Santai

Ini 4 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin D Salah Satunya Sering Sakit

Ini 4 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin D Salah Satunya Sering Sakit

MOMSMONEY.ID - Sebelum kejadian, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa gejala ketika tubuh kekurangan vitamin D berikut ini.

Vitamin merupakan sumber nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh seseorang. Salah satu vitamin yang penting untuk tubuh adalah vitamin D yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Kekurangan vitamin D juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti osteoporosis, alergi, depresi dan juga penurunan sistem imun tubuh.

Agar tidak mengalami dampaknya, sebaiknya ketahui beberapa tanda tubuh yang kekurangan vitamin D berikut:

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Tubuh Gemuk Tanpa Disadari

Penyembuhan luka yang lama

Jika penyembuhan luka yang ada pada tubuh melambat atau lama, maka bisa jadi tubuh tengah berada dalam kondisi kekurangan vitamin D.

Vitamin D juga bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka di tubuh. Hal tersebut disebabkan karena vitamin D menjadi faktor penting dalam pembentukan jaringan baru pada tubuh.

Sering sakit

Gejala atau tanda tubuh yang mengalami kekurangan vitamin D adalah mudah terserang penyakit atau pun infeksi.

Melansir laman Health Line, vitamin D memiliki peran penting dalam mendukung sistem imun tubuh, yang bisa membantu untuk melawan bakteri atau virus penyebab sakit.

Flu merupakan salah satu penyakit umum yang kerap melanda orang-orang dengan kekurangan vitamin D. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa infeksi pernafasan juga bisa disebabkan karena kurangnya vitamin D.

Baca Juga: 4 Jenis Penyakit Kronis yang Mengancam Anak Muda Masa Kini

Sakit tulang punggung

Seperti yang sudah dinyatakan, vitamin D merupakan vitamin yang penting dalam membantu menjaga kesehatan tulang. Tanda seperti sakit pada tulang di area punggung belakang dan punggung bagian bawah juga bisa menjadi tanda tubuh yang kekurangan vitamin D.

Penelitian juga banyak yang menunjukkan hasil bahwa sakit pinggang dan punggung yang kerap dialami orang-orang dewasa sering dikaitkan dengan kurangnya konsumsi vitamin D.

Mudah lelah

Tanda tubuh yang kekurangan vitamin D, adalah tubuh yang menjadi mudah merasa lelah. Selain itu otot yang lemah juga menjadi tanda tubuh kekurangan vitamin D.

Laman Medical News Today menjelaskan, vitamin D juga turut serta dalam mendukung kesehatan tulang dan otot yang ternyata jika dikonsumsi dalam jumlah yang kurang bisa menyebabkan tubuh menjadi mudah merasa lelah.

Nah, itulah tadi tanda signifikan dari tubuh yang kekurangan vitamin D. Jika mulai merasakan, sebaiknya imbangi dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin D.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News