Santai

Apa Itu Data Cache? Begini Cara Hapus Cache di Android

Apa Itu Data Cache? Begini Cara Hapus Cache di Android

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mengalami memori full atau penuh dan harus menghapus cache di Android? Nah, berikut cara hapus cache di Android yang bisa Anda coba.

Ya, ada cara hapus cache di Android untuk mengurangi memori yang ada di ponsel Android Anda. 

Cache merupakan salah satu penyebab yang membuat memori Android Anda penuh dengan cepat. Untuk itu, Anda perlu hapus cache di Android.

Lalu apa itu data cache? File cache adalah jenis data sementara yang digunakan ponsel Anda untuk memuat informasi terkait dengan cepat saat Anda membuka aplikasi.

Baca Juga: Fitur Terbaru, Begini Cara Pakai Multi Akun WhatsApp yang Baru Saja Hadir

Misalnya, Spotify mungkin menyimpan daftar putar yang paling sering Anda gunakan dalam cache sehingga tidak perlu memuat daftar lagu lengkap dari awal setiap kali Anda membukanya. 

Pada Android versi modern, Anda perlu menghapus file cache untuk setiap aplikasi satu per satu; tidak ada opsi seluruh sistem untuk menghapus semua cache.

Perhatikan bahwa Anda jarang perlu menghapus semua cache di perangkat Anda. Dalam kebanyakan kasus, membersihkan cache dari beberapa aplikasi yang bermasalah dapat menyelesaikan masalah penyimpanan atau kinerja.

Nah, berikut cara hapus cache di Android yang bisa Anda coba:

ilustrasi memori penuh

Baca Juga: Layar HP Menjadi Ungu? Jangan Panik, Berikut Cara Mengatasi

1. Buka Pengaturan dan pilih Penyimpanan. 

2. Di daftar yang dihasilkan, ketuk entri Aplikasi ( Aplikasi Lain di Android 11 dan versi lebih lama). Ini akan membawa Anda ke daftar semua aplikasi yang terpasang di ponsel Anda.

3. Pilih aplikasi yang cache-nya ingin Anda hapus. Untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan ruang, ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Urutkan berdasarkan ukuran. Kami akan menggunakan Chrome sebagai contoh.

4. Di halaman info aplikasi, ketuk opsi Hapus Cache. 

Hanya itu yang diperlukan untuk menghapus file cache untuk aplikasi apa pun di ponsel Android Anda.

Ingatlah bahwa jika Anda mengetuk Hapus Penyimpanan, Anda akan menghapus semua data dari aplikasi. Ini pada dasarnya mengatur ulangnya ke keadaan baru, seperti Anda baru saja menginstal aplikasi dari Play Store. 

Baca Juga: WhatsApp Tidak Lagi Didukung di Telepon Ini, Begini Cara Mengatasinya

Berikut manfaat hapus cache di Android:

- Dalam jangka pendek, membersihkan cache membantu Anda menghemat ruang penyimpanan di ponsel Anda. Namun, ini adalah perbaikan sementara, karena file cache baru dibuat setiap saat saat Anda menggunakan aplikasi.

Jika ruang perangkat Anda sangat sedikit sehingga Anda perlu mengosongkan cache secara teratur, mungkin inilah saatnya untuk meningkatkan ke ponsel baru dengan penyimpanan yang cukup untuk kebutuhan Anda.

- Terkadang, file cache lama bisa rusak. Jika ini terjadi, aplikasi mungkin mengalami masalah kinerja. Menghapus file cache yang salah dapat mengatasi masalah ini.

- Secara teori, file cache lama dapat menimbulkan ancaman keamanan dan privasi. Halaman web yang di-cache di browser Anda mungkin berisi informasi sensitif.

Jika orang yang tidak berwenang mengakses file-file ini, mereka mungkin dapat menggunakannya untuk mendapatkan perincian pribadi.

- Jika browser atau aplikasi lain menolak mengambil versi terbaru suatu halaman, mengosongkan cache dapat memaksa halaman tersebut diperbarui.

Jadi, begitulah cara hapus cache di Android yang bisa memaksimalkan penyimpanan memori di ponsel Anda. 

Selanjutnya: Israel Klaim Telah Kepung Kota Gaza, PBB Soroti Potensi Genosida

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News