Keluarga

Ini Jadwal Sinar UV Berbahaya Ekstrem Dirasakan Hari Ini (27/2) sejak Pukul 09.00

Ini Jadwal Sinar UV Berbahaya Ekstrem Dirasakan Hari Ini (27/2) sejak Pukul 09.00

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Selasa, 27 Februari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi, hingga ekstrem. Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, perlu semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (27/2) Hujan Lebat serta Petir di Provinsi Berikut

Adapun sinar UV berbahaya sangat tinggi akan dirasakan mulai pukul 10.00 baik di wilayah barat, tengah, maupun timur Indonesia. Berikut jadwalnya:

08.00 WIB / 09.00 WITA / 10.00 WIT

Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Papua dan Maluku. Sinar UV berbahaya sedang hingga tinggi dirasakan di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Jawa bagian timur, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara.

09.00 WIB / 10.00 WITA / 11.00 WIT

Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di Sumatera. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di wilayah Sumatera bagian selatan, Kalimantan, dan Jawa. Sisanya merasakan sinar UV berbahaya ekstrem.

10.00 WIB / 11.00 WITA / 12.00 WIT

Seluruh wilayah di Indonesia kecuali Sumatera bagian utara dan Jawa mengalami sianr UV berbahaya ekstrem. 

Baca Juga: Survei RedDoorz: Wisatawan Indonesia Pilih Berlibur untuk Healing

11.00 WIB / 12.00 WITA /  13.00 WIT

Sinar UV berbahaya ekstrem masih dirasakan di Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Hanya di Papua Pegunungan , Sumatera, dan Jawa yang alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Khusus Sumatera Barat hanya alami sinar UV berbahaya sedang. 

Kondisi ini terus berlangsung hingga pukul 13.00 WIB, 14.00 WITA dan 15.00 WIT. Pada waktu ini kondisi di Papua sudah cukup aman. Sedangan di sebagian Jawa, sebagian Kalimantan, dan sebagian Sulawesi alami sinar UV berbahaya sedang. 

Melihat kondisi tersebut, sinar UV mulai aman setelah pukul 15.00 WIB. Sehingga, sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News