Bugar

Ini Bahayanya Tidur di Ruangan yang Baru Selesai Dicat

Ini Bahayanya Tidur di Ruangan yang Baru Selesai Dicat

MOMSMONEY.ID - Ternyata tidur di ruangan yang baru selesai dicat dan masih bau cat berbahaya lo!

Mengganti warna cat kamar tidur bisa membuat suasana lebih menarik dan nyaman untuk tidur. Kamar jadi terasa baru. Namun, apakah boleh tidur di ruangan yang baru selesai dicat, apakah berbahaya?

Baca Juga: Ini Cara Mudah Menghapus Maskara tanpa Make Up Remover

Melansir House Beautiful, apabila tidur di ruangan yang baru selesai dicat ada bahaya yang mengancam. Sebaiknya tidur di ruangan lain jika kamar Anda baru saja dicat. 

Pakar kesehatan mengatakan tidur di ruangan yang baru saja selesai dicat bukan ide yang baik. Menurut Dokter di HEALOR Las Vegas, Raj Singh, sebaiknya tunggu sekitar 72 jam sebelum Anda tidur di kamar yang baru dicat.

Ini karena bau cat yang baru berasal dari senyawa organik volatil (VOC) yang membantu cat menempel dengan lancar tetapi juga dapat menimbulkan risiko kesehatan dan bisa membuat Anda sakit. Jika Anda merasa mata berair, sakit kepala, sakit tenggorokan, pusing atau kesulitan bernapas jangan berada di ruangan yang baru dicat. 

Baca Juga: Ini Aturan Cara Melakukan Responsive Feeding pada Anak

Jangan masuk ke kamar tidur selama minimal 24 jam namun idealnya Anda harus tetap menunggu 72 jam atau tiga hari. Adapun, lamanya waktu yang dibutuhkan cat untuk kering tergantung pada cuaca. 

Selain itu, berapa lama Anda harus menjauh dari ruangan yang baru dicat juga bergantung pada jenis cat yang Anda gunakan. Cat berbahan dasar air jauh lebih aman dari cat berbahan dasar minyak dan mengeluarkan lebih sedikit bahan kimia. 

Nah untuk cat berbahan dasar minyak, sebaiknya tunggu hingga 3 hari sebelum tidur di kamar tersebut. Apalagi jika Anda memiliki alergi dan asma, tunggu hingga benar-benar bau cat menghilang sebelum menggunakan kamar tersebut. 

Tonton: Uang Beredar Melambat, Indikasi Ekonomi Indonesia Lesu

Selanjutnya: IHSG Menguat ke 7.737,5 di Pagi Ini (25/10), SIDO, ACES, BRPT Jadi Top Gainers LQ45

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News