Santai

Ide Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias Dalam Ruangan Tanpa Keluar Uang

Ide Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias Dalam Ruangan Tanpa Keluar Uang

MOMSMONEY.ID - Ingin mempercantik rumah tanpa mengeluarkan banyak uang? Berikut ini ada ide dekorasi rumah dengan tanaman hias dalam ruangan. 

Ide dekorasi rumah dengan tanaman hias dalam ruangan berikut ini cocok bagi Anda yang memiliki budget tipis. 

Ada tips mendekorasi rumah dengan tanaman hias dalam ruangan tanpa keluar uang.

Baca Juga: Ingin Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias? Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ide dekorasi rumah dengan tanaman hias dalam ruangan:

1. Menanam stek tanaman lain

Anda tidak selalu harus mengeluarkan uang untuk membeli tanaman jika ingin menanamnya di dalam ruangan. Mintalah teman, saudara, atau tetangga Anda untuk memotong tanaman dan memperbanyaknya di tanah atau air.

2. Buat taman mason jar

Jika Anda memiliki stoples lucu di dapur, manfaatkan stoples tersebut dengan membuat taman herba di dalamnya. Anda dapat menggunakan biji-bijian dari dapur Anda untuk ini–biji ketumbar, kemangi, mustard, dan adas tersedia di banyak rumah.

3. Membuat taman gantung dan rambat dalam ruangan

Tanaman hias boston fern

Anda dapat menanam tanaman merambat dan tanaman merambat seperti pothos dan philodendron di pot macrame DIY dan keranjang gantung dekoratif untuk menghiasi rumah Anda.

4. Menanam stek dalam vas

Tanam potongan tanaman dalam air dalam vas, gelas, dan toples transparan. Stek akan segera menumbuhkan akar, dan Anda akan mendapatkan bagian tengah meja yang bagus.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah dengan Bunga, Referensi untuk Acara Buka Bersama

5. Gunakan kembali barang bekas

Punya mesin tik tua, kaleng kosong, cangkir teh, mainan, dan kotak peralatan di rumah Anda? Simpan mereka menjadi pekebun kreatif untuk menanam tanaman kecil dan sukulen berwarna-warni.

6. Buat taman vertikal

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memiliki taman vertikal di rumah Anda. Anda dapat membuatnya sendiri dengan biaya rendah dengan bantuan ide-ide yang ada di internet. 

Berikut ini contoh tanaman hias dalam ruangan:

1. Kalanchoe bunga

Menanam tanaman ini dari daunnya prosesnya cukup mudah. Pilih daun yang sehat dan potong dengan sedikit batang yang menempel di ujungnya.

Biarkan menjadi kalus, lalu taruh atau tanam dalam pot berisi campuran awal benih, sirami dengan baik, dan letakkan di tempat yang daunnya mendapat cahaya terang tetapi tidak langsung.

2. Peperomia 

Untuk menanam peperomia, ambil daun yang sehat dari pangkal batangnya. Anda dapat menggunakan seluruh daun atau memotongnya menjadi dua bagian lebarnya.

Celupkan pinggiran daun ke dalam hormon perakaran, buat lubang kecil di media tanam, dan masukkan daun sedalam 1-2 cm ke dalam campuran pot.

Baca Juga: Cara Memangkas Bunga Mawar agar Berbunga Lebih Banyak

Siram hingga bersih dan tutupi bagian atas pot dengan kantong plastik. Jaga tanaman yang akan datang dalam cahaya terang tidak langsung. Daun Anda akan berakar dalam 3-5 minggu.

3. Rex begonia

- Carilah daun yang paling sehat dengan urat utama yang montok dan tidak rusak.

- Potong daun beserta batangnya.

- Sekarang, balikkan daunnya, dan potong urat di tengahnya. Pemotongan ini merupakan tempat tumbuhnya planlet baru.

- Setelah Anda selesai memotong semua, balikkan daunnya dan letakkan mendatar di atas pot dengan campuran tanah ringan.

- Untuk memastikan urat daun bersentuhan langsung dengan media tanam, gunakan peniti T untuk menekan daun dengan lembut dan benar ke media tanam.

- Anda juga bisa menggunakan kerikil untuk mencegah daun menggulung terlalu banyak , karena akan menghambat proses perbanyakan, namun berhati-hatilah agar tidak merusak daun perbanyakan.

- Setelah selesai, pastikan Anda memberikan kelembapan yang baik dan cahaya terang dan tidak langsung. Sering menyemprotnya dengan air hangat juga merupakan pilihan yang bagus.

- Daunnya mungkin memerlukan waktu hingga 6-8 minggu untuk berkembang biak dan akan tumbuh 1-2 tanaman per potong. 

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Tidak Disukai Nyamuk karena Aromanya

4. Kaktus telinga kelinci

Potong bantalan atau kuping menggunakan pisau atau penjepit dari tanaman utama, atau cukup putar menggunakan tangan Anda. Biarkan mengering dan sembuh selama beberapa hari, lalu tunggu hingga kalus terbentuk.

Tanam bantalannya (10 hingga 20 persen saja) dalam pot berisi campuran kaktus, potong menghadap ke bawah. Simpan wadah di tempat yang mendapat cahaya terang namun tidak langsung.

5. Tanaman giok

Salah satu tanaman hias terpopuler juga merupakan salah satu tanaman yang paling mudah ditanam dari daun! Yang harus Anda lakukan adalah memetik beberapa daun dan membiarkannya sembuh.

Setelah agak kering dari sisi potongannya, letakkan di atas media tanam apa pun, dan lihat pertumbuhannya!

Nah, itulah beberapa ide dekorasi rumah dengan tanaman hias dalam ruangan. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News