Keluarga

8 Cara Menyimpan Parfum yang Benar agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

8 Cara Menyimpan Parfum yang Benar agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 8 cara menyimpan parfum yang benar di sini.

Tidak peduli seberapa mahal parfum Anda, selalu ingat untuk menyimpannya dengan benar ya. Jika tidak, aroma parfum favorit Anda akan menjadi kurang menarik dan mudah menghilang.

Lalu, bagaimana caranya? Tak perlu bingung, berikut MomsMoney bagikan 8 cara menyimpan parfum yang benar sebagaimana dilansir dari Sunnamusk.

1. Tutup botol parfum dengan rapat

Cara menyimpan parfum yang benar pertama yaitu tutup botol parfum dengan rapat.

Setelah memakainya, segera tutup botol parfum dengan rapat. Jika tidak, parfum akan terkena oksigen.

Saat terkena oksigen, parfum akan teroksidasi sehingga menyebabkan aromanya melemah dan memudar seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Setting Spray dengan Hasil Matte, Cocok untuk Kulit Berminyak

2. Simpan parfum di tempat gelap

Cara menyimpan parfum yang benar kedua yaitu simpan parfum di tempat gelap.

Sebaiknya, simpanlah parfum Anda di tempat yang gelap atau jauh dari sinar matahari langsung dan pencahayaan buatan. Pasalnya, cahaya yang berlebihan pada botol parfum yang sudah terbuka maupun belum dibuka dapat merusak aromanya.

Paparan cahaya dapat menyebabkan kerusakan struktur di dalam parfum. Bahkan, parfum yang terkena cahaya hanya akan bertahan hingga enam bulan saja. Aromanya pun akan menjadi tidak sedap dan memberi kesan asam.

Agar formula parfum lebih tahan lama dan aromanya tidak rusak, Anda bisa menyimpannya di dalam lemari, laci, kotak, atau kemasan aslinya.

3. Simpan parfum di tempat yang kering

Cara menyimpan parfum yang benar ketiga yaitu simpan parfum di tempat yang kering.

Kelembaban dan air dapat menyebabkan kerusakan pada parfum. Suhu lembab dapat menyebabkan terjadinya reaksi kimia dan merusak struktur parfum sehingga bisa mengubah aromanya. Selain itu, kelembaban juga dapat menyebabkan parfum menguap sehingga aroma yang terpakai berkurang.

Oleh karena itu, hindari menyimpan parfum di ruangan dengan tingkat kelembaban yang berfluktuasi, misalnya dapur atau kamar mandi. Karena, ruangan tersebut cenderung menampung uap.

4. Simpan parfum di kotak aslinya

Cara menyimpan parfum yang benar keempat yaitu simpan parfum di kotak aslinya.

Mungkin Anda ingin memamerkan botol parfum yang Anda miliki. Kendati demikian, sangat disarankan untuk menyimpan parfum di dalam kotak aslinya.

Ini karena kotak asli parfum menawarkan tingkat perlindungan lebih lanjut terhadap cahaya langsung dan kelembaban. Selain itu, kotak asli parfum juga membantu menjaga suhu botol tetap konsisten. 

Misal botol parfum terjatuh tanpa disengaja, maka kotak aslinya akan memberikan bantalan yang dapat mencegah botol pecah.

5. Letakkan parfum di rak tingkat rendah

Cara menyimpan parfum yang benar kelima yaitu meletakkan parfum di rak tingkat rendah.

Jika Anda meletakkan parfum di rak yang tinggi, lalu tiba-tiba terjatuh, maka kemungkinan besar botolnya akan pecah.

Hal tersebut tidak hanya akan membuang-buang parfum, tetapi juga dapat membuat ruangan berbau menyengat selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

6. Hindari guncangan berlebihan

Cara menyimpan parfum yang benar keenam yaitu menghindari guncangan berlebihan.

Jangan mengocok parfum dengan tujuan memaksimalkan aromanya, karena ini bukan tindakan yang benar.

Guncangan pada parfum akan membentuk gelembung-gelembung yang menyebabkan oksidasi. Pada akhirnya, hal ini dapat merusak ikatan kimia dan melemahkan aroma halus pada parfum.

Baca Juga: Ini 4 Produk Skincare yang Sebaiknya Disimpan di Dalam Kulkas, Apa Saja?

7. Hindari memindahkan parfum ke botol lain

Cara menyimpan parfum yang benar ketujuh yaitu tidak memindahkan parfum ke botol lain.

Mungkin merupakan ide yang menarik untuk memindahkan parfum Anda dari botol aslinya ke botol parfum dekoratif. Namun, ingat, ini bukan hal yang baik untuk parfum Anda.

Memindahkan parfum ke botol lain dapat membuat aromanya menjadi asam, karena botol parfum dekoratif tidak didesain dengan benar. Sebaliknya, botol asli parfum telah dirancang dengan maksimal agar kedap udara dan dilengkapi kepala penyemprot khusus sehingga jumlah aroma yang tersebar pun sempurna.

8. Simpan parfum dalam wadah kedap udara

Cara menyimpan parfum yang benar terakhir yaitu simpan parfum dalam wadah kedap udara.

Jika Anda ingin lebih memperpanjang umur parfum favorit Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengemasnya dua kali. Jadi, Anda bisa menyimpan botol parfum dalam kemasan aslinya lalu masukkan botol tersebut ke dalam kantong kedap udara.

Hal ini akan memastikan tidak ada udara dan cahaya yang mencapai botol parfum, sehingga lebih sedikit kadar oksigen dan cahaya langsung yang mengenai parfum.

Itulah 8 cara menyimpan parfum yang benar agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News