Bugar

Hindari Makanan dan Minuman Pantangan Gula Darah Tinggi Ini

Hindari Makanan dan Minuman Pantangan Gula Darah Tinggi Ini

MOMSMONEY.ID - Daftar makanan dan minuman pantangan gula darah tinggi ada apa saja, ya?

Mengelola kadar gula darah yang tinggi merupakan aspek penting dalam menjaga kesehatan, terutama bagi individu yang menderita diabetes atau berisiko terkena penyakit ini. Diet dan asupan makanan memainkan peran krusial dalam mengontrol kadar gula darah.

Beberapa makanan dan minuman dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan dan harus dihindari atau dikonsumsi dengan batasan ketat. Mengutip dari Healthline, inilah makanan dan minuman pantangan gula darah tinggi:

1. Gula tambahan

Mengurangi asupan gula tambahan bisa menjadi langkah penting untuk menjaga tingkat gula darah Anda stabil. Ini termasuk menghindari makanan manis seperti kue, biskuit, dan pie.

Menurut American Heart Association, disarankan agar wanita membatasi asupan gula tambahan mereka hingga maksimal 25 gram atau sekitar 6 sendok teh per hari, dan pria hingga 36 gram atau sekitar 9 sendok teh per hari.

Baca Juga: Ciri Gula Darah Tinggi pada Wanita, Salah Satunya Mudah Lelah

2. Minuman manis

Menghindari minuman yang mengandung banyak gula, seperti soda, minuman kopi beraroma, sebagian besar minuman energi, lemonade, dan beberapa minuman campuran, sangat dianjurkan.

Ini karena minuman tersebut menyediakan kalori yang tidak memberikan nilai nutrisi dan bisa meningkatkan risiko diabetes, peningkatan lemak darah, dan penyakit hati berlemak.

3. Lemak jenuh

Penggunaan lemak jenuh dalam menu makanan Anda bisa meningkatkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. American Diabetes Association menyarankan agar lemak jenuh tidak lebih dari 10% dari total kalori harian Anda.

Contoh makanan yang kaya akan lemak jenuh termasuk daging berlemak, produk susu penuh lemak, kulit ayam, dan beberapa jenis minyak seperti minyak kelapa sawit dan minyak kelapa.

Baca Juga: Pilihan Makanan Sehat Cocok untuk Anda yang Prediabetes

4. Alkohol

Pedoman konsumsi alkohol saat ini menyarankan untuk membatasi diri pada satu minuman per hari bagi wanita dan dua minuman per hari bagi pria.

Bagi mereka dengan diabetes, mungkin lebih baik untuk membatasi atau menghindari alkohol sama sekali. Ini karena alkohol bisa menghambat kemampuan hati untuk mengeluarkan glukosa dan berinteraksi dengan obat-obatan diabetes.

5. Makanan ultra-olahan

Makanan dalam kategori ini sering kali tinggi gula tambahan, biji-bijian olahan, lemak tidak sehat, pengawet, dan garam.

Makanan ultra-olahan sering mengandung bahan-bahan yang biasanya tidak Anda tambahkan sendiri saat memasak, termasuk sirup jagung fruktosa tinggi. Konsumsi makanan jenis ini telah terbukti meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Itulah beberapa makanan dan minuman pantangan gula darah tinggi yang sebaiknya dihindari. Menghindari atau membatasi konsumsi makanan dan minuman tersebut adalah kunci untuk menjaga kesehatan yang baik. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News