BisnisYuk

Ini Alasan Kemasan Bisa Jadi Kunci Sukses Bisnis

Ini Alasan Kemasan Bisa Jadi Kunci Sukses Bisnis
Reporter: Francisca Bertha Vistika  |  Editor: Francisca bertha


MOMSMONEY.ID - Mau memulai bisnis? Selain kualitas produk, kemasan menjadi elemen penting yang bisa mempengaruhi keputusan pembeli.

Kemasan bukan hanya pembungkus, tapi juga wajah dari produk dan merek yang Anda bangun.

Tren industri menunjukkan bahwa pemilihan kemasan kini semakin menitikberatkan pada desain fungsional, keberlanjutan, dan efisiensi biaya.

Inovasi kemasan yang ramah lingkungan, mudah didaur ulang, hingga dapat digunakan kembali mulai banyak diterapkan oleh pelaku usaha di berbagai sektor mulai dari makanan dan minuman, kosmetik, hingga farmasi.

Menurut Asosiasi Indonesia Packaging Federation, arah masa depan industri kemasan mengarah pada penerapan tanggung jawab lingkungan (responsible business practices).

Artinya, setiap pengusaha perlu memikirkan bagaimana kemasannya tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan.

Baca Juga: Bukan Kecerdasan atau Etika Kerja, Berikut Kunci Sukses Anak yang Kerap Dilupakan

Bagi pelaku bisnis, terutama UMKM, memilih kemasan yang tepat dapat memberikan banyak keuntungan, seperti:

  1. Meningkatkan nilai jual produk. Desain yang menarik dan praktis dapat menambah persepsi kualitas di mata konsumen.

  2. Menghemat biaya operasional. Inovasi automasi (automation) dalam produksi kemasan membantu meningkatkan efisiensi dan menekan biaya produksi.

  3. Mendukung citra ramah lingkungan. Penggunaan bahan daur ulang kini menjadi nilai tambah yang dicari konsumen modern.

Kesadaran akan pentingnya kemasan ini juga menjadi sorotan dalam pameran internasional Allpack Indonesia 2025 yang resmi dibuka pada 21 Oktober 2025 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.

Baca Juga: Ini Kunci Sukses Siswa Jawa Barat yang Masuk Guinness World Records

Pameran yang telah memasuki tahun ke-24 ini menghadirkan lebih dari 1500 peserta dari 30 negara yang menampilkan inovasi terkini di bidang kemasan, plastik, pengolahan, percetakan, daur ulang, dan farmasi.

CEO Krista Exhibitions, Daud D. Salim, mengatakan bahwa peningkatan peserta hingga 22% dibanding tahun lalu mencerminkan optimisme tinggi pelaku industri terhadap pasar Indonesia.

"Kami ingin memastikan inovasi dan teknologi di pameran ini tak hanya memberikan nilai bisnis, tetapi juga berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat,” ujarnya Selasa (21/10). 

 

 

Selanjutnya: Ramah di Kantong, Buka e-Deposito BCA Mulai Rp 1 Juta lewat myBCA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Video Terkait