AturUang

Ini Cara Tetap Memberi Susu Formula Anak saat Kehabisan Uang

Ini Cara Tetap Memberi Susu Formula Anak saat Kehabisan Uang

MOMSMONEY.ID - Di tengah isu gelombang PHK, begini cara tepat memberi susu formula anak saat kehabisan uang yang bisa Anda lakukan.

Kehilangan pekerjaan tentu membuat kita semua kesulitan mengatur keuangan. Terutama, jika masih memiliki anak kecil.

Bagaimana cara tepat tetap memberi makan bergizi untuk anak saat kehabisan uang?

Baca Juga: Benarkah Aturan Susu Formula Sebabkan Ibu Tak Berikan ASI untuk Anak?

Melansir Healthy Children, The American Academy of Pediatrics meyakini bahwa nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan bayi, balita dan anak-anak di masa depan. Memenuhi kebutuhannya perlu diutamakan. 

Untuk tetap bisa memberi susu formula anak saat kehabisan uang, jika anak Anda berusia di bawah 12 bulan Anda bisa mencoba menghubungi dokter anak langganan Anda.

Katakan bagaimana kondisi Anda. Biasanya, dokter memiliki koneksi kepada perusahaan atau supplier susu formula dan bisa menanyakan, apakah mereka memiliki program amal yang bisa membantu Anda. 

Jika memungkinkan, belilah susu formula secara online atau beli dalam ukuran besar. Pilih susu yang memberikan diskon. 

Bagi kebanyakan bayi, tidak masalah untuk beralih ke merek susu formula lain. Kecuali, bayi Anda mengonsumsi susu formula khusus yang terhidrolisis. Namun konsultasikan lagi dengan dokter anak Anda. 

Baca Juga: Daftar 4 Film Horor Tentang Boneka Arwah Jahat dan Sadis

Anda juga bisa mengelola keuangan dengan lebih baik. Apabila memiliki tabungan atau klaim BPJS, gunakan untuk memenuhi kebutuhan anak terlebih dahulu. Kurangi pembelian yang tidak diperlukan seperti rokok atau jajanan lain. 

Di beberapa negara, mereka memiliki bank susu formula. Ini membantu para keluarga yang kesulitan membeli susu formula. Sejauh ini, belum ada bank susu di Indonesia. 

Sehingga, langkah yang juga bisa Anda lakukan adalah menghubungi badan amal terdekat. Tanyakan, apakah mereka bisa menyediakan program khusus untuk susu formula bayi Anda.

Biasanya, mereka akan terbuka dan mau membantu jika memang benar-benar membutuhkan susu formula untuk bayi Anda

Jangan pernah mengencerkan susu formula. Selalu ikuti petunjuk pada label atau saran dari dokter. Mengencerkan susu formula bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. 

Baca Juga: 5 Tradisi Pernak-Pernik Wajib Halloween Ini Perlu Disiapkan Dari Sekarang

Apakah boleh mengganti susu formula dengan produk UHT atau susu murni?

Susu sapi dan jenis susu alternatif lainnya tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah usia 12 bulan. Sebaiknya, tetap berikan ASI atau susu formula khusus bayi hingga berusia 12 bulan.

Namun, jika anak sudah berusia lebih dari 12 bulan, Anda bisa memberikan susu sapi atau susu kedelai fortifikasi. Keduanya memiliki harga yang lebih murah dari pada susu formula. 

Selanjutnya: GLOBAL MARKETS-Oil Slides on Mideast Respite, Yen Down as Japan Govt Loses Majority

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News