Hari Ini Ada Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Surabaya

Hari Ini Ada Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Surabaya

MOMSMONEY.ID - Hari tanpa bayangan di Indonesia dimulai pada 21 Februari 2024. Pada Jumat (1/3) fenomena ini bisa disaksikan di Surabaya.

Peristiwa hari tanpa bayangan ini bisa disaksikan dan dirasakan secara bergiliran di berbagai wilayah di Indonesia. Bagi Anda yang tinggal di Surabaya, Moms cukup beruntung untuk bisa menyaksikan persitiwa kulminasi ini.

Baca Juga: Intoleransi Laktosa, Penyebab Sakit Perut Setelah Minum Susu

Sebelumnya fenomena kulminasi atau hari tanpa bayangan ini juga sudah dirasakan dan disaksikan bagi mereka yang tinggal di Mataram & Denpasar pada 27 Februari 2024, di Kupang pada 23 Februari 2024 dan di Yogyakarta pada Kamis, 29 Februari 2024. 

Adapun kulminasi atau hari tanpa bayangan di Surabaya hari ini bisa Anda saksikan pada pukul 11.41.24 WIB. Selanjutnya fenomena alam ini bisa disaksikan bagi Anda yang tinggal di Semarang pada Sabtu, 2 Maret 2024. 

Kulminasi atau transjit atau istiwa’ adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. 

Nah saat deklinasi matahari alias sudut antar khatulistiwa dan garis yang ditarik dari pusat bumi menuju pusat matahari, sama dengan lintang pengamat maka fenomena ini disebut kulminasi utama. 

Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Konsumsi Makanan untuk Menurunkan Berat Badan Ini, yuk

Pada saat itu matahari akan tepat di atas kepala pengamat. Akibatnya bayangan benda tegak seolah-olah menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Maka kulminasi disebut juga hari tanpa bayangan. 

Hari tanpa bayangan di Indonesia terjadi antara 21 Februari 2024 di Baa, Nusa Tenggara Timur hingga 4 April 2024 di Sabang, Aceh. Serta 7 September 2024 di Sabang, Aceh hingga 21 Oktober 2024 di Baa, Nusa Tenggara Timur. 

Kulminasi utama atau hari tanpa bayangan di Indonesia akan terjadi dua kali dalam satu tahun dan waktunya tidak jauh dari saat Matahari berada di khatulistiwa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News