MOMSMONEY.ID - Melawan peredaran barang palsu di platform digital, Lazada Indonesia membagikan enam langkah strategis yang bisa dijadikan panduan konsumen untuk belanja lebih aman.
"Sebagai pelopor ecommerce di Asia Tenggara, kami menyadari pentingnya menciptakan lingkungan belanja online yang aman, terpercaya, dan bebas dari barang palsu," ujar Stephanie Gunawan, Head of Business Risk Lazada Indonesia, dalam siaran pers, Selasa (29/4).
Baca Juga: Mom Uung dan Lazada Dorong Pemberdayaan Perempuan Lewat Bisnis Digital
Berikut enam langkah yang diterapkan Lazada, sekaligus tips penting untuk konsumen:
- Manfaatkan fitur IPP (Intellectual Property Protection): Laporkan produk mencurigakan agar cepat ditindaklanjuti.
- Pilih produk yang terdeteksi aman: Teknologi AI dan machine learning di Lazada membantu menyaring listing yang melanggar.
- Berbelanja di LazMall: Kanal khusus untuk produk 100% asli dengan jaminan pengembalian hingga 30 hari.
- Perhatikan verifikasi penjual: Penjual di kategori risiko tinggi wajib melalui seleksi ketat.
- Cermati kolaborasi resmi: Lazada bekerjasama dengan pemerintah dan industri untuk memastikan produk yang beredar sesuai regulasi.
- Ikuti edukasi konsumen: Lazada rutin mengadakan kampanye untuk mendorong pembelian produk original.
Baca Juga: Laporan Lazada: Baru 42% Penjual Online di Indonesia Mengadopsi AI
Stephanie mengimbau para konsumen untuk memilih produk-produk orisinal, seperti yang tersedia di kanal LazMall, sebagai bagian dari upaya bersama memerangi produk palsu.
Selanjutnya: Jadwal Final Four Proliga 2025 Lengkap Pekan ini, Megawati Kemungkinan Turun?
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News