Santai

Cara Memangkas Bunga Mawar agar Berbunga Lebih Banyak

Cara Memangkas Bunga Mawar agar Berbunga Lebih Banyak

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda mengapa beberapa tukang kebun memiliki bunga mawar yang mekar terus menerus setiap musim? Ya, karena mereka memangkas bunga mawar. Berikut ini terdapat cara memangkas bunga mawar agar berbunga lebih banyak. 

Cara memangkas bunga mawar agar berbunga lebih banyak dapat Anda simak di artikel ini.

Bunga mawar memang harus dipangkas agar dapat menumbuhkan bunga baru. Bunga yang memudar dapat membuat tanaman terlihat sangat lusuh, dan jika terkena sedikit hujan, tanaman tersebut dapat berubah menjadi berantakan.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Mawar dari Buket, Ini Hal yang Perlu Disiapkan

Hal ini juga dapat menyebabkan infeksi jamur dan kematian batang. Selain itu, jika Anda tidak membuang bunga yang sudah habis, tanaman akan mengarahkan energinya untuk menyimpannya dan membuat benih, yang dapat digunakan untuk membuat bunga baru.

Berikut ini cara memangkas bunga mawar :

1. Untuk Mawar Berbunga Berat

Untuk mawar berbunga lebat, keluarkan masing-masing bunga dengan hati-hati dari tandannya saat kelopak masing-masing mulai berguguran. 

Setelah itu, potong dengan gunting atau jepit dengan kuku yang tajam tanpa merusak clusternya. Ini akan memastikan tanaman Anda terlihat bagus saat kuncup lainnya terbuka.

Setelah semua bunga dalam tandan selesai mekar, buang juga seluruh batang yang sudah habis di bawah tandan bunga, potong tepat di atas rangkaian daun pertama.

2. Untuk Bunga Mawar Tunggal

Bunga mawar

Baca Juga: 20 Bunga untuk Ucapan Terima Kasih yang Bisa Dikirimkan ke Orang Terdekat

Sesuai dengan namanya, tanaman mawar ini memiliki bunga tunggal yang besar di batangnya. Mereka paling mudah untuk dipangkas karena Anda hanya perlu menangani satu bunga sambil memotongnya dari tanaman. Pangkas bunga yang sudah mekar pada batang hanya dengan memotong bagian atas daun yang sehat.

Saat memotong di atas daun, pastikan menyisakan setidaknya dua daun di bawah potongan untuk memastikan batang tetap sehat.

3. Untuk Mawar Bertele-tele

Mawar bertele-tele memiliki batang yang panjang dan lentur, yang dapat dengan mudah Anda latih di teralis atau bingkai. 

Mereka sempurna untuk menutupi dinding dan lengkungan, menumbuhkan bunga yang jauh lebih kecil ukurannya, dan mekar sepanjang musim panas dan musim gugur, dan juga mengeluarkan aroma yang manis dan memabukkan.

Untuk varietas mawar rambling yang mekar hanya setahun sekali, pemenggalan kepala segera kurang penting karena bunganya tidak akan menghasilkan lebih banyak bunga hingga musim berikutnya. 

Anda bisa menunggu hingga siklus pembungaan berakhir untuk menghilangkan bunganya.

Namun, untuk kultivar yang berbunga berulang, pemenggalan kepala secara teratur dapat mendorong pembungaan terus menerus. 

Jadi, Anda bisa menghilangkan bunga yang memudar langsung dengan gunting setelah mulai mengering.

4. Untuk Mawar Knockout

Anda tidak perlu terlalu khawatir jika Anda tidak tahu cara membuat mawar knockout deadhead. 

Mawar ini dikenal karena mekarnya yang terus menerus dan perawatannya yang rendah. Mereka juga tahan penyakit dan mekar sepanjang musim.

Baca Juga: 12 Daftar Bunga Paling Populer di Dunia Menurut Google Tahun 2024

Tidak seperti yang lain, mawar knockout dapat membersihkan dirinya sendiri dan tidak memerlukan pemenggalan kepala. 

Bunga mekarnya secara alami layu dan rontok dengan sendirinya, memperlihatkan tunas segar di bawahnya. 

Deadheading dapat membantu mencegah penyebaran penyakit jamur jika bunga membusuk atau berjamur. Tapi itu kasus yang jarang terjadi.

Dengan teknik deadhead yang teratur, Anda dapat meningkatkan jumlah bunga mekar tinggi di taman Anda. Pastikan Anda melakukannya secara rutin!

Sekarang setelah Anda mengetahui cara memangkas bunga mawar, Anda dapat memiliki taman mawar yang indah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News