Santai

4 Jenis Penyakit Kronis yang Mengancam Anak Muda Masa Kini

4 Jenis Penyakit Kronis yang Mengancam Anak Muda Masa Kini

MOMSMONEY.ID - Kenali beberapa jenis penyakit kronis yang rawan mengintai anak muda berikut ini.

Gaya hidup anak-anak muda masa kini identik dengan nongkrong maupun cafe hopping hingga mencoba makanan-makanan viral.

Gaya hidup tersebut pun dinilai tidak sehat karena banyaknya jenis makanan “kotor” yang dikonsumsi maupun gaya hidup tidak seimbang.

Dari gaya hidup tersebut, berkembanglah beberapa penyakit kronis yang kini mulai mengintai anak-anak muda terutama di Indonesia.

Yuk, mulai perhatikan beberapa jenis penyakit kronis yang rawan mengintai anak-anak muda berikut.

Baca Juga: Ketahui Tanda-Tanda Gagal Ginjal yang Menghantui Anak Muda Indonesia

Tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu jenis penyakit yang sering dikaitkan dengan orang-orang lanjut usia. Namun kini sudah banyak juga anak-anak muda yang terserang penyakit darah tinggi.

Faktanya, penyakit tekanan darah tinggi ini bisa menyerang siapa pun di kalangan umur berapa pun, tak terkecuali jika Anda adalah anak-anak muda.

Meskipun tidak memiliki gejala yang signifikan, tapi jika Anda sudah berusia 20 tahun ke atas sebaiknya mulai periksakan tekanan darah secara rutin.

Diabetes Tipe 2

Penyakit kronis yang satu ini juga tidak bisa muncul meski tanpa disadari tanda-tandanya. Salah satu penyebab munculnya penyakit diabetes adalah obesitas.

Mengutip laman Metropolis India, tingkat obesitas di kalangan generasi muda dan anak-anak lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Diabetes tipe 2 dan obesitas dipicu oleh cara hidup banyak orang saat ini.

Seperti menghabiskan terlalu banyak waktu untuk duduk dan makan lebih banyak kalori, minuman manis, dan makanan cepat saji.

Baca Juga: 5 Penyebab Anda Sering Kentut, Ada Perubahan Gaya Makan?

Gangguan paru-paru

Penyakit kronis lain yang rawan menimpa anak-anak muda masa kini adalah gangguan paru-paru seperti asma, bronkitis, pneumonia, alergi rhinitis, hingga sinusitis. Salah satu penyebabnya selain karena genetik adalah gaya hidup anak muda yang lekat dengan rokok.

Merokok adalah salah satu dari banyak faktor lingkungan dan genetik yang mempengaruhi perkembangan dan keparahan gangguan paru-paru hingga menjadikan kondisi pernapasan yang sangat kompleks.

Penyakit menular seksual

Ada lagi penyakit kronis lain yang bisa menjadi momok bagi anak-anak muda dengan pergaulan bebas, yaitu penyakit menular seksual.

Menurut Very Well Health, beberapa penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, sifilis, HPV (human papillomavirus), HIV (human immunodeficiency virus), dan hepatitis hanyalah beberapa penyakit yang dapat menyerang remaja.

Bahkan menurut catatan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), terdapat 20 juta kasus penyakit menular seksual baru yang didiagnosis setiap tahunnya, dan setengah dari kasus tersebut terjadi di kalangan remaja dan dewasa muda berusia antara 15 dan 24 tahun.

Demikianlah daftar beberapa jenis penyakit kronis yang bisa mengancam anak-anak muda dengan gaya hidup masa kini yang kurang sehat. Mulai jadikan perhatian, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News