Santai

Ini Dia, Hidden Gems di Hong Kong

Ini Dia, Hidden Gems di Hong Kong

MOMSMONEY.ID - Berencana berlibur ke luar negeri, khususnya Hong Kong? Nah, untuk menjelajahi negara Hong Kong sebagai wisata berlibur anda, Hong Kong Tourism Board (HKTB) meluncurkan kampanye regional terbaru yang berfokus pada kurasi daftar hidden gems di Hong Kong yang dapat dinikmati para pengunjung.

Di balik panorama cakrawala langit Hong Kong dan jalanannya yang ramai, terdapat banyak harta karun tersembunyi yang menunggu untuk ditemukan. Baik Anda seorang petualang, pencinta budaya, penggemar belanja, ataupun pencinta kuliner, ada banyak pengalaman istimewa khas Hong Kong yang dapat Anda temukan.

Sebagai bagian dari kampanye ini, HKTB telah menyusun daftar 12 hidden gems untuk dikunjungi, dan dikategorikan berdasarkan pengalaman – alam & petualangan, seni & budaya, belanja & bermain, dan makanan & minuman.

Alam & Petualangan: Hiking di Hong Kong semakin populer dari tahun ke tahun, namun banyak yang belum tahu bahwa Hong Kong terhubung dengan 263 pulau yang memiliki 535 jalur hiking, bersepeda, dan bersepeda gunung.

Yang membuat Hong Kong begitu unik adalah beberapa pulau dan jalur ini terletak dekat dengan pusat kota, sehingga waktu perjalanan hanya sekitar satu jam dengan transportasi umum. Jelajahi pemandangan menakjubkan dan tempat melepas penat yang tenang di Hong Kong, di mana keindahan alam dan ketenangan menanti di setiap sudut.

Baca Juga: Muslim Friendly, Booking Promo Wisata Halal ke Hong Kong dan Macau All In

Peng Chau: Lepaskan diri dari hiruk-pikuk kota dengan mengunjungi Peng Chau, sebuah pulau kecil tanpa kendaraan yang menawarkan jalur hiking yang indah, kuil-kuil tradisional, dan sekilas gaya hidup Hong Kong yang lebih lambat.

Peng Chau dulunya adalah pusat industri dengan lebih dari 100 pabrik. Kini, Pabrik Kulit Fook Yuen yang sudah tidak beroperasi telah dihidupkan kembali oleh seorang penduduk asli Peng Chau yang penuh semangat menjadi tempat seni yang menawan dengan pajangan unik dan grafiti yang penuh warna. Instalasi seni ini secara teratur diganti untuk menawarkan pengalaman visual yang segar bagi para pengunjung.

Alamat: Peng Chau, Hong Kong

Cara menuju ke sana: Naik feri dari Central Pier No. 6, yang dapat diakses dari MTR Hong Kong Station. Perjalanan memakan waktu sekitar 25 menit untuk feri cepat dan 40 menit untuk feri biasa. Tarif berkisar dari HKD 9,90 hingga HKD 28,40 untuk feri biasa dan HKD 18,40 hingga HKD 54,30 untuk feri cepat.

Aktivitas yang wajib dicoba: Berfoto di pabrik kulit yang sudah tidak beroperasi dan di pantai yang indah di mana aktor Thailand Win Metawin dan aktris Filipina Janella Salvador mengambil salah satu adegan film mereka yang menghadap ke Hong Kong Disneyland untuk film Under Parallel Skies. Tempat yang bagus untuk melihat pinggir pantai yang tenang dan bersantai.

Cheung Chau: Terkenal dengan Festival Bun (Bakpau) tahunan dan Ping An Bun, pulau yang menawan ini menawarkan pantai-pantai yang indah, situs bersejarah, jalur hiking yang ramah keluarga, dan menjadi tujuan bagi para pencinta kuliner.

