Keluarga

Hindari 4 Kesalahan Pakai Lip Scrub yang Sering Terjadi

Hindari 4 Kesalahan Pakai Lip Scrub yang Sering Terjadi

MOMSMONEY.ID - Sudah tahu belum? Ini 4 kesalahan pakai lip scrub yang sering terjadi.

Selain wajah, bibir butuh dieksfoliasi. Untuk mengeksfoliasi bibir, Anda bisa mengandalkan lip scrub.

Eksfoliasi bibir dengan lip scrub bermanfaat untuk menyingkirkan sel kulit mati pada bibir. Hasilnya, bibir akan menjadi lebih halus dan bebas pecah-pecah.

Meski tergolong sederhana, namun tidak sedikit orang yang masih salah saat mengaplikasikan lip scrub. Padahal, cara mengaplikasikan lip scrub yang tidak tepat, rentan mendatangkan berbagai masalah yang mengganggu bibir.

Berikut beberapa kesalahan pakai lip scrub yang sering terjadi, dilansir dari Clay and Glow Skincare.

1. Menggosok bibir yang iritasi

Saat bibir mengalami iritasi dan terdapat luka atau memar, kulit bibir akan menjadi lebih sensitif dari biasanya.

Jika Anda memaksakan untuk mengeksfoliasi bibir yang sedang iritasi dengan lip scrub, partikel lip scrub tersebut dapat merobek sekaligus melebarkan luka pada bibir. Juga, bisa menyebabkan pendarahan dan sensasi yang menyakitkan serta membuat bibir menjadi lebih sensitif terhadap cuaca dingin atau sengatan matahari.

Agar hal-hal di atas tidak terjadi, pastikan Anda menunggu beberapa hari sampai kondisi bibir membaik sebelum menggunakan lip scrub. Ini akan memberikan hasil yang terbaik tanpa menyiksa bibir.

Baca Juga: Simak Moms, berikut Cara Ampuh Membuat Wajah Glowing dengan Bahan Alami

2. Mengeksfoliasi bibir secara berlebihan

Direkomendasikan untuk mengeksfoliasi bibir dengan lip scrub sebanyak 1-2 kali saja per minggu. Hal ini bertujuan untuk menghindari eksfoliasi bibir yang berlebihan.

Apabila Anda bersikeras untuk menggunakan lip scrub lebih dari itu, akan terjadi lebih banyak kerusakan pada bibir akibat terlalu banyak lapisan kulit mati yang tergosok. Pada gilirannya, bibir akan menjadi terlalu sensitif dan teriritasi.

Alih-alih berlebihan, alangkah baiknya mengeksfoliasi bibir tidak lebih dari 1-2 kali seminggu guna memberikan bibir Anda waktu untuk beregenerasi sekaligus menjaganya tetap lembut, montok, dan bercahaya.

Baca Juga: 6 Alasan untuk Tidak Ragu Pakai Lipstik Merah, Ternyata Bisa Bikin Percaya Diri Lho!

3. Tidak pakai lip balm

Setelah dieksfoliasi dengan lip scrub, bibir membutuhkan lebih banyak kelembaban untuk mendapatkan semua minyak esensial yang dibutuhkan.

Jadi, jangan lupa untuk segera mengaplikasikan lip balm setelah memakai lip scrub ya. Oleskanlah selapis lip balm tepat setelah Anda mengeksfoliasi bibir dengan lip scrub.

Langkah ini berguna untuk menenangkan bibir setelah mendapatkan gosokan demi gosokan.

4. Membilas lip scrub terlalu cepat

Sebaiknya, biarkanlah lip scrub yang Anda pakai menempel pada bibir selama sekitar 1 menit sebelum dibersihkan.

Dengan membiarkan lip scrub menempel pada bibir selama sekitar 1 menit, itu akan memastikan bibir Anda menyerap bahan-bahan yang terkandung di dalam lip scrub dengan maksimal.

Demikian 4 kesalahan pakai lip scrub yang sering terjadi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dihindari ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News