Bugar

5 Manfaat Makan Makanan Pedas, Bisa Mengontrol Nafsu Makan

5 Manfaat Makan Makanan Pedas, Bisa Mengontrol Nafsu Makan

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya nikmat bagi pecinta pedas, rupanya ada manfaat makan makanan pedas bagi kesehatan, lo. Apa saja, ya? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Makanan pedas seringkali dianggap sebagai pilihan rasa yang hanya untuk penggemar sensasi kuat. Namun, tahukah Anda bahwa makanan pedas juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk mengontrol nafsu makan?

Mengutip dari Cleveland Clinic, berikut ini adalah lima manfaat makan makanan pedas yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Meningkatkan metabolisme

Salah satu komponen utama dalam banyak makanan pedas adalah capsaicin, yang ditemukan dalam cabai. Capsaicin terkenal karena kemampuannya meningkatkan metabolisme.

Ketika metabolisme tubuh meningkat, tubuh membakar kalori lebih cepat, yang dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi capsaicin dapat meningkatkan metabolisme basal (jumlah energi yang dibakar saat istirahat) dan memicu pembakaran lemak.

Baca Juga: Selain Memicu Darah Tinggi, Ini Alasan Pentingnya Mengurangi Konsumsi Garam!

2. Mengontrol nafsu makan

Cabai dan bumbu lainnya mungkin memiliki efek pada perasaan lapar Anda. Beberapa studi menunjukkan bahwa capsaicin dapat memengaruhi hipotalamus, bagian dari otak yang bertanggung jawab atas pengendalian rasa lapar dan kenyang.

Dengan demikian, menambahkan sedikit rasa pedas pada makanan Anda dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat.

3. Mengurangi lemak tubuh

Selain membantu mengurangi asupan kalori, makanan pedas juga dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Capsaicin telah terbukti efektif dalam memerangi penumpukan lemak dengan mengurangi pembentukan sel-sel lemak baru dan meningkatkan pemecahan lemak yang ada.

Baca Juga: Nikmat dan Sehat, Ketahui Manfaat Minum Oat Milk untuk Kesehatan

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Makanan pedas tidak hanya baik untuk berat badan, tetapi juga untuk kesehatan jantung. Capsaicin dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, dua faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Selain itu, makanan pedas sering mengandung antioksidan yang membantu melawan peradangan dan melindungi jantung.

5. Meningkatkan mikrobioma

Makanan pedas mungkin tidak cocok bagi mereka yang memiliki perut yang sensitif. Namun, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa capsaicin, zat aktif dalam cabai, sebenarnya bisa menguntungkan bagi mikrobioma usus.

Mikrobioma merupakan kumpulan bakteri dan mikroorganisme lain yang esensial bagi fungsi imun tubuh dan aspek kesehatan lainnya. Capsaicin diketahui dapat mempromosikan flora usus yang sehat dan memberikan dampak positif pada sistem pencernaan.

Itulah beberapa manfaat makan makanan pedas. Meskipun makanan pedas memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk dikonsumsi dengan bijak.

Orang dengan kondisi tertentu, seperti masalah pencernaan atau iritasi kulit, mungkin perlu menghindarinya. 

Selanjutnya: Harga Emas Spot Menuju Penurunan Mingguan Kedua pada Jumat (16/2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News