Keluarga

5 Bahan Makanan yang Bikin Kulit Cerah, Anda Wajib Punya di Rumah

5 Bahan Makanan yang Bikin Kulit Cerah, Anda Wajib Punya di Rumah

MOMSMONEY.ID - Kita semua tentu ingin kulit wajah yang cerah, sehat dan dewy. Nah, Andalan bisa simpan dan konsumsi 5 bahan makanan ini yang bisa bikin kulit cerah!

Ternyata makanan memiliki dampak yang besar pada kualitas kulit kita. Apabila Anda memberi nutrisi yang tepat melalui makanan, maka kulit bisa bersih dan sehat. 

Baca Juga: Rekomendasi Serum yang Bikin Kulit Cerah dan Awet Muda

Melansir Real Simple, Ahli Diet Carolina Schneider sama seperti makanan tertentu yang bisa memperburuk kondisi kulit kita, makanan lain dapat membantu meringankan kondisi kulit. Makanan yang kaya akan Zinc seperti biji labu, lentil, kacang-kacangan dan kacang mete bisa mendukung kesehatan kulit dan mengontrol produksi minyak serta mengurangi peradangan.

Zinc berperan dalam mengendalikan produksi minyak yang berkontribusi pada jerawat dan kulit berminyak. 

Selain itu, ada beberapa bahan makanan yang bisa bikin kulit cerah karena banyak kandungan di dalamnya yang dibutuhkan kulit. Perubahan warna pada kulit juga bisa dilawan dengan makanan yang kita makan, terutama yang tinggi oksidan, protein dan vitamin C. 

Makanan seperti bayam, kangkung, brokoli dan wortel bisa mengurangi stres oksidatif yang terkain dnegan gangguan pigmentasi kulit seperti melasma. Lebih lanjut, ini lima makanan teratas yang bisa bikin kulit wajah jadi lebih cerah!

Baca Juga: Bikin Kulit Cerah, Simak 10 Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Wanita

Ini 5 bahan makanan yang bisa bikin kulit cerah

Ikan berlemak
Jenis ikan berlemak seperti sarden dan salmon memiliki bahan anti-inflamasi. Omega-3 di dalamnya berperan menjaga barrier lipid kulit yang penting untuk hidrasi dan kerusakan lingkungan. 

Anda bisa mengonsumsinya sebagai salad atau dipanggang bersamaan dengan brokoli. Ikan berlemak adalah salah satu bahan makanan yang bagus untuk bikin kulit cerah. 

Tomat
Tak hanya lezat dan serbaguna, mengonsumsi tomat bisa bikin kulit cerah dan  memperbaiki tekstur kulit menurut Dermatologis dr Macrene Alexiades. 

Lycopene yang ditemukan dalam tomat terbukti meningkatkan tekstur dan kualitas kulit. Adapun, tubuh kita rentan terhadap stres oksidatif dan ketidakseimbangan antioksidan. Nah likopen dapat mengurangi efek samping fisik dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Baca Juga: Daftar Bunga yang Beracun untuk Kucing Peliharaan di Sekitar Rumah

Kacang kenari
Kenari adalah makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan zinc yang penting untuk kesehatan kulit. Omega-3 dapat membantu menjaga barrier kulit yang menjaga kelembaban kulit, sementara Zinc bisa untuk penyembuhan kulit.

Paprika
Tubuh kita memproduksi banyak kolagen, dengan dikombinasikan mengonsumsi makanan tinggi Vitamin C, produksinya akan semakin meningkat. Nah, paprika adalah jenis bahan makanan yang tinggi vitamin C yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita. 

Selain itu beta karoten pada paprika juga bagus untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Sehingga paprika adalah bahan makanan yang bisa bikin kulit lebih sehat dan cerah. 

Biji bunga matahari/kuaci
Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari polusi dan membantu kulit regenerasi. Anda bisa menikmati kuaci mentah, dipanggang atau dimasak dan dicampur dengan makanan lain kesukaan Anda. 

Itu tadi makanan yang bisa bikin kulit cerah. Yuk stok banyak di rumah Mo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News