Hindari Lakukan Ini saat Menggunakan Setrika Uap

Hindari Lakukan Ini saat Menggunakan Setrika Uap

MOMSMONEY.ID - Perhatikan baik-baik, hindari kesalahan ini saat menggunakan setrika uap untuk merapikan baju Anda. 

Setrika uap adalah alat yang sangat membantu untuk merapika baju dan menyegarkannya dengan cepat.

Namun, jika Anda merasa kurang puas dengan hasilnya, mungkin Moms salah satu korban dari beberapa kesalahan yang dilakukan orang saat menggunakan setrika uap.

Meski terlihat mudah penggunaannya, ternyata Anda tetap harus mempelajarinya jika tak ingin baju Anda lembab dan masih berkerut di ujungnya.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Berwarna Hitam yang Punya Pesona Antimainstream

Melansir Ideal Home, ini beberapa kesalahan umum saat menggunakan setrika uap yang perlu Anda hindari!

Tidak menggantung pakaian

Setrika uap bekerja paling baik pada pakaian yang dipegang atau tergantung tegak. Jadi, jangan gunakan setrika uap seperti setrika konvensional.

Jika Anda meletakkan pakaian di papan setrika ini akan sulit untuk menghilangkan kusut dan bekas lipatan. Selain itu air bisa saja tumpah ke pakaian. 

Tidak menarik pakaian

Saat menggunakan setrika uap, selain menggantung pakaian Anda juga harus menarik pakaian sehingga kain menjadi kencang. 

Baca Juga: Ini lo Perbedaan Cuka Putih untuk Memasak & Khusus untuk Membersihkan!

Menggunakan setrika uap pada dasarnya melonggarkan serat di kain. Jadi jika pakaian belum ditarik, serat dapat mengering kembali ke keadaan keriput aslinya. 

Tidak memeriksa label perawatan pakaian

Setiap jenis kain membutuhkan waktu yang berbeda untuk disetrika dengan setrika uap. Ini kesalahan yang paling umum karena jarang orang mau membaca label perawatan. 

Sebagai contoh untuk menyetrika uap pakaian dari katun, wol dan sintetis, Anda bisa langsung menempatkan nosel ke kain. Sedangkan untuk kain sutra silakan setrika dari dalam ke luar. 

Menggunakan saat belum siap

Ini kesalahan umum pertama saat menggunakan setrika uap. Meski ideal digunakan saat Anda terburu-buru, Anda tak bisa langsung menggunakan alat ini begitu nyala.

Berikan beberapa waktu untuk setrika uap memanaskan suhunya ke ukuran optimal. Serta hindari pengeluaran uap pertama kali langsung ke pakaian untuk mencegah adanya air di pakaian. Setidaknya lepaskan uap ke udara selama 30 detik sebelum menggunakannya. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Korea Tentang Konglomerat Kaya, Eve Tayang di Netflix

Tidak mempertimbangkan lokasi saat menggunakan setrika uap

Kesalahan umum lainnya saat menggunakan setrika uap adalah lokasinya. Pastikan lokasi untuk menggunakan setrika uap ini tidak berada di bagian belakan pintu kayu. Ini akan merusak permukaan kayu. 

Tidak menggunakan lapisan tambahan

Salah satu kesalahan umum yang paling sering terjadi dan sering diabaikan adalah menggunakan lapisan tambahan. Jika tidak menggunakan lapisan garmen ini maka hasilnya tidak akan maksimal. 

Baca Juga: Node Organic, Produsen Karet dan Foam Biodegradable Indonesia yang Mendunia

Tidak membiarkan pakaian benar-benar kering

Menggunakan setrika uap berarti menggunakan uap air. Maka pastikan pakaian benar-benar kering sebelum disetrika. Jika tidak, ini akan membuat pakain kusut dan timbul jamur jika langsung Anda simpan di lemari pakaian. 

Tidak melakukan perawatan setrika uap

Penting untuk membersihkan setrika uap setiap beberapa bulan sekali untuk menghilangkan residu yang mengeras. Kosongkan tangki air setelah setiap penggunaan dan gunakan air suling untuk mencegah korosi. 

Itu tadi hal-hal yang sebaiknya Anda hindari demi menjaga keawetan setrika uap dan hasil setrika yang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News