Keluarga

Hati-hati! 7 Sayur dan Buah ini Bikin Berat Badan Anda Naik

Hati-hati! 7 Sayur dan Buah ini Bikin Berat Badan Anda Naik

MOMSMONEY.ID - Tidak selalu bikin tubuh sehat, ternyata ada beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa bikin berat badan naik!

Ada banyak faktor yang membuat beberapa buah dan sayuran ini tak begitu “menyehatkan”. Ada yang disebabkan oleh faktor tingginya kandungan gula alamin, ada pula karena dijadikan makanan olahan lain.

Inilah sederet buah dan sayuran yang bikin berat badan naik, dirangkum dari Eat This Not That, Reader’s Digest, dan Doctor NDTV!

Baca Juga: 5 Bahaya yang Mengintai di Balik Rutin Mengonsumsi Smoothies

Dried fruit

Mengonsumsi dried fruit nyatanya dapat menambah berat badan Anda. Meski mengandung antioksidan, protein, kalori, hingga zat gizi mikro, namun kandungan gula alaminya yang tinggi bikin berat badan mudah naik.

Meski begitu, dried fruit kerap kali dicampurkan ke dalam menu diet seperti yogurt, smoothie, dan almond.

Bit

Buah bit

Bit merupakan buah rendah lemak & kolesterol. Namun kandungan kalori bit cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi berlebihan, mampu membuat berat badan naik.

Terlebih karena bit sering diolah menjadi hidangan keripik, maka kandungan kalorinya semakin tinggi lagi. Belum lagi kandungan garam hingga lemak yang ada dalam keripik bit membuat makanan ini jadi makin tidak menyehatkan.

Baca Juga: Perbedaan Ubi vs Kentang, Manakah yang Lebih Baik untuk Penderita Diabetes?

Terong goreng

Terong goreng tepung adalah pilihan utama bagi orang-orang yang benci sayur. Meskipun begitu, jenis sayuran ini bikin berat badan mudah naik.

Sebenarnya terong adalah makanan kaya nutrisi yang relatif rendah kalori. Namun apabila dikombinasikan dengan telur, tepung, dan air, kemudian dicelupkan ke dalam minyak untuk digoreng, maka kualitas gizi dalam terong jadi rusak.

Jagung

Jagung

Jagung yang punya rasa manis ternyata tergolong jenis sayuran yang bikin berat badan naik. Kyrin Dunston, seorang penulis buku kesehatan dalam Reader’s Digest mengatakan bahwa jagung mengandung gula yang dapat menaikkan berat badan.

“Gula membuat hormon, termasuk insulin dan kortisol, jadi tak stabil. Ini diartikan oleh tubuh sebagai sinyal untuk menyimpan kalori sebagai lemak,” ucap Dr Dunston.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Para Pemilik Perut Buncit

Mentimun

Mentimun bukanlah tipe sayuran yang tak menyehatkan. Hanya saja mentimun punya kandungan gizi (seperti serat dan kalori) yang sangat rendah. Ini membuat Anda jadi mudah lapar setelah mengonsumsi mentimun.

Alhasil, anda berpotensi lebih banyak makan camilan yang tak sehat karena sayuran ini tak membuat perut kenyang.

Olahan wortel

Jus wortel

Makanan olahan wortel, seperti carrot cake misalnya, merupakan makanan yang bikin berat badan naik. Meski terbuat dari wortel, namun kue ini punya kandungan gula dan kalori yang super tinggi.

Kandungan wortel yang terbuat dari vitamin C, zat besi, hingga antioksiden lenyap begitu saja ketika kue dimasukkan ke dalam oven.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Jenis Minuman Terbaik Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang saat Puasa

Kentang

Kentang tergolong sayuran yang bikin berat badan naik. Ini karena kentang merupakan sumber karbohidrat yang mengandung pati.

Seperti yang kita ketahui, tubuh mengubah karbohidrat yang tak terbakar menjadi lemak berlebih. Mengonsumsi kentang secara berlebihan tanpa diet seimbang hanya akan membuat berat badanmu naik.

Jadi cara termudah tetap aman mengonsumsi kentang yakni dengan dikukus atau direbus.

Hindari olahan kentang seperti kentang goreng hingga keripik kentang yang jelang mengandung lemak dan garam berlebih.

Jadi jika tetap ingin bertubuh langsing, hindari buah & sayuran yang bikin berat badan naik seperti yang ada di atas!

Selanjutnya: Dirut PNM: Ekosistem Holding Ultra Mikro Jaga Keberlangsungan Pemberdayaan Perempuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News