-pori atau memperparah kondisi.

5. Tidak memakai sunscreen

Kesalahan skincare yang harus dihindari pemilik kulit berminyak kelima adalah tidak memakai sunscreen.

Banyak orang yang percaya bahwa orang dengan kulit berminyak tidak akan cepat keriput, jadi tidak apa-apa jika tidak menggunakan sunscreen. Faktanya, hal tersebut hanyalah mitos. Justru, mengoleskan sunscreen setiap hari sangat penting, tidak terkecuali untuk kulit berminyak.

Saat Anda malas pakai sunscreen, itu dapat menyebabkan berbagai masalah kulit termasuk penuaan dini, bintik matahari, dan bahkan kanker kulit.

Untuk melindungi kulit berminyak Anda dari efek berbahaya sinar matahari, pilihlah sunscreen yang ringan dan bebas minyak dengan SPF minimal 30. Carilah formula sunscreen yang dirancang khusus untuk kulit berminyak atau rentan berjerawat agar pori-pori Anda tidak tersumbat.

Demikian 5 kesalahan skincare yang harus dihindari pemilik kulit berminyak. Jangan diulangi lagi, ya, Moms!

Selanjutnya: Kilang Pertamina Internasional Olah 340,91 Juta Barel Minyak Mentah Pada 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News