Keluarga

Ini 5 Teknik Declutter ala Jepang, Teknik untuk Merapikan Rumah

Ini 5 Teknik Declutter ala Jepang, Teknik untuk Merapikan Rumah

MOMSMONEY.ID - Yuk kenali cara merapikan rumah dengan 5 teknik declutter ala Jepang ini!

Melansir Homes and Gardens, teknik declutter ala Jepang dikenal dalam menghadirkan keteraturan dan harmoni dalam ruangan dengan mengutamakan minimalisme dan fungsionalitas. 

Teknik ini menekankan kegembiraan dalam kesederhanaan dan penataan yang bijaksana. Memungkinkan Anda menata rumah yang bisa mendukung kesehatan mental dan fisik Anda. Yuk kenali 5 teknik declutter ala Jepang!

Baca Juga: Indonesia Masuki Musim Hujan, Wilayah Ini Tak Alami Hujan Selama 40 Hari

MA
Konsep decluttering MA menghargai kekosongan sama seperti menghargai kepenuhan. Dalam praktiknya, cara decluttering ini membersihkan barang-barang yang tidak penting dan menata perabotan secara hemat. 

Teknik MA bisa diterapkan sebagai berikut:

  • Membuang barang-barang yang tidak diperlukan
  • Menciptakan jarak yang cukup luas untuk mengistirahatkan mata
  • Hindari kepadatan yang berlebihan, sisakan area terbuka.
  • Menciptakan zona fungsional di sebuah ruangan

Konmari
Metode Konmari adalah decluttering ala Jepang yang diperkenalkan oleh Marie Kondo. Teknik decluttering ini menekankan kita untuk memprioritaskan barang yang memicu kegembiraan dan mengurangi barang yang lain. 

Cara decluttering Konmari ini mengatur barang-barang sesuai dengan kategorinya sehingga selain rapi ruangan terlihat harmonis untuk menghadirkan rasa gembira dan harmonis. 

Danshari
Teknik decluttering Danshari adalah seni menyederhanakan dan menghilangkan keterikatan pada hal-hal yang tidak penting. Cara decluttering ini ditemukan oleh Hideko Yamashita. 

Konsep ini dibuat dengan tiga dasar kata Jepang yang merepresentasikan prosesnya:

  • Dan (menolak): buat keputusan yang tegas untuk mengurangi dan menghilangkan keterikatan yang tidak penting. 
  • Sha (membuang): singkirkan barang-barang yang telah Anda identifikasi sebagai benda yang tidak diperlukan. Langkah ini merelakan benda yang tidak lagi berguna dan membawa kebahagiaan pada Anda. 
  • Ri (terpisah): pisahkan keterikatan dengan benda yang Anda miliki. Ini adalah gagasan untuk melepaskan diri dari kekacauan sentimental dan melatih untuk menghargai pengalaman atau relasi ketimbang pada harta benda. 

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Tanaman Hias Favorit di Rumah, Perhatikan 6 Hal Ini

Oosouji
Oosouji adalah teknik pembersihan dan pengorganisasian dari Jepang untuk menyambut tahun baru dengan awal yang baru. Cara ini bermanfaat untuk membersihkan rumah dan pikiran untuk mencapai keteratiran mental melalui keteraturan fisik dan tindakan terapeutik pembersihan. 

Teknik decluttering ala Jepang ini dilakukan dengan mengidentifikasi ruangan di rumah yang perlu perhatian khusus. Anda disarankan untuk merapikan setiap ruangan mulai dari yang paling penting, mendonasikan, mendaur ulang atau membuang barang yang tidak lagi digunakan. 

Setelah itu beri perhatian khusus untuk area yang sulit dijangkau dan sering diabaikan. Kemudian atur dengan memaksimalkan aksesibilitas dan ruang. 

5S
Metode 5S untuk decluttering ala Jepang merepresentasikan 5 kata Jepang yang dimulai dengan huruf S. Berikut penjelasannya:

  • Seiri: telusuri apa yang Anda miliki dan singkirkan hal-hal yang tidak Anda perlukan dan simpan yang penting. 
  • Seiton: atur apa yang tersisa secara logis dan efisien
  • Seiso: bersihkan dan periksa semuanya secara menyeluruh, ini harus dilakukan secara teratur dan terjadwal. 
  • Seiketsu: temukan cara mudah untuk menjaga ruangan tetap teratur dalam jangka panjang. 
  • Shitsuke: pertahankan kebiasaan itu sampai terasa normal sebagai rutinitas. 

Demikian 5 teknik decluttering ala Jepang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News