Jelajahi perpaduan unik antara keindahan alam dan warisan budaya Cheung Chau dengan menyewa sepeda untuk berkeliling pulau, mengunjungi Gua Cheung Po Tsai, atau bersantai di Pantai Tung Wan. Setelah seharian beraktivitas di pulau, manjakan diri dengan hidangan laut yang lezat dan makanan jalanan lokal, seperti bakso ikan kari raksasa dan mochi kenyal yang diisi dengan buah-buahan asli.

Alamat: Cheung Chau, Hong Kong

Baca Juga: AirAsia Travel Fair 2024 di Medan, Banyak Promo Menarik

Cara menuju ke sana: Naiklah feri dari Central Pier No. 5, yang dapat diakses dari MTR Hong Kong Station. Perjalanan memakan waktu sekitar 25 menit untuk feri cepat dan 40 menit untuk feri biasa. Tarif berkisar dari HKD 7,40 hingga HKD 22,00 untuk feri biasa dan HKD 14,50 hingga HKD 42,30 untuk feri cepat.

Aktivitas yang wajib dicoba: Jelajahi gua Cheung Po Tsai, yang dulunya merupakan tempat menyimpan harta karun oleh bajak laut terkenal yang dinamai sesuai gua ini pada abad ke-19.

Red Incense Burner Summit: Juga dikenal sebagai Braemar Hill, jalur hiking yang relatif mudah dan pendek ini menawarkan pemandangan panoramik Pulau Hong Kong, Kowloon, dan Victoria Harbour. Titik pandang ini merupakan salah satu tempat favorit lokal untuk menyaksikan matahari terbenam dan pemandangan malam Hong Kong yang memikat. Pastikan langit cerah dan periksa waktu matahari terbenam sebelum mulai hiking.

Alamat: North Point, Pulau Hong Kong, Hong Kong

Cara menuju ke sana: Mendakilah pada sore hari untuk jalur pendakian penuh atau ambil jalur yang lebih mudah dengan menaiki bus ke Upper Braemar Hill Bus Terminus dan mendaki selama 5 menit.

Hal-hal yang perlu diperhatikan: Foto paling baik diambil saat langit cerah. Periksa cuaca dan waktu matahari terbenam serta bawalah senter jika Anda pergi ke sana di malam hari.

Mai Po Nature Reserve: Surga bagi para pengamat burung, cagar alam lahan basah ini adalah rumah bagi beragam spesies burung. Tur berpemandu mengedukasi pengunjung tentang signifikansi ekologisnya, menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi oleh para penggemar alam. Temukan beragam satwa liar, pelajari upaya konservasi, dan benamkan diri Anda dalam keindahan Mai Po yang tenang.

Alamat: Mai Po, New Territories, Hong Kong

Cara menuju ke sana: Naik mini bus atau bus dari Sheung Shui dan Yuen Long atau naik taksi

Baca Juga: Viu Ajak Penonton Lawan Aksi Pembajakan

Aktivitas yang wajib dicoba: Berpartisipasi dalam tur mengamati burung dengan pemandu dan melihat burung-burung migran yang langka.

Seni & Budaya: Manjakan diri Anda dengan warisan budaya Hong Kong yang kaya dan kancah seni yang semarak, tempat sejarah dan kreativitas bertemu untuk menawarkan perjalanan melintasi waktu dan budaya.

Tsz Shan Monastery: Terletak di perbukitan Tai Po yang rimbun, tempat peristirahatan yang tenang dan spiritual ini memberikan suasana yang tenang untuk meditasi dan refleksi. Salah satu fitur penting dari Tsz Shan Monastery adalah patung Guan Yin putih yang terbuat dari perunggu setinggi 70-meter yang dibangun di atas dasar granit setinggi 6 meter.

Di bawah patung tersebut terdapat museum pertama di Hong Kong yang secara eksklusif didedikasikan untuk seni dan peninggalan Buddha. Dibuka pada tahun 2015 oleh Li Ka-Shing yang telah membangun Tsz Shan Monastery sebagai institut praktik dan pembelajaran agama Buddha, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas mindfulness, termasuk meditasi teh, kaligrafi zen, meditasi jalan kaki, dan persembahan air.

