Santai

Hindari Kesalahan Menanam Tanaman Hias Indoor di Air, Simak 10 Hal ini

Hindari Kesalahan Menanam Tanaman Hias Indoor di Air, Simak 10 Hal ini

MOMSMONEY.ID - Menanam tanaman hias indoor di air mungkin tampak seperti tugas yang mudah, tetapi ada kesalahan yang dapat membuat tanaman Anda tidak tumbuh. 

Apa saja kesalahan menanam tanaman hias indoor di air? Artikel ini akan memberikan informasinya. 

Kesalahan menanam tanaman hias indoor di air mungkin sangat sederhana, tetapi dapat berakibat fatal. 

Baca Juga: Hobi Menanam Tanaman Hias Indoor? Yuk Simak 6 Kebiasaan Wajib Dilakukan

Untuk itu, berikut ini kesalahan menanam tanaman hias indoor di air yang perlu dihindari. 

1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Saat menanam tanaman dalam ruangan di dalam air, penting untuk menempatkannya di tempat dengan cahaya terang dan tidak langsung. 

Hindari menyimpannya di tempat yang sangat gelap atau terkena sinar matahari langsung. 

2. Menggunakan Air Keran

air minum dari keran

Hindari penggunaan air keran jika mengandung klorin, karena dapat membakar dan merusak akar tanaman, sehingga akar tanaman tidak dapat menyerap nutrisi dan kelembapan dengan baik.

Air kerannya juga keras dan tinggi kalsium dengan garam magnesium karbonat. Hal ini mengakibatkan noda dan bekas pada vas. Penumpukannya juga dapat menyebabkan pembentukan alga yang pada akhirnya dapat membunuh tanaman Anda. Selalu gunakan air yang disaring untuk pertumbuhan terbaik.

Baca Juga: 8 Pupuk Buatan Sendiri yang Berguna untuk Tanamam Hias Indoor di Air

3. Tidak Menggunakan Air Akuarium

Anda juga bisa menggunakan air akuarium jika ada. Karena ia mengakumulasi fosfor, amonia, nitrogen, kalium, dan mikro-organisme bermanfaat, menggunakannya untuk tanaman Anda di dalam air akan meningkatkan pertumbuhannya.

4. Menggunakan Wadah Buram

Wadah transparan juga memungkinkan Anda memantau kondisi air. Anda dapat melihat air dengan jelas dan mengubahnya saat air menjadi kabur.

Saat memilih wadah untuk menanam tanaman di air, pilihlah wadah yang mulutnya lebar, seperti toples kaca, botol, atau bahkan vas cantik. Ini akan memungkinkan udara mengalir dan memudahkan akses Anda untuk membersihkan penanam.

Baca Juga: Tanaman Hias Indoor Kekurangan Cahaya? Simak Tips Mendapatkan Sinar Matahari

Sebelum menempatkan tanaman, Anda juga bisa menambahkan konten lain untuk meningkatkan estetika. Ini bisa berupa batu apung, kerikil, dan batuan campuran.

5. Tidak Mengetahui Kegunaan Arang 

Saat menanam tanaman dalam ruangan di dalam air, genangan air bisa menjadi penyebab utama munculnya bau yang tidak sedap. 

Jika Anda merasa penanamnya berbau tidak sedap, kosongkan airnya dan bersihkan stoples atau botolnya. Sebelum menambahkan air lagi, masukkan potongan kecil arang. 

Ini akan membantu menyaring air dan mencegah penumpukan jamur atau ganggang.

6. Tidak Membersihkan Timbunan dan Noda Air

Bintik-bintik air tidak hanya mengurangi tampilan vas kaca, tetapi juga membuatnya keruh sehingga menyulitkan Anda memantau kebersihan air. 

Gunakan cuka putih sulingan untuk membersihkan saluran air dan noda. Bilas vas atau gelas secara menyeluruh dengan air sabun panas lalu keringkan menggunakan kain bersih.

Baca Juga: 9 Tanda Tanaman Hias Indoor Butuh Sinar Matahari, Simak Ciri-cirinya

7. Tidak Mengganti Air Tepat Waktu 

Mengganti air untuk kebersihan rutin sangat penting. Saat Anda melihat perubahan warna atau pucat pada air, ubahlah. 

Saat Anda menanam tanaman dalam ruangan di dalam air, Anda harus selalu memastikan bahwa Anda membersihkan toples atau botol setiap dua minggu sekali, sehingga tidak ada kontaminasi apa pun.

8. Menggunakan Air Panas atau Dingin

Menggunakan air yang terlalu panas atau dingin dapat mengejutkan tanaman dan merusak akar. Selalu pastikan air berada pada suhu ruangan sebelum menuangkannya ke dalam vas.

9. Menggunakan Deterjen untuk Membersihkan Stoples dan Vas

Saat membersihkan penanam atau botol kaca, jangan pernah menggunakan deterjen apa pun. Sabun cair dalam jumlah terkecil sekalipun dapat memperburuk dan mencemari air tempat tanaman Anda tumbuh.

Baca Juga: Tips Menanam Tanaman Hias Indoor dengan Benar, Pemula Wajib Simak!

Selalu pastikan Anda membilas tanaman dengan air hangat lalu menjemurnya di bawah sinar matahari untuk membunuh semua kuman atau hama yang menempel. Ini juga akan membersihkan sisa jamur yang dikumpulkan air seiring waktu.

10. Jauhi Pupuk

Saat menanam tanaman dalam ruangan di air, penting untuk memberi mereka makan. Sedikit pupuk setiap beberapa hari akan membuatnya tetap subur dan hijau.

Nah itulah kesalahan menanam tanaman hias indoor di air yang perlu dihindari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News