Santai

Ini Cara Memilih Parfum yang Cocok untuk Anda

Ini Cara Memilih Parfum yang Cocok untuk Anda

MOMSMONEY.ID - Dari banyaknya pilihan, cara memilih parfum yang cocok akan meningkatkan pesona Anda!

Memiliki aroma yang khas bisa membuat Anda merasa elegan an dewasa. Maka dari itu tidak ada salahnya mengetahui cara memilih parfum yang paling cocok untuk Anda. Apalagi sangat mudah lo menemukan aroma yang sempurna ini!

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Parfum yang Benar agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Dari parfum yang memberikan aroma powdery setelah 15 menit Anda gunakan di kulit hingga aroma yang menyengat yang membuat sakit kepala, memilih aroma parfum bisa menjadi permainan yang berbahaya. Tidak semua parfum ideal untuk Anda, namun Anda yang benar-benar cocok untuk Anda. 

Cara memiih parfum yang cocok untuk Anda

Pahami jenis kulit

Parfum akan disemprotkan langsung ke kuliy. Maka dari itu, sama seperti membeli skincare, Anda juga perlu memahami jenis kulit untuk memilih parfum apa yang tepat. Baik berminyak, kering atau kombinasi memilik respon yang berbeda terhadap aroma parfum. 

  • Kulit berminyak: jenis kulit ini memiliki pH yang rendah sehingga bisa menahan aroma parfum lebih lama. Parfum dengan aroma musky, warm dan spicy sangat cocok untuk jenis kulit ini. Namun jangan memilih aroma yang terlalu kuat karena pada jenis kulit berminyak aroma ini malah bisa menyengat. 
  • Kulit kering: jenis kulit ini memiliki pH yang tinggi sehingga tidak dapat menahan wewangian dalam waktu yang lama. Maka pilih aroma yang lebih kuat untuk bisa membuat aroma bertajan lama. Anda bisa memilih aroma florals, furity dan citrusy. 
  • Kulit kombinasi: jenis kulit ini cocok untuk segala jenis parfum. 

Baca Juga: 6 Barang Pribadi yang Tak Boleh Dipakai Bersama Orang Lain, Hindari Penyakit Menyebar

 

Pertimbangkan lingkungan tempat tinggal

 

Panas adalah agen yang membuat aroma parfum semakin intens. Sehingga, apabila Anda tinggal di iklim yang panas, parfum Anda akan semakin kuat seharian. Maka dari itu pilih aroma parfum yang tidak terlalu intens ataupun sebaliknya jika tinggal di iklim dingin. 

 

Temukan konsentrasi parfum yang tepat

 

Tidak semua parfum adalah parfum. Ada jenis-jenisnya seperi eau de cologne hingga eau de parfum. Ini menunjukkan kepekatan suatu aroma parfum. Semakin pekat wanginya semakin tahan lama aromanya. 

  • Eau de cologne: hanya memiliki 2-4% elemen aromatik dan bertahan sekitar 2-4 jam. 
  • Eau de toilette: memiliki 5-15% elemen aromatik dan bertahan sekitar 5-7 jam. 
  • Eau de parfum: memiliki 10-20% elemen aromatik dan bertahan selama 8 jam. 
  • Parfum: memiliki 20% lebih elemen aromatik dan bisa bertahan hingga 12 jam. 

Baca Juga: 2 Resep Tahu Tempe Bacem yang Manis Khas Nusantara, untuk Teman Makan Nasi

 

Pilih sesuai keluarga parfum yang Anda suka

 

Bahan-bahan pelengkap parfum dikelompokkan ke dalam family. Keluarga parfum adalah cara tepat untuk mengkomunikasikan aroma umum yang dimiliki parfum.

 

Jika Anda memiliki beberapa aroma yang Anda sukai, mungkin Ansa akan menemukan bahwa aroma-aroma tersebut temasuk dalam keluarga yang sama. Ada empat famili utama yaitu floral, fresh, woody dan oriental. Dalam famili tersebut ada sub-nya lagi seperti green, fruity soft floral dan woody. 

 

Temukan notes yang sempurna

 

Dalam subfamili parfum, terdapat bahan-bahan yang termasuk dalam kelompok tersebut. Dalam formula parfum, bahan-bahan ini disebut notes. Adapun notes menjelaskan bahan-bahan dan berapa lama bahan tersebut bertahan, dengan base notes yang paling lama bertahan.

 

Misalkan Libre Le Parfum Yves Saint Laurent yang memiliki :

  • Top notes: bargamit heart Calabria, mandarin oil, ginger oil, saffron accord
  • Middle notes: Lavandin heart Provence, diva lavender heart Provence, orange flower absolute
  • Base notes: Vetiver oil, tonka bean absolute, honey accord, vanilla bourbon premium infusion

Ini menunjukkan parfum tersebut memiliki aroma warm, spicy berlapis beberapa aroma floral. Sehingga dapat dikatakan parfum ini memiliki subfamily oriental floral. Jika Anda suka aroma ini pilihlah parfum dengan bahan-bahan yang hampir sama. 

 

Baca Juga: Rekomendasi 6 Serial Seru Bertema Supranatural

 

Coba dulu

 

Apabila Anda ingin menemukan parfum yang paling cocok untuk Anda, coba terlebih dahulu. Banyak toko parfum yang menyediakan layanan mencoba parfum pada selembar kertas. Parfum yang cocok untuk Anda akan mengeluarkan harum yang Anda suka. Bisa juga dengan membeli sampel terkecil dan gunakan seharian untuk menentukan apakah itu parfum terbaik untuk Anda. 

 

Itu tadi cara memilih parfum yang paling cocok untuk Anda. Pada akhirnya parfum yang paling cocok adalah parfum yang paling Anda sukai aromanya. 

Selanjutnya: Tambah Ketat! Beli Tiket Timnas Indonesia Harus Registrasi Garuda ID

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News