InvesYuk

Terus Cetak Rekor, Harga Emas Dunia Mendekati Level US$ 2.300

Terus Cetak Rekor, Harga Emas Dunia Mendekati Level US$ 2.300

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia hari ini belum berhenti mengukir rekor tertinggi. Logam mulia terus memperbarui rekor tertinggi sepanjang masa dan konsisten naik enam hari beruntun.

Mengutip data Bloomberg, Rabu (3/4), harga emas spot mencapai puncak baru di atas USS$ 2.288 per troi ons, sebelum bergulir tipis ke level US$ 2.284 pada pukul 12.32 WIB.

Emas kian bersinar setelah dua pejabat Federal Reserves, yaitu Presiden Fed San Francisco Mary Daly dan Presiden Fed Cleveland Loretta Mester, mengatakan masih memperkirakan bank sentral akan menurunkan suku bunga tiga kali pada tahun ini. Suku bunga yang lebih rendah menguntungkan bagi logam mulia, yang tidak menawarkan imbal hasil alias bunga. 

Tahun ini, harga emas sudah naik 11% dan mencapai rekor all time high di tengah ekspektasi suku bunga The Fed akan lebih rendah. Meski begitu, data ekonomi negara Uncle Sam menunjukkan perekonomiannya tetap kuat, sehingga masih memunculkan keraguan mengenai kemungkinkan waktu pemotongan suku  bunga oleh The Fed.

Suki Cooper, analis Standard Chartered, menilai, tidak ada katalis baru yang mendorong harga emas lebih tinggi. "Sehingga pergerakan harga cenderung berombak dan rentan terhadap koreksi," kata dia, melansir Bloomberg, Rabu (3/4).

Tim Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange dalam Gold Daily Newsletter, Rabu, menambahkan, tingginya harga emas juga didorong konflik geopilitik, setelah Israel menyerang kedutaan Iran di Syiria dan menewaskan petinggi militer Iran. Paska kejadian ini Iran menyatakan untuk melakukan serangan balasan. Sementara Israel memperketat keamanan para diplomatnya di luar negeri.  

Baca Juga: Harga Emas Dunia Stabil di Dekat Puncak, Emas Antam Masih Rekor tertinggi

Pergerakan harga emas selanjutnya disinyalir akan dipengaruhi pernyataan Ketua Fed Jerome Powell. Pada Rabu waktu AS, Powell dijadwalkan untuk berbicara dan berpotensi memberikan pandangan baru mengenai prospek kebijakannya.

Mengekor harga emas dunia yang terus melesat, harga emas Antam di dalam negeri belum bosan mengukir rekor all time high. Mengutip logammulia.com, hari ini, harga emas Antam pecahan 1 gram naik Rp 18.000 menjadi Rp 1,274 juta. Logam mulia memperbarui rekor tertingginya empat hari beruntun.

Dus, harga beli kembali alias buyback emas Antam melompat Rp 20.000 menjadi Rp 1,168 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Moms menjual emas Antam pada hari ini.

Harga emas di dalam negeri berpotensi melanjutkan rekornya, apabila harga emas dunia ditutup naik pada perdagangan hari ini. 

Dari sisi teknikal, ICDX memperkirakan, harga emas berpotensi menemui posisi resistance terdekat pada level US$ 2.300 per troi ons. Namun, apabila menemui katalis negatif, maka harga berpotensi turun ke support terdekat US$ 2.246 per troi ons. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News