Alamat: 88 Universal Gate Road, Tai Po, Hong Kong

Cara menuju ke sana: Bus atau minibus dari MTR Tai Po Market atau taksi

Hal yang perlu diperhatikan: Tiket masuk gratis. Diperlukan reservasi dan slot dibuka setiap awal bulan. Tsz Shan Monastery mampu menampung 400 pengunjung setiap harinya. Kenakan pakaian yang sopan, seperti atasan berlengan, gaun sebatas betis, atau celana sebatas betis.

Aberdeen Tour: Rasakan budaya perairan Aberdeen yang unik dengan tur ke dermaga nelayan dan museum perahu. Naiki perahu untuk melihat desa terapung, kunjungi Pasar Ikan Aberdeen, dan pelajari kehidupan nelayan setempat di masa lalu. Ini adalah sekilas pandang yang menarik tentang warisan perikanan dan tradisi perairan Hong Kong dari masa lalu hingga sekarang.

Alamat: Aberdeen Promenade, Aberdeen, Hong Kong

Baca Juga: LINE Friends and Doraemon Hadirkan Tour di Hong Kong

Aktivitas yang wajib dicoba: Ikuti tur perahu dengan makan siang dan nikmati semangkuk boat noodles, yang disiapkan secara tradisional oleh para nelayan dengan bahan-bahan segar.

Belanja & Bermain: Nikmati kerajinan tangan lokal dan jelajahi ruang bermain inovatif yang memamerkan kreativitas dan semangat kewirausahaan Hong Kong yang semarak.

Mahjong Workshop: Didirikan oleh Karen Aruba, cucu dari salah satu pabrik mahjong terbesar di Hong Kong di masa lalu yang bersemangat untuk melestarikan keahlian mahjong dan warisan budaya, ia menciptakan workshop mewarnai mahjong yang diajarkan oleh ayahnya dan spesialis ubin mahjong, Master Ricky Cheung. Selama sesi ini, Anda akan belajar tentang sejarah kerajinan ini, mewarnai ubin mahjong, dan membawa pulang mahjong buatan tangan unik milik Anda.

Alamat: Karen Aruba Studio, L6-15, 30 Pak Tin Street, JCCAC, Shek Kip Mei, Kowloon, Hong Kong

Aktivitas yang wajib dicoba: Membuat mahjong yang dipersonalisasi dengan pola unik dan warna metalik.

Info Workshop: Karen Aruba Studio

Neon Sign Workshop: Hong Kong dikenal dengan papan iklan neonnya yang terang, yang membawa semangat dan keindahan yang memukau di jalanan, dan papan iklan ini merupakan cara inovatif kota ini untuk mengiklankan layanan mereka. Sekarang Anda dapat menikmati pengalaman langsung untuk membuat papan iklan neon Anda sendiri dan membawa pulang suvenir dekoratif.

Alamat: Amazing Neon HK, Flat 2, 13/F, Laurels Industrial Centre, 32 Tai Yau Street, San Po Kong, Kowloon, Hong Kong

Aktivitas yang wajib dicoba: Rancang dan buatlah papan iklan neon Anda untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan unik.

The Mills: Dulunya merupakan pabrik tekstil, The Mills kini menjadi pusat seni, budaya, dan inovasi yang telah direvitalisasi, dengan beragam toko, galeri, dan tempat makan. Temukan kekayaan sejarah industri tekstil Hong Kong sembari menjelajahi ruang kreatif modern yang merayakan inovasi dan desain.

Alamat: 45 Pak Tin Par Street, Tsuen Wan, Hong Kong

Aktivitas yang wajib dicoba: Kunjungi workshop kerajinan terkini dan pelajari kerajinan baru dari seniman setempat.

