Keluarga

Ini Jadwal Sinar UV Berbahaya Ekstrem yang Dirasakan Hari Ini (5/3)

Ini Jadwal Sinar UV Berbahaya Ekstrem yang Dirasakan Hari Ini (5/3)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Selasa, 5 Maret 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi, hingga ekstrem. Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, perlu semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: BUMI Jadi Contoh Top ESG dan Implementasi HAM di Sesi Tahunan PBB

Adapun sinar UV berbahaya sangat tinggi akan dirasakan mulai pukul 10.00 baik di wilayah barat, tengah, maupun timur Indonesia. Berikut jadwalnya:

Wilayah dengan sinar UV berbahaya tinggi

Wilayah Indonesia yang alami sinar UV berbahaya tinggi antara lain sebagian Sulawesi Tengah pada pukul 09.00 WITA. Kemudian Kalimantan, Jawa, dan Nusa Tenggara pada pukul 09.00 WIB dan 10.00 WITA. Sinar UV berbahaya tinggi kemudian dialami di Sumatera pada pukul 10.00 WIB. 

Wilayah dengan sinar UV berbahaya sangat tinggi

Wilayah di Indonesia yang mengalami sinar UV berbahaya sangat tinggi yaitu Papua dan Maluku mulai pukul 10.00 WIT. Kemudian Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara Timur mulai pukul 10.00 WITA. Sinar UV berbahaya sangat tinggi kemudian dirasakan di Kalimantan dan Jawa pada pukul 10.00 WIB.  

Wilayah dengan inar UV berbahaya ekstrem

Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Papua dan Maluku pukul 11.00 WIT. Sinar UV ini dirasakan di Papua selama satu jam sedangkan di Maluku selama dua jam. 

Sinar UV berbahaya ekstrem kemudian dirasakan di Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara mulau pukul 11.00 WITA selama satu jam. Setelah itu, sinar UV berbahaya ekstrem hanya dirasakan di perairan dan pesisir Jawa, Kalimantan dan Sumatera. 

Baca Juga: Semen Baturaja Tunjuk Sekretaris Perusahaan Baru

Sinar UV di atas pulau Jawa dan Sumatera hanya dirasakan hingga level bahaya sangat tinggi. Lebih lanjut kondisi sinar UV berbahaya ini mulai mereda turun ke level sedang pada pukul 13.00 WIB, 14.00 WITA, atau 16.00 WIT. 

Namun, melihat kondisi tersebut, sinar UV mulai aman setelah pukul 15.00 WIB. Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News