Santai

Agar Tak Bikin Rambut Rusak, Perhatikan 3 Tips Pilih Catok Rambut Ini

Agar Tak Bikin Rambut Rusak, Perhatikan 3 Tips Pilih Catok Rambut Ini

MOMSMONEY.ID - Agar tidak rugi, perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli pelurus atau catokan rambut

Bagi yang memiliki kebiasaan untuk merubah-rubah gaya rambut, catokan tentunya bukan hal yang asing lagi.

Memiliki catokan bisa membuat kegiatan menata rambut menjadi lebih nyaman dan mudah dilakukan. Memilih catokan yang tepat sebelum membeli juga perlu menjadi perhatian, loh.

Ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini ya sebelum membeli catokan.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Rambut Mengembang yang Perlu Anda Tahu

Ukuran

Sesuaikan ukuran catok dengan kondisi rambut. Jika memiliki rambut panjang, ada baiknya untuk menggunakan catok yang memiliki ukuran besar.

Namun, jika memiliki rambut yang lebih pendek, gunakan catok dengan ukuran kecil.

Pastikan memilih ukuran catok yang fleksibel dan sesuai dengan ukuran tangan ya. Agar merasa nyaman saat menata rambut dengan catok yang dimiliki.

Bahan

Penting untuk mengetahui bahan catokan yang sesuai dengan jenis rambut. Laman Chatters menyebutkan, bahan alat catok yang terbuat dari ceramic/keramik akan cocok digunakan bagi yang memiliki rambut mengembang.

Karena bahan ini mampu memberikan hasil rambut lurus dan lembut dalam temperatur rendah. Bagi yang memiliki rambut frizzy atau sedikit keriting, bahan tourmaline akan sangat sesuai untuk digunakan.

Baca Juga: Sering Garuk Kepala? Yuk Tiru Tips Bikin Ketombe Hilang Permanen

Sebab, catokan dengan bahan ini memiliki ion negatif yang mampu melembutkan rambut keriting dan mengunci kutikel rambut.

Bentuk

Catok memiliki banyak bentuk yang disesuaikan dengan fungsi dan hasilnya. Menurut laman Adore Beauty, jika memiliki catokan dengan ujung yang datar, akan sulit untuk menggunakannya sebagai pengeriting rambut.

Namun, jika memiliki catokan dengan bentuk ujung yang lebih bulat, akan lebih mudah mengubah catokan menjadi pelurus sekaligus pengeriting rambut.

Pastikan mengetahui fungsi catokan, akan digunakan sebagai pelurus atau pengeriting rambut.

Sebagai tambahan, ada baiknya memilih catokan yang memiliki temperatur pada body nya. Temperatur penting untuk menjaga stabilitas panas yang dihasilkan oleh alat catok.

Jangan lupa diperhatikan, itulah tadi beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum membeli pelurus atau catokan rambut agar tidak salah beli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News