Baca Juga: Panduan Libur Hong Kong Lewat Hong Kong Incentive Playbook

Upper Lascar Row: Dikenal dengan perpaduan eklektik toko barang antik dan toko barang bekasnya, jalan yang semarak ini menawarkan penemuan unik dan harta karun antik. Tempat ini merupakan surga bagi para pembeli yang mencari barang unik, mulai pernak-pernik antik hingga barang koleksi retro.

Alamat: Upper Lascar Row, Sheung Wan, Hong Kong

Aktivitas yang wajib dicoba: Berburu barang antik dan barang koleksi langka sambil menjelajahi jalanan.

Makanan & Minuman: Mulailah perjalanan kuliner Anda melalui beragam pilihan di Hong Kong, mulai dari kafe tersembunyi hingga tempat makan tradisional yang mendefinisikan kancah gastronomi kota ini.

Tai Ping Koon: Dikenal sebagai salah satu restoran barat tertua yang dibuka oleh orang Tionghoa di Tiongkok dan Hong Kong, Tai Ping Koon merupakan restoran bersejarah yang terkenal dengan perpaduan masakan Barat dan Tiongkok, yang menawarkan pengalaman bersantap penuh nostalgia. Tempat ini wajib dikunjungi oleh siapa pun yang ingin mencicipi sepotong sejarah kuliner Hong Kong.

Alamat: Beberapa lokasi - Central, Causeway Bay, Tsim Sha Tsui, Yau Ma Tei

Makanan yang wajib dicoba: buru dara panggang, swiss chicken wings, dan souffle panggang

Kinsman: hidden gem ini memberikan suasana nostalgia yang terinspirasi oleh film klasik Wong Kar-wai dan pilihan koktail racikan yang mengesankan. Tempat ini merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati malam yang santai bersama teman-teman, menawarkan suasana yang nyaman dan merayakan semangat tradisional Kanton. Bar ini juga menawarkan camilan dan dessert lokal dengan sentuhan unik, seperti kari cumi dan puding yin & yang dengan wijen hitam dan puree kenari.

Alamat: 27-33 Kimberley Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon, Hong Kong

Baca Juga: Simak Ragam Festival Budaya untuk Agenda Liburan di Hong Kong

Koktail yang wajib dicoba: Cobalah Kowloon Dairy yang merupakan interpretasi inovatif bar ini terhadap milk punch Hong Kong.

Temukan lebih banyak pengalaman saat Anda mengunjungi Hong Kong musim panas ini

Mulai 11 Juli 2024, Hong Kong akan bertransformasi menjadi surga musim panas dengan kampanye “Summer Chill Hong Kong”, yang mencakup promosi “Summer Triple Rewards”.

Promosi ini menawarkan 500.000 set hadiah kepada semua pengunjung yang bermalam di Hong Kong yang meliputi penawaran di bidang transportasi / tamasya, bersantap, dan ritel dengan total lebih dari HK$100 juta.

Pengunjung dapat menikmati diskon dari lebih dari 100 gerai, termasuk maskapai penerbangan, atraksi, tempat makan, ritel, pusat perbelanjaan, dan agen perjalanan.

Selain itu, HKTB akan memasang dekorasi baru bertema musim panas di Pusat Pengunjung Kowloon di Star Ferry Pier di Tsim Sha Tsui, eskalator Central-Mid-Levels, berbagai pelabuhan kontrol lintas batas, Hong Kong International Airport, Hong Kong West Kowloon Station, beberapa stasiun MTR, stasiun Airport Express, trem, Star Ferry, bus, pemberhentian bus di luar SOGO Causeway Bay Store, dan pusat perbelanjaan. Dekorasi ini bertujuan untuk menciptakan suasana kota yang energik dan ceria.

Ini adalah kesempatan sempurna untuk mencari hidden gems di Hong Kong dan merasakan suasana musim panas yang semarak.

Baca Juga: Tarik Minat Wisatawan Berlibur, Traveloka Kerjasama dengan Hong Kong Tourism Board

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News