Keluarga

Ini 5 Jenis Pelapis Dinding yang Cocok untuk Kamar Mandi

Ini 5 Jenis Pelapis Dinding yang Cocok untuk Kamar Mandi

MOMSMONEY.ID - Pelapis dinding untuk kamar mandi harus Anda bedakan dibanding area lainnya. Apa jenis pelapis dinding yang cocok untuk kamar mandi?

Kenapa pelapis dinding kamar mandi harus berbeda dengan area lainnya? Di kamar mandi, dinding sangat mudah terkena air. Ini membuat dinding sangat mudah lembab sehingga mudah rusak jika Anda salah menggunakan pelapis dinding. 

Melansir The Spruce, saat Anda akan melakukan renovasi atau membangun rumah, kamar mandi harus jadi prioritas utama. Material yang digunakan haruslah tahan kelembapan dan mudah dibersihkan. Material yang tahan air adalah kunci utamanya. 

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan Wallpaper untuk Dinding Kamar Mandi 2024

5 jenis pelapis dinding yang cocok untuk kamar mandi

Vinyl Wallpaper

Anda bisa menggunakan vinyl sebagai pelapis dinding kamar mandi. Menggunakan vinyl bisa menahan kelembapan langsung mengenai dinding. Namun, pastikan lagi bahwa dinding Anda bisa ditempeli vinyl. Pilihlah jenis vinyl yang memang tahan terkena air. 

Cat interior biasa

Apabila Anda hanya ingin menggunakan cat interior atau cat dinding biasa, hindari menggunakan cat matte. Cat ini akan menjebak air. Maka gunakan cat yang semi-gloss atau high-gloss.

Bisa juga memiliki cat premium dengan zat aditif pembunuh jamur yang memungkinkan Anda bisa memilih jeniscat yang tidak berkilau. 

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Dinding Sebelum Mengecatnya

Keramik

Ubin keramik adalah pilihan paling klasik untuk dinding kamar mandi. Bila pemasangan ubin dilakukan dengan benar, Anda tidak perlu takut dinding menjadi lembab.

Sayangnya, jika Anda menggunakan ubin, semua ubin memiliki nat atau garis yang bisa meningkatkan atau memgurangi tampilan kamar mandi.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan, menggunakan terlalu banyak ubin dapat membuat ruangan terasa sibuk, berat, steril dan menyedikan. 

Beadboard

Beadboard biasanya hanya menyediakan penutup sebagian dinding yaitu di bagian bawah. Namun bagian inilah yang paling penting ditutup karena paling mudah terkena masalah kelembapan.

Pelapis dinding ini bisa dicat dengan semi-gloss atau glossy yang bisa melindungi secara menyeluruh. 

Baca Juga: Begini Ide Meletakkan Karpet di Kamar Tidur

Tileboard

Secara sekilas, papan ubin terlihat seperti ubin keramik namun dengan harga yang lebih murah. Semakin mirip dengan keramik maka kualitas tileboard semakin bagus.

Anda bisa menggunakan tileboard untuk mengatasi masalah kelembapan pada dinding kamar mandi dengan cepat dan memperpanjang nilai rumah Anda. 

Sayangnya, tileboard sangat mudah membengkak jika air telah menyentuh bagian belakangnya. Maka untuk menghindari masalah ini, Anda harus memasang dengan rapat dan menggunakan dempul silikon  khusus kamar mandi. 

Itu tadi 5 jenis pelapis dinding yang cocok untuk kamar mandi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News