Keluarga

Ini 4 Cara Menata Baju di Lemari untuk Si ADHD

Ini 4 Cara Menata Baju di Lemari untuk Si ADHD

MOMSMONEY.ID - Ternyata ada cara khusus menata baju di lemari bagi Anda yang memiliki ADHD atau memiliki anak dengan kecenderungan ADHD. 

Melansir Siloam Hospitals, Attention Deficit Hyoeractivity Disorder (ADHD) adalah gangguan mental yang membuat seseorang sulit untuk fokus pada suatu hal dan hiperaktif. Biasanya gangguan ini terjadi pada anak-anak namun bisa juga bertahan hingga dewasa. 

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Suka Traveling, Ada Zodiak Anda?

Biasanya ADHD memiliki kecenderungan tindakan impulsif, hiperaktif dan sulit fokus. Biasanya ADHD juga mudah merasa bosan, mudah marah, mudah gelisah dan kesulitan untuk sabar. 

Lalu bagaimana cara menata baju di lemari bagi Anda yang kesulitan untuk fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan rumah? Melansir Habits and Home, berikut caranya!

Gantung sebanyak mungkin baju di lemari
Menggantung baju membuat Anda bisa melihat seluruh baju yang Anda miliki tanpa perlu mengambilnya satu per satu. Cara ini cocok untuk para ADHD. 

Biasanya mereka yang kesulitan fokus saat menyelesaikan pekerjaan biasanya kesulitan membuat semua tertata. Saat baju dilipat, sulit bagi mereka melihat seluruh isi baju dan mereka akan cenderung membuat baju berantakan. 

Atur baju yang digantung berdasarkan kategorinya
Setelah Anda menggantung baju yang Anda miliki, atur sesuai kategorinya. Misalkan bahan jeans disatukan dengan bahan jeans atau baju lengan panjang disatukan dengan lengan panjang.

Jaga baju  yang dilipat hanya ada satu baris
Biasanya Anda akan membuat 2-4 baris untuk baju yang dilipat di dalam lemari demi menyimpan ruang. Namun ini akan menyulitkan bagi ADHD untuk menatanya setelah dicuci atau mencari baju yang akan dikenakan. 

Sehingga hindari cara menata yang demikian. Pastikan Anda hanya memiliki satu baris saja baju yang dilipat. Ini akan membuat para ADHD cepat menemukan baju yang mereka inginkan. 

Baca Juga: Masak Tempe Orek Pedas Manis untuk Lauk Pendamping Nasi, Ini Dia Resep Tempe Orek

Kurangi benda yang Anda miliki
Penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung mereka yang memiliki ADHD. Salah satu caranya adalah sesedikit mungkin memiliki benda atau barang di dalam rumah sehingga mudah untuk menyimpannya. 

Setelah itu atur rumah sesuai dengan kebiasaan Anda. Contohnya, berikan sudut untuk Anda menaruh baju kotor dengan mudah setelah mandi maupun di tengah hari saat Anda akan ganti baju. Atau berikan lokasi lemari yang tepat untuk Anda mengambil baju di pagi hari sebelum mandi. 

Itu tadu 4 cara menata baju di lemari bagi Anda yang memiliki ADHD. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News