Keluarga

9 Tanda Tanaman Hias Indoor Butuh Sinar Matahari, Simak Ciri-cirinya

9 Tanda Tanaman Hias Indoor Butuh Sinar Matahari, Simak Ciri-cirinya

MOMSMONEY.ID - Setiap tanaman membutuhkan jumlah cahaya yang berbeda untuk tumbuh, dan Anda harus sedikit berhati-hati dalam hal paparan sinar matahari. Namun, Anda perlu mengetahui tanda tanaman hias indoor butuh sinar matahari. 

Tanda tanaman hias indoor butuh sinar matahari ini dapat Anda lihat dari perubahan seperti keadaan daun. 

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini tanda tanaman hias indoor butuh sinar matahari. 

Baca Juga: Tips Menanam Tanaman Hias Indoor dengan Benar, Pemula Wajib Simak!

1. Pertumbuhan Akar Panjang

Salah satu tanda terbaik yang harus diwaspadai adalah pertumbuhan kaki yang lebih panjang. Waspadai daun-daun baru yang tumbuh berjauhan untuk mencari lebih banyak cahaya dan batang dengan pertumbuhan tipis.

2. Bergerak Menuju Sumber Cahaya

Hal ini biasanya terjadi ketika bagian tanaman tertentu tidak mendapat cukup sinar matahari dan mulai meregang ke arah cahaya sehingga membuat tanaman terlihat sakit dan tidak subur.

Hal ini membuat tanaman terlihat tidak seimbang dalam pertumbuhan dan bentuknya. Putar tanaman dari waktu ke waktu untuk memastikan pemerataan sinar matahari ke seluruh tanaman. 

3. Daun Coklat 

aglonema big roy

Jika Anda melihat ujung beberapa daun berubah warna menjadi coklat, mungkin karena kurangnya cahaya. 

Namun, mungkin ada penyebab lain yang menyebabkan bagian tanaman menguning dan coklat, seperti kekurangan air atau terlalu banyak air. 

4. Daun Lebih Kecil

Indikasi lain bahwa tanaman Anda memerlukan lebih banyak sinar matahari adalah pertumbuhan daun baru yang kurang memuaskan dan kecil.

Cahaya adalah faktor penting dalam membantu tanaman tumbuh dengan baik, dan sering kali diremehkan. Tanaman apa pun yang memiliki daun lebih kecil dari seharusnya dan dedaunan kusam dari biasanya mungkin mengalami kekurangan sinar matahari.

Baca Juga: 7 Tanda Tanaman Hias Butuh Nitrogen, Selamatkan Segera agar Tidak Rusak

5. Jeda Pertumbuhan 

Apakah tanaman hias Anda hanya berusaha bertahan hidup dan tidak berkembang? Jika sudah beberapa bulan berlalu dan tanaman tidak menunjukkan pertumbuhan apa pun, ini pertanda tanaman kurang mendapat sinar matahari.

Yang terbaik adalah menyimpannya di tempat yang dapat menerima sinar matahari setidaknya 2-3 jam setiap hari.

6. Dedaunan Kusam 

Tanaman beraneka ragam biasanya memiliki semburat warna di seluruh daunnya jika mendapat paparan sinar matahari yang tepat. Untuk tanaman yang tidak beraneka ragam, dedaunan selalu cerah dan subur jika cahayanya cukup.

Jika Anda melihat dedaunan kusam dengan kilau dan warna yang kurang, ini merupakan indikasi bahwa tanaman tidak mendapatkan jumlah cahaya yang tepat.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Indoor yang Aman untuk Kucing Peliharaan di Rumah

7. Tanah Tetap Basah dalam Waktu Lama

Jika tanah tidak mengering selama 3-5 hari, itu menandakan tanaman tidak dalam posisi cukup terang dan lapang.

Sinar matahari merupakan komponen penting dalam melakukan fotosintesis, dan setiap kali sinar matahari kurang, tanaman gagal mengambil air sebanyak yang dibutuhkan. Selain itu, kurangnya sirkulasi udara dan cahaya berdampak pada penguapan dan transpirasi. Hal ini menyebabkan tanah menjadi basah dalam waktu lama, yang menyebabkan busuk akar.

8. Warna Pudar

Warna dedaunan yang memudar menunjukkan bahwa tanaman tidak mendapatkan jumlah sinar matahari yang tepat. Tanaman beraneka ragam paling menderita dan cenderung kehilangan kecerahannya seiring waktu.

Pastikan tanaman terkena sinar matahari tidak langsung setidaknya di siang hari.

9. Dedaunan Lembek

Dedaunan lembek merupakan indikasi tanaman mendapat air tetapi kurang sinar matahari. Periksa daunnya dan jika terasa terlalu lembut dan licin untuk disentuh, letakkan tanaman di tempat yang terang.

Nah itulah beberapa tanda tanaman hias indoor butuh sinar matahari lebih banyak. Sebagai pemilik tanaman hias, Anda perlu mengetahui ciri-cirinya.

Selanjutnya: 40 Gambar Lebaran Idul Fitri 2024, Cocok untuk Diunggah di Instagram dan WA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News