Santai

Ingin Mengajak Hewan Peliharaan Berpetualang? Simak 5 Tips Mendaki Bersama Kucing

Ingin Mengajak Hewan Peliharaan Berpetualang? Simak 5 Tips Mendaki Bersama Kucing

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda kucing bisa diajak untuk mendaki? Ya, meskipun tidak semua kucing terlahir untuk berpetualang. Mendaki bersama kucing bisa menjadi ide bagus. 

Namun, bagaimana agar mendaki bersama kucing tetap aman? Nah, tak perlu khawatir karena artikel ini punya solusinya. 

Sebelum mengetahui tips mendaki bersama kucing, Anda harus tahu bahwa setiap kucing boleh pergi mendaki, tetapi tidak semua kucing boleh pergi mendaki. 

Baca Juga: Begini Cara Menemukan Kucing yang Hilang, Simak Tips Mencari Menurut Ahli

Mendaki gunung memberi kucing Anda latihan mental dan fisik yang penting, tetapi jika ia mudah ketakutan, cemas, atau stres, sebaiknya pertimbangkan cara lain untuk memperkaya hidupnya dengan aman. 

Mengutip Daily Paws, berikut ini 5 tips mendaki bersama kucing dengan aman. 

1. Mulailah di Dalam Ruangan

Kehidupan petualangan dimulai di dalam keamanan rumah Anda sendiri. Mulailah melatih kucing Anda berjalan dengan tali kekang dan tali kekang dengan secara bertahap memperkenalkan kucing Anda ke tali kekang, lalu memakainya, dan akhirnya memasangkan tali kekang. 

Hanya setelah dia menerima vaksin yang diperlukan dan dilatih untuk memimpin, barulah Anda memperkenalkan teman petualangan Anda ke alam bebas.

2. Lakukan Perlahan

Kucing Balinese

Hal yang terbaik bagi kucing Anda adalah merasakan angin di kumisnya terlebih dahulu di halaman belakang rumah, teras, atau tempat aman lainnya di dekat rumah Anda.

Saat Anda siap untuk memulai perjalanan, Lilly merekomendasikan untuk memulai dengan berjalan kaki singkat dan melanjutkan ke petualangan yang lebih lama.

3. Keselamatan adalah Utama

Kucing petualangan yang berpakaian bagus harus selalu memakai tali kekang, tali pengikat, kerah, tanda pengenal, dan alat pelacak yang pas. 

Baca Juga: Hati-hati, Tanaman Hias Indoor Pembawa Sial Harus Dihindari

Anda juga sebaiknya mempertimbangkan perlengkapan cuaca dingin atau panas yang diperlukan.

4. Persiapkan Rencana yang Matang

Anda tidak akan pernah terlalu siap saat membawa hewan Anda ke alam terbuka. Mendaki dengan aman bersama kucing Anda juga harus menyertakan rencana jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. 

Ajari kucing Anda isyarat untuk mengingat dan buatlah itu dapat diandalkan sehingga jika Anda mengatakan 'di sini' atau membuat getar atau isyarat lain, kucing Anda akan berlari kembali ke arah Anda.

5. Pilih Pendakian yang Ramah Kucing

Pertimbangkan kepribadian kucing saat memilih pendakian terbaik untuknya. 

Terkait anjing, selalu disarankan untuk memilih jalur dengan lalu lintas rendah yang menerapkan undang-undang tali pengikat, sehingga anjing yang penasaran tidak akan menakuti kucing Anda dari tempat bertenggernya.

Perlengkapan Mendaku Kucing

1. Tali 

Mintalah dokter hewan Anda untuk memeriksa kesesuaian tali pengaman Anda pada pemeriksaan kesehatan Anda. 

Jika terlalu longgar, dia bisa terpeleset. Dan jika terlalu ketat, dia akan merasa tidak nyaman. Dokter hewan dapat membantu Anda memastikan dia aman dan terlindungi saat Anda bepergian.

2. Ransel Mendaki Kucing

Tas punggung kucing memberi kucing Anda tempat yang aman dan nyaman untuk bersantai jika terlalu terstimulasi saat berada di jalan setapak. 

Ini juga merupakan pilihan bagus untuk perjalanan yang aman dengan mobil menuju jalan setapak dan untuk hari-hari ketika dia mungkin tidak ingin berjalan kaki.

Baca Juga: Daftar 10 Tanaman Hias Terindah yang Belum Banyak Diketahui, Punya Ciri Khas Sendiri

3. Makanan 

Kucing biasanya tidak mau minum dari mangkuk air di jalan, tapi dehidrasi bisa menjadi masalah besar saat Anda jauh dari rumah. Dapatkan suguhan push-up favorit kucing Anda untuk hidrasi saat bepergian dan hadiah ekstra untuk pendakian yang berhasil!

4. Tas Kotoran

Pemilik anjing bukan satu-satunya yang harus memungut kotoran! Lakukan bagian Anda untuk tidak meninggalkan jejak jika kucing Anda memutuskan untuk menjadi nomor dua saat mendaki.

5. Perlengkapan Cuaca Panas atau Dingin

Saat musim panas, perlengkapan cuaca panas seperti bandana pendingin atau rompi pendingin adalah suatu keharusan. Untuk suhu yang lebih dingin, kucing Anda mungkin perlu melakukan pemanasan dengan bulu domba atau jaket. 

Selimut dan penghangat tangan adalah tambahan yang bagus untuk ransel hiking kucing Anda selama cuaca musim dingin. 

Nah itulah beberapa tips menadki bersama kucing yang dapat Anda simak untuk bekal informasi di masa mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News