Santai

Ingin Beli Motor Listrik? Ini Tips Pilih Motor Listrik yang Tepat, Moms

Ingin Beli Motor Listrik? Ini Tips Pilih Motor Listrik yang Tepat, Moms

MOMSMONEY.ID - Ingin beli motor listrik? Inilah beberapa merk pilihan motor listrik yang bisa Anda beli untuk bantu tekan polusi udara. 

Saat ini, motor menjadi kendaraan andalan masyarakat Indonesia dengan jumlah kendaraan hampir setengah dari jumlah penduduk. 

Selain itu, warga Indonesia ternyata bisa ikut berpartisipasi langsung dalam mengurangi polusi udara yang semakin memburuk 

Salah satu caranya adalah dengan beralih dari motor bahan bakar minyak (BBM) ke motor listrik. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah kendaraan sepeda motor mencapai 120 juta unit atau setara dengan 84,5% dari seluruh jenis kendaraan bermotor (2021). 

Menyambut komitmen dunia dalam transisi energi bersih, Indonesia turut berperan dengan meningkatkan pengguna motor listrik.  

Indonesia turut berpartisipasi dan berkomitmen untuk transisi ke energi bersih, salah satu caranya melalui kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV), khususnya motor listrik.  

Baca Juga: Berniat Beli Motor Listrik? Ini Deretan Harga Sepeda Motor Listrik Termurah

Inilah strategi atau tips memilih motor listrik yang tepat untuk dibeli agar tidak menyesal di kemudian hari, antara lain:  

1. Budget

Budget merupakan pertimbangan utama pembelian motor listrik. 

Daftar motor listrik yang dirangkum tersebut menunjukkan kisaran harga Rp 11-34,9 juta per unit.  

2. Subsidi Pemerintah

Subsidi dari pemerintah juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan keringanan dari nilai yang dibayarkan.  

Salah satu syarat motor listrik yang diberikan subsidi adalah memiliki kandungan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar 40%.  

3. Jarak Tempuh

Kemampuan jarak tempuh perlu diperhatikan pembeli sebagai pertimbangan harga yang dibayarkan. 

Hal ini disebabkan terdapat berbagai jenis cara pengisian baterai motor listrik, seperti melalui penukaran baterai dan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) 

4. Kecepatan

Kecepatan motor listrik masih jauh di bawah motor konvensional non listrik, sehingga top speed e-motor masih berada di 90-100 km per jam. 

Konsumen dapat mempertimbangkan tujuan pembelian untuk menentukan apakah membutuhkan motor listrik yang 'sat-set' atau hanya untuk perjalanan santai. 

Itulah beberapa tips pilih motor listrik yang tepat jika Anda ingin membelinya. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News