Santai

Ingin Lihat dan Hapus Riwayat Tautan di Instagram? Begini Caranya

Ingin Lihat dan Hapus Riwayat Tautan di Instagram? Begini Caranya

MOMSMONEY.ID - Instagram memungkinkan Anda melihat semua situs yang baru-baru ini Anda kunjungi di aplikasi. Hal ini berguna saat Anda ingin mengakses tautan produk. 

Instagram memerlukan izin untuk melacak semua tautan yang Anda ketuk dan kunjungi di aplikasi. 

Namun, mungkin saja Anda menerima pop-up yang meminta untuk mengaktifkan fitur riwayat tautan saat Anda menggunakan platform tersebut. Jadi, ada baiknya memeriksa apakah Anda sudah mengaktifkannya.

Baca Juga: Hapus Akun Telegram Permanen, Begini Cara Cepat Tanpa Perlu Menunggu

Mengutip Make Use Of, berikut ini cara melihat dan hapus riwayat tautan di Instagram. 

1. Luncurkan Instagram dan ketuk ikon profil di sudut kanan bawah. 

2. Ketuk tiga garis di pojok kanan atas dan pilih Aktivitas Anda dari menu pop-up. 

3. Gulir ke bawah dan pilih Riwayat Tautan. 

4. Di sini, jika Anda melihat daftar tautan, berarti fitur tersebut aktif. Namun, jika diminta untuk mengaktifkannya, Anda dapat mengetuk opsi Izinkan riwayat tautan di bawah pesan. Anda mungkin juga melihat "Tidak ada riwayat tautan terkini" di menu ini, yang berarti Anda belum mengetuk tautan eksternal apa pun di platform.

5. Sekarang, jika lebih suka menonaktifkan fitur ini, ketuk salah satu tautan di riwayat Anda untuk membuka browser dalam aplikasi Instagram.

Baca Juga: Google Hapus Email Tidak Aktif, Begini Cara Menyimpan Akun Gmail yang Tidak Digunakan

6. Selanjutnya, ketuk tombol (...) di pojok kanan atas browser dan pilih Pengaturan browser. 

7. Di sini, matikan Izinkan riwayat tautan untuk berhenti menggunakan fitur ini. Saat diminta untuk mengonfirmasi, pilih Jangan izinkan. 

Anda juga akan menemukan opsi untuk menghapus riwayat tautan Anda di menu yang sama. Namun menonaktifkan fitur ini juga akan menghapus semua tautan yang Anda kunjungi dari Instagram baru-baru ini.

Meskipun berguna, kami tidak menyarankan untuk mengaktifkan fitur riwayat tautan di Facebook atau Instagram jika Anda mengkhawatirkan privasi online Anda. 

Hal itu karena Meta, perusahaan pemilik Facebook dan Instagram, akan menayangkan iklan bertarget di seluruh platformnya berdasarkan situs yang Anda kunjungi. 

Baca Juga: Cara Hapus Centang Biru di Instagram, Begini Menghilangkan Tanda Verifikasi IG

Dan karena Meta dikenal karena melacak penggunanya, memberikan izin secara aktif untuk melakukan hal tersebut tidak akan sesuai dengan selera semua orang.

Nah itulah beberapa cara melihat dan hapus riwayat tautan di Instagram